Cara mengobati bisul dengan alami dapat menggunakan bubuk kunyit
Gunakan bubuk kunyit untuk mengobati bisul, bukan memencetnya.

Bisul merupakan penyakit kulit yang umum dialami oleh masyarakat dan sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun tentu saja, memiliki bisul adalah sebuah aib yang membuat seseorang ingin segera menghilangkannya. Bagaimana cara mengobati bisul yang efektif?

Bisul tak hanya merusak penampilan, tetapi membuat rasa percaya diri menurun drastis apalagi jika bisul muncul di tempat yang cukup personal. Saat bisul pecah dan mengeluarkan nanah juga akan membuat orang-orang di sekitar merasa jijik. Belum lagi rasa sakit dan tak nyaman akibat bisul pecah.

Rasa sakit yang ditimbulkan seringkali memicu pertanyaan dalam benak penderita, “Bagaimana cara mengobati bisul?” Anda tidak perlu khawatir dan malu, karena terdapat beberapa cara mengobati bisul yang dapat digunakan, yaitu:

Cara Mengobati Bisul Menggunakan Bubuk Kunyit

Bumbu dapur seperti bubuk kunyit tak hanya memberikan warna dan menambah cita rasa, tetapi juga memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-radang.

Penggunaan bubuk kunyit sebagai cara mengobati bisul dapat dilakukan dengan menaruh bubuk kunyit pada kulit atau mengonsumsi bubuk kunyit. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan bubuk kunyit pada kulit, Anda dapat mencampurkan bubuk kunyit dengan air dan/atau jahe, lalu oleskan di lokasi bisul dua kali sehari. 

Bila ingin meminumnya, Anda dapat mencampur bubuk kunyit dengan air atau susu dan dikonsumsi tiga kali sehari. Anda juga dapat melakukan kedua cara tersebut bersama-sama untuk mempercepat penyembuhan.

Cara Mengobati Bisul Menggunakan Minyak Jarak (Castor Oil)

Kandungan asam risinoleat yang bersifat anti-radang dan anti-bakteri dalam minyak jarak menjadikan minyak ini dapat digunakan sebagai cara mengobati bisul. Anda dapat menaruh minyak jarak langsung pada bisul, setidaknya tiga kali sehari hingga bisul menghilang.

Cara Mengobati Bisul Menggunakan Garam Epsom

Garam epsom dapat dijadikan alternatif cara mengobati bisul. Garam epsom dapat membantu mengeringkan bisul dan mengeluarkan nanah.

Anda cukup mencampurkan garam epsom ke dalam air hangat. Masukkan kain bersih atau waslap ke dalam campuran ini dan rendam sebentar. Kemudian peras air dari kain atau waslap dan letakkan pada lokasi bisul selama 20 menit, sebanyak tiga kali sehari sampai bisul sembuh.

Cara Mengobati Bisul Menggunakan Minyak Mimba (Neem Oil)

Serupa dengan minyak jarak, minyak mimba juga mengandung anti-bakteri, antiseptik, dan anti-mikroba yang dapat digunakan sebagai cara mengobati bisul.

Sebelum dan sesudah menggunakan minyak nimba, jangan lupa untuk mencuci tangan Anda. Anda dapat langsung menaruh minyak nimba pada bisul sebanyak tiga sampai empat kali sehari.

Cara Mengobati Bisul Menggunakan Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Anda mungkin familiar dengan bahan ini pada perawatan wajah, tetapi tahukah Anda kalau minyak pohon teh dapat digunakan sebagai cara mengobati bisul? Minyak pohon teh mengandung anti-bakteri dan antiseptik yang dapat mengatasi infeksi bakteri dari bisul.

Namun, berbeda dengan minyak nimba dan minyak jarak, Anda tidak boleh menaruh minyak pohon teh langsung pada kulit karena dapat menimbulkan rasa terbakar di kulit.

Anda dapat mencampurkan lima tetes minyak pohon teh ke dalam satu sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian, gunakan kapas untuk telinga (cotton bud) untuk menaruh campuran minyak pada bisul sebanyak dua sampai tiga kali sehari sampai bisul sembuh.

Cara Mengobati Bisul Menggunakan Salep Antibiotik

Tidak perlu kewalahan karena sebenarnya cara mengobati bisul tersedia di berbagai apotek. Anda dapat membeli salep antibiotik di apotek dan menaruh salep tersebut pada kulit sebanyak setidaknya dua kali sehari sampai bisul sembuh.

Selain membantu mengobati bisul, salep antibiotik dapat mencegah penyebaran bisul.

Cara Mengobati Bisul Menggunakan Kompres Air Hangat

Anda tidak perlu repot karena cara mengobati bisul dapat dilakukan di rumah. Rasa hangat dari kompresan dapat membantu melancarkan sirkulasi darah serta membantu untuk mempercepat proses pecahnya bisul.

Anda dapat menaruh kompres air hangat selama 20 menit sebanyak tiga sampai empat kali sehari hingga bisul menghilang.

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-boils#remedies
Diakses pada 01 Maret 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/boils-and-carbuncles/diagnosis-treatment/drc-20353776
Diakses pada 01 Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed