Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami Hingga Tindakan Medis


Cara menghilangkan kulit secara alami dan cepat bisa Anda lakukan sebagai pengobatan rumahan. Jika tidak ampuh, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pilihan cara mengobati kutil yang ampuh.

(0)
27 Jan 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara menghilangkan kutil secara medis adalah dengan nitrogen cairCara menghilangkan kutil yang ampuh rekomendasi dokter adalah dengan cryotherapy
Cara menghilangkan kutil perlu dilakukan agar penyakit kulit ini tidak menyebar dan menular ke orang lain. Pasalnya, keberadaan kutil di area kulit tubuh mana pun tentu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Kutil adalah salah satu penyakit kulit yang terjadi akibat infeksi virus human papillomavirus (HPV)Selain di jari-jari tangan atau kaki, kutil juga dapat tumbuh di area tubuh lainnya, seperti leher hingga wajah. Meski kutil dapat hilang dengan sendirinya, keberadaannya dapat mengganggu penampilan dan meningkatkan risiko penyebaran. Maka dari itu, cara mengobati kutil perlu dilakukan sesegera mungkin. Tidak hanya sekadar menghilangkan kutil, pengobatan yang dilakukan dapat memicu sistem imun di tubuh agar mampu melawan infeksi virus yang terjadi. Untuk dapat sembuh sepenuhnya, cara mengobati kutil akan memakan waktu beberapa minggu sampai bulan.

Cara menghilangkan kutil secara alami dan cepat

Pada dasarnya, kutil dapat hilang dengan sendirinya. Kendati demikian, hal tersebut akan memakan waktu yang lama, yakni sekitar 1-2 tahun. Tidak hanya itu, setelah kutil hilang, kutil baru biasanya akan tumbuh di area sekitarnya.Bahkan dengan pengobatan sekalipun, kutil cenderung dapat kembali muncul atau menyebar ke area kulit lainnya. Untuk mengobatinya, ada beberapa cara mengobati kutil yang dapat dilakukan. Salah satunya, cara menghilangkan kutil secara alami. Namun, perlu diketahui bahwa keefektifan cara alami menghilangkan kulit masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Jika Anda ingin mengandalkannya sebagai cara menghilangkan kutil secara alami, alangkah baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter guna mengetahui cocok atau tidaknya untuk dioleskan pada kutil yang Anda alami.Adapun beberapa cara menghilangkan kutil secara alami dan cepat adalah sebagai berikut. 

1. Bawang putih

Cara menghilangkan kutil secara alami bisa dengan bawang putih
Gunakan bawang putih sebagai cara menghilangkan kutil
Salah satu cara menghilangkan kutil secara alami adalah dengan bawang putih. Sebuah riset membuktikan bahwa penggunaan ekstrak bawang putih efektif untuk mengatasi kutil, bahkan mencegah kekambuhannya di kemudian hari. Bawang putih mengandung allicin yang diyakini mampu menghancurkan enzim pada virus dan memicu kutil untuk lepas.Anda bisa menggunakan obat kutil alami ini dengan cara menghancurkan 1 siung bawang putih dan mencampurkannya dengan beberapa tetes air. Oleskan campuran tersebut pada permukaan kulit yang terdapat kutil. Kemudian, tutup menggunakan perban atau kain kasa bersih. Gunakan obat kutil alami ini sebanyak 3-4 kali selama 4 minggu berturut-turut. 

2. Cuka apel

Cara menghilangkan kutil secara alami berikutnya adalah cuka apel. Cara kerja cuka apel sebagai obat kutil alami diyakini mirip dengan fungsi asam salisilat dalam mengelupas sel kulit mati yang terinfeksi kutil. Anda bisa mencampurkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam segelas air. Pastikan Anda mencampurkan cuka apel dengan air terlebih dahulu sebelum menggunakannya pada kulit. Pasalnya, kandungan asam yang tinggi pada cuka apel berpotensi menyebabkan iritasi.Kemudian, celupkan bola kapas ke dalam campuran cuka apel dan oleskan pada permukaan kutil. Tutupi area kulit yang terdapat kutil menggunakan perban atau kain kasa steril. Diamkan selama 3-4 jam.Meski diklaim efektif sebagai cara alami menghilangkan kutil secara alami dan cepat, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai cuka apel dalam menghilangkan kutil. 

3. Tea tree oil

Tea tree oil bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan kutil secara alami
Oleskan tea tree oil yang sudah diencerkan pada area kutil
Tea tree oil atau minyak pohon teh juga bisa menjadi cara menghilangkan kutil secara alami. Tea tree oil mengandung antibakteri dan antivirus yang dipercaya baik untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit, termasuk kutil. Cara alami menghilangkan kutil dengan tea tree oil adalah mengencerkannya terlebih dahulu dengan carrier oil (minyak pembawa) guna menghindari reaksi iritasi. Caranya, campurkan 1-2 tetes tea tree oil dengan 12 tetes minyak almond atau minyak castor. Aduk sampai merata.Teteskan campuran tea tree oil sebanyak 3-4 tetes ke atas bola kapas. Letakkan bola kapas di atas kutil selama 5-10 menit. Ulangi langkah ini sebanyak 2-3 kali sehari. Jika campuran tersebut menimbulkan iritasi di kulit, maka Anda perlu mengencerkan minyak pohon teh kembali dengan minyak almond atau minyak castor. 

4. Air lemon

Anda juga bisa menggunakan air lemon sebagai cara menghilangkan kutil secara alami dan cepat. Sebuah studi yang dimuat dalam India Journal of Dermatology mengungkapkan bahwa kandungan asam sitrat pada air lemon diyakini efektif sebagai krim tretinoin topikal. Bahkan, menurut penelitian tersebut, penggunaan air lemon sebagai obat kutil alami lebih sedikit risikonya dalam menimbulkan efek samping. 

5. Minyak jarak

Minyak castor atau minyak jarak dipercaya dapat menjadi cara menghilangkan kutil secara alami. Mirip dengan tea tree oil, minyak castor mengandung antiradang dan antibakteri yang dapat membantu mengobati kutil pada area kulit.Anda dapat mengoleskan minyak jarak pada permukaan kulit yang terdapat kutil menggunakan kapas. Kemudian, diamkan selama semalaman. Keesokan paginya, gunakan batu apung untuk mengelupas kutil secara perlahan. Gunakan obat kutil alami ini setiap hari secara rutin, paling tidak 2-3 minggu sampai kutil benar-benar hilang. 

6. Madu propolis

Tahukah Anda kalau madu propolis dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kutil secara alami?Propolis adalah zat seperti resin yang diproduksi oleh lebah dan diolah dari beeswax, enzim lebah, serbuk sari, dan zat-zat pada tumbuhan. Antimikroorganisme dalam madu propolis diyakini sebagai cara mengobati kutil. Cara menggunakannya, Anda cukup mengoleskan propolis pada permukaan kutil. Tutupi area kutil dengan perban, lalu diamkan selama semalaman. Ulangi langkah ini setiap hari guna mendapatkan hasil yang maksimal. Anda juga bisa mengonsumsi obat kutil di tangan ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus melawan virus penyebab kutil

7. Selotip

Cara menghilangkan kutil secara alami lainnya adalah menggunakan selotip. Meski terdengar aneh, cara alami menghilangkan kutil ini dianggap efektif bagi beberapa orang.Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan selotip atau lakban berukuran besar guna menutup kutil kurang lebih selama 6 hari. Setelah itu, lepas selotip atau lakban tersebut, dan rendam area kulit yang terdapat kutil dengan air. Selanjutnya, kikis kutil secara perlahan.Biarkan kutil terbuka semalaman, lalu ulangi tahapan dengan menutupnya lagi menggunakan selotip. Kemudian, kembali diamkan selama 6 hari dan seterusnya, sampai kutil hilang. Cara mengobati kutil ini umumnya akan memakan waktu selama 2 bulan.Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutil di Tangan dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan kutil dengan cepat secara medis

Apabila cara menghilangkan kutil secara alami tidak kunjung meredakan kutil yang Anda alami, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter kulit. Dokter kulit memiliki beragam pilihan cara menghilangkan kutil dengan cepat. Pengobatan kutil dari dokter bisa berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Hal ini tergantung pada lokasi kemunculan kutil, gejala yang dirasakan, serta metode yang digunakan. Menurut Harvard Health Publishing, berikut adalah beberapa cara menghilangkan kutil dengan cepat secara medis.

1. Gunakan asam salisilat

Gunakan asam salisilat sebagai cara menghilangkan kutil
Krim asam salisilat mudah didapat di apotek
Salah satu cara menghilangkan kutil dengan cepat secara medis adalah menggunakan asam salisilatObat kutil ampuh mengandung asam salisilat dalam bentuk gel atau krim mudah didapat secara bebas di apotek. Selain itu, efek samping yang mungkin timbul pun sangat sedikit.Cara menghilangkan kutil dengan cepat menggunakan asam salisilat adalah sebagai berikut. 
  • Rendam area kulit yang terdapat kutil, seperti jari tangan atau kaki, selama 10-15 menit dalam air hangat.
  • Setelah itu, gosok kutil menggunakan batu apung untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang melapisinya.
  • Oleskan salep asam salisilat pada area kulit yang terdapat kutil.
  • Lakukan setiap 1-2 kali sehari selama 12 minggu berturut-turut.
  • Lanjutkan perawatan selama satu atau dua minggu setelah kutil hilang untuk membantu mengurangi kemungkinan munculnya kutil baru.

2. Cryotherapy

Cara menghilangkan kutil dengan cepat secara medis berikutnya adalah dengan cryotherapyCryotherapy adalah tindakan medis yang dilakukan dengan membekukan kutil menggunakan nitrogen cair. Setelah dibekukan, maka akan terbentuk benjolan yang mengelilingi kutil.Benjolan tersebut terbentuk mulai dari permukaan di bawahnya sehingga jaringan di kutil dapat mati dan terangkat dari kulit. Jaringan yang mati tersebut umumnya akan lepas dalam waktu sekitar 1 minggu.Cara mengobati kutil ini juga dipercaya dapat menstimulasi sistem imun di tubuh guna menyerang virus penyebab munculnya kutil. Cryotherapy biasanya perlu dilakukan lebih dari satu kali.

3. Pakai cantharidin

Cantharidin juga menjadi cara menghilangkan kutil dengan cepat secara medis. Perlu diketahui bahwa tindakan ini hanya boleh dilakukan oleh dokter. Dokter akan mengoleskan suatu bahan tertentu yang disebut dengan cantharidin, yang dikombinasikan dengan bahan kimia lainnya, pada permukaan kulit yang terdapat kutil. Setelah itu, area kulit tersebut akan ditutup menggunakan perban atau kain kasa bersih. Cara mengobati kutil ini tidak menimbulkan rasa sakit walaupun dapat menimbulkan benjolan yang mungkin dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Sama seperti pada prosedur cryotherapy, benjolan tersebut akan membantu melepaskan kutil dari kulit.Selanjutnya, dokter akan melepaskan kutil yang telah mati tersebut.

4. Tindakan laser

Tindakan laser juga dapat dilakukan sebagai cara mengobati kutil secara medis. Tindakan laser bekerja dengan cara membakar pembuluh darah kecil yang menyuplai jaringan kutil. Lama-kelamaan, jaringan yang terinfeksi akan mati, dan kutil akan terlepas.Namun, metode ini berisiko menimbulkan rasa nyeri saat dilakukan serta menimbulkan bekas luka setelahnya.

5. Perawatan laser

Perawatan laser bekerja dengan cara membakar pembuluh darah kecil yang menyuplai jaringan kutil. Lama-kelamaan, jaringan yang terinfeksi akan mati, dan kutil akan terlepas. Namun, metode ini berisiko menimbulkan rasa nyeri saat dilakukan, dan menimbulkan bekas luka setelahnya.

5. Penggunaan asam jenis lain

Jika cara menghilangkan kutil menggunakan asam salisilat atau cryotherapy tidak berhasil menghilangkan kutil, dokter mungkin akan menggunakan asam jenis lain, seperti asam trikloroasetat.Sebelum mengoleskan bahan ini, dokter akan mengikir permukaan kutil  terlebih dahulu. Cara mengobati kutil dengan metode ini perlu diulang kurang lebih setiap satu minggu. Efek sampingnya, Anda akan merasakan sensasi rasa terbakar dan menyengat di kulit. 

6. Operasi

Operasi mungkin direkomendasikan oleh dokter sebagai cara mengobati kutil dengan cepat.Tindakan ini sebenarnya jarang dilakukan untuk menghilangkan kutil dan berisiko menimbulkan bekas luka setelahnya. Namun, bila pengobatan lainnya sudah dicoba dan tidak membuahkan hasil memuaskan, maka dokter akan merekomendasikan prosedur operasi. Operasi akan dilakukan di bawah pengaruh bius lokal. Kemudian, dokter akan menghilangkan kutil dengan memotongnya menggunakan pisau bedah steril.Selanjutnya, dokter mungkin tetap akan meresepkan obat oles agar penyembuhan dapat berjalan lebih sempurna.

7. Cara menghilangkan kutil lainnya

Jika kutil tidak merespons berbagai pengobatan di atas, dokter mungkin akan melakukan perawatan lain, seperti:

Cara mencegah kutil muncul lagi di kemudian hari

Setelah menerapkan berbagai cara menghilangkan kutil, Anda tentu tak ingin penyakit kulit ini muncul lagi di kemudian hari. Maka dari itu, penting untuk melakukan tindakan pencegahan agar kutil tidak muncul lagi di kemudian hari, seperti:
  • Tidak melakukan kontak langsung dengan orang yang mengalami kutil. 
  • Tidak menggunakan barang-barang pribadi milik orang lain, seperti handuk, pakaian, dan lainnya. 
  • Jangan berbagi penggunaan kaus kaki dan sepatu dengan orang lain. 
  • Jangan memencet atau memecah kutil karena dapat meningkatkan risiko penyebaran ke area kulit lainnya. 
  • Gunakan sandal saat berada di area kolam renang dan gym umum. Bila perlu tutupi area kulit yang terdapat kutil menggunakan kaus kaki atau sarung tangan. 
  • Hindari menyisir atau mencukur area kulit yang terdapat kutil. 
  • Gunakan gunting kuku yang sama dan tidak meminjamkannya ke orang lain, bila Anda sedang mengalami kutil di area ini. 
  • Cuci tangan menggunakan air dan sabun sebelum dan setelah menyentuh area kulit yang terinfeksi kutil.
  • Selalu jaga area kulit yang terdapat kutil dalam kondisi kering.

Catatan dari SehatQ

Jika Anda mengalami kutil pada kulit, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.Tidak menerapkan cara mengobati kutil yang benar atau membiarkannya terus-menerus dapat menyebabkan kutil semakin parah dan Anda bisa tidak nyaman karenanya. Jika ingin menerapkan cara menghilangkan kutil secara alami dan cepat di rumah, coba konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui keamanan dan keefektifannya. Pengobatan rumahan yang salah bisa-bisa justru membuat kutil Anda semakin parah, atau malah menyebar ke area kulit lainnya.Berkonsultasi dengan dokter dapat membantu Anda mendapatkan diagnosis dan obat kutil yang tepat sesuai penyebab dan kondisi yang dialami.Apabila Anda masih punya pertanyaan seputar cara mengobati kutil, tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
kesehatan kulitpenyakit kulitkutilhpv
Harvard Health Publishing. https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/how-to-get-rid-of-warts
Diakses pada 10 Mei 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-warts/diagnosis-treatment/drc-20371131
Diakses pada 10 Mei 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/155039.php
Diakses pada 10 Mei 2019
India Journal of Dermatology. http://www.e-ijd.org/article.asp?issn=0019-5154;year=2007;volume=52;issue=2;spage=96;epage=98;aulast=Vali
Diakses pada 26 Januari 2021
NCBI. http://www.e-ijd.org/article.asp?issn=0019-5154;year=2007;volume=52;issue=2;spage=96;epage=98;aulast=Vali
Diakses pada 26 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-warts#from-the-store
Diakses pada 26 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait