Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara mengobati radang tenggorokan
Beberapa bahan alami dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan.

Bayangkan, saat sedang asyik-asyiknya menyantap makanan, Anda harus menahan rasa sakit karena radang tenggorokan setiap kali menelan makanan. Kebanyakan orang segera mencari obat radang tenggorokan di apotek sebagai cara mengobati radang tenggorokan.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu jauh-jauh ke apotek karena cara mengobati radang tenggorokan dapat dilakukan dengan bahan-bahan yang ada di rumah!

7 cara mengobati radang tenggorokan di rumah

Radang tenggorokan merupakan salah satu gangguan yang membuat serba salah. Bila belum parah, Anda tidak perlu lekas ke dokter, cobalah terlebih dahulu cara mengobati radang tenggorokan dengan bahan-bahan alami di sekitar rumah di bawah ini:

obat radang dengan madu

1. Madu

Keampuhan madu tidak perlu diragukan lagi. Madu dapat mencegah infeksi dan meringankan peradangan pada tenggorokan.

Anda dapat mencampur madu dengan air hangat maupun teh. Teh yang direkomendasikan adalah teh hijau yang kaya akan antioksidan, antibakteri, serta pereda sakit dan radang.

Namun, perlu diketahui bahwa madu tidak cocok untuk anak yang berusia di bawah satu tahun dan orang yang menghindari konsumsi.

baking soda

2. Soda kue

Soda kue (baking soda) dapat menjadi alternatif cara mengobati radang tenggorokan. Anda dapat berkumur dengan campuran soda kue, air, dan garam. Larutan campuran tersebut dapat membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan jamur.

Untuk membuat larutan, Anda hanya perlu mencampurkan satu gelas air hangat dengan seperempat sendok teh soda kue dan seperdelapan sendok teh garam. Anda dapat berkumur dengan larutan tersebut setiap tiga jam sekali.

garam

3. Air garam

Jika Anda tidak memiliki soda kue, tidak perlu khawatir karena berkumur dengan air garam juga dapat membunuh bakteri dan mengurangi bengkak serta radang tenggorokan. Anda cukup mencampur satu gelas air hangat dengan setengah sendok teh garam.

Anda dapat berkumur dengan campuran air garam tiap tiga jam sekali dan diulangi selama beberapa hari sampai radang tenggorokan membaik.

bawang putih

4. Bawang putih

Bawang putih terkenal dengan kandungan antibakterinya yang dapat melawan infeksi. Oleh karenanya, bumbu penyedap ini dapat menjadi cara mengobati radang tenggorokan yang jitu. Anda dapat menambahkan bawang putih dalam makanan yang dikonsumsi.

air lemon

5. Air lemon

Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi radang tenggorokan yang dialami serta menambah jumlah air liur yang dihasilkan sehingga tenggorokan tetap lembab dan tidak kering.

Anda dapat mencampur jeruk lemon dengan air hangat dan madu atau air garam untuk meningkatkan kinerja dari air lemon.

kayu manis

6. Kayu manis

Bumbu-bumbu dapur berupa kayu manis dapat menjadi andalan untuk mengobati radang tenggorokan. Hal ini karena kayu manis mengandung antioksidan dan antibakteri yang dapat mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Anda dapat mencampur kayu manis ke dalam teh.

jahe

7. Jahe

Jahe tidak hanya dapat menghangatkan tubuh, tetapi dapat menjadi cara mengobati radang tenggorokan. Jahe mengandung antiradang yang dapat melegakan tenggorokan dan dapat membunuh beberapa bakteri tertentu yang menyebabkan radang tenggorokan.

Anda dapat memasukkan jahe ke dalam teh dengan perasan jeruk lemon ataupun dengan tambahan madu.

Mengapa radang tenggorokan bisa timbul?

Sakit tenggorokan umumnya disebabkan oleh infeksi dari virus flu dan pilek, tetapi pada kasus tertentu, radang tenggorokan dapat diakibatkan oleh infeksi bakteri. Namun, terdapat penyebab lain dari radang tenggorokan, seperti:

  • Iritasi karena asap tembakau, meminum alkohol, polusi udara, ataupun karena konsumsi makanan yang pedas
  • Alergi
  • Otot tenggorokan yang menegang karena digunakan secara berlebih, seperti berteriak tanpa henti, dan sebagainya
  • Adanya tumor pada kotak suara, tenggorokan, atau lidah
  • Bernapas menggunakan mulut di udara yang kering
  • Menderita GERD
  • Infeksi HIV pada tahapan awal

Banyaknya penyebab dari radang tenggorokan tentunya akan membuat Anda kebingungan untuk mengetahui penyebab pasti dari radang tenggorokan yang dialami. Oleh karenanya, periksakan radang tenggorokan bila radang tenggorokan tidak kunjung sembuh atau semakin parah.

Konsultasi ke Dokter

Anda perlu berkonsultasi ke dokter jika radang tenggorokan tidak kunjung membaik selama seminggu atau makin parah serta diiringi dengan gejala lain seperti demam, kesulitan bernapas, adanya benjolan di leher, dan sebagainya.

Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-flu/sore-throat-natural-remedies#honey
https://www.healthline.com/health/cold-flu/help-sore-throats
Diakses pada 11 April 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sore-throat/symptoms-causes/syc-20351635
Diakses pada 11 April 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318631.php#fluids
Diakses pada 11 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed