Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara mengobati radang tenggorokan
Beberapa bahan alami dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan.

Bayangkan, saat sedang asyik-asyiknya menyantap makanan, Anda harus menahan rasa sakit karena radang tenggorokan setiap kali menelan makanan. Kebanyakan orang segera mencari obat radang tenggorokan di apotek sebagai cara mengobati radang tenggorokan.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu jauh-jauh ke apotek karena cara mengobati radang tenggorokan dapat dilakukan dengan bahan-bahan yang ada di rumah!

7 cara mengobati radang tenggorokan di rumah

Radang tenggorokan merupakan salah satu gangguan yang membuat serba salah. Bila belum parah, Anda tidak perlu lekas ke dokter, cobalah terlebih dahulu cara mengobati radang tenggorokan dengan bahan-bahan alami di sekitar rumah di bawah ini:

1. Madu

Keampuhan madu tidak perlu diragukan lagi. Madu dapat mencegah infeksi dan meringankan peradangan pada tenggorokan.

Anda dapat mencampur madu dengan air hangat maupun teh. Teh yang direkomendasikan adalah teh hijau yang kaya akan antioksidan, antibakteri, serta pereda sakit dan radang.

Namun, perlu diketahui bahwa madu tidak cocok untuk anak yang berusia di bawah satu tahun dan orang yang menghindari konsumsi.

2. Soda kue

Soda kue (baking soda) dapat menjadi alternatif cara mengobati radang tenggorokan. Anda dapat berkumur dengan campuran soda kue, air, dan garam. Larutan campuran tersebut dapat membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan jamur.

Untuk membuat larutan, Anda hanya perlu mencampurkan satu gelas air hangat dengan seperempat sendok teh soda kue dan seperdelapan sendok teh garam. Anda dapat berkumur dengan larutan tersebut setiap tiga jam sekali.

3. Air garam

Jika Anda tidak memiliki soda kue, tidak perlu khawatir karena berkumur dengan air garam juga dapat membunuh bakteri dan mengurangi bengkak serta radang tenggorokan. Anda cukup mencampur satu gelas air hangat dengan setengah sendok teh garam.

Anda dapat berkumur dengan campuran air garam tiap tiga jam sekali dan diulangi selama beberapa hari sampai radang tenggorokan membaik.

4. Bawang putih

Bawang putih terkenal dengan kandungan antibakterinya yang dapat melawan infeksi. Oleh karenanya, bumbu penyedap ini dapat menjadi cara mengobati radang tenggorokan yang jitu. Anda dapat menambahkan bawang putih dalam makanan yang dikonsumsi.