Merendam kaki dengan air hangat dapat dijadikan cara menghilangkan kapalan
Kapalan terbentuk saat kulit mengalami gesekan atau tekanan yang berulang.

Masyarakat cukup familiar dengan benjolan kulit yang mengeras atau disebut kapalan. Kondisi ini memang tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya, tetapi benjolan kulit yang mengeras tersebut cukup mengganggu mata.

Kapalan merupakan respons dari kulit untuk melindungi dirinya dari gesekan dan tekanan. Biasanya kapalan terbentuk saat kulit mengalami gesekan atau tekanan yang berulang.

Cara menghilangkan kapalan tidak rumit. Sebenarnya kapalan dapat hilang dengan sendirinya saat Anda menyingkirkan hal-hal yang sering menimbulkan gesekan atau tekanan pada kulit, seperti sepatu hak, dan sebagainya.

Anda tidak membutuhkan dokter untuk menghilangkan kapalan. Namun pada kasus tertentu, kapalan bisa saja terinfeksi bakteri atau terasa sakit. Jika kapalan yang Anda rasakan membengkak atau terasa sakit, Anda perlu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Cara Menghilangkan Kapalan

Cara menghilangkan kapalan dapat dilakukan di rumah tanpa obat-obatan tertentu. Simak tujuh cara menghilangkan kapalan di bawah ini:

1. Batu Apung dan Alat Penggosok Kulit Mati

Batu apung dan alat penggosok kulit mati dapat menjadi cara menghilangkan kapalan. Pertama-tama, rendam kulit yang mengalami kapalan ke dalam air hangat selama 5-10 menit. Setelahnya, Anda dapat menggunakan batu apung untuk menghilangkan sel kulit mati.

Gosokkan batu apung dengan gerakan menyamping ataupun berputar. Anda mungkin membutuhkan waktu beberapa hari untuk dapat menghilangkan kapalan.

2. Bantalan Pelindung Kaki dan Ganjalan Kaki

Bantalan pelindung kaki dan ganjalan kaki dapat mengurangi gesekan ataupun tekanan yang dialami kulit dan mencegah munculnya kapalan. Bantalan pelindung kaki dan ganjalan kaki bisa dibeli di toko sepatu atau supermarket.

Jika kapalan muncul di tangan, Anda bisa mempertimbangkan menggunakan sarung tangan pelindung untuk mengurangi tekanan atau gesekan pada kulit.

3. Garam Epsom

Garap epsom dapat membantu proses pengelupasan kapalan dan menghaluskan kulit. Pemakaian garam epsom sebagai cara menghilangkan kapalan adalah dengan mencampurkan garam epsom sebanyak 2 - 3 sendok makan ke dalam satu baskom air hangat.

Setelahnya, Anda dapat merendam kulit yang kapalan selama 10 menit. Penggunaan garam epsom dapat dipadukan dengan penggunaan batu apung atau alat penggosok kulit mati.

4. Air Hangat

Merendam kulit yang mengalami kapalan dalam air hangat adalah salah satu cara menghilangkan kapalan yang dapat dicoba untuk pertama kalinya. Cobalah rendam kulit yang mengalami kapalan selama 20 menit dalam air hangat, kemudian keringkan kulit.

Setelah dikeringkan, gosokkan jari Anda pada bagian yang kapalan secara perlahan hingga lapisan yang mengeras mengelupas. Cara ini bukanlah proses yang singkat dan membutuhkan waktu.

5. Minyak Jarak (castor oil)

Minyak jarak dapat membantu untuk mengelupaskan kapalan. Anda cukup mencampurkan lima sendok makan minyak jarak ke dalam air hangat sebagai rendaman untuk kulit yang mengalami kapalan. Minyak jarak akan melembutkan kapalan yang dialami.

6. Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Sama seperti penggunaan minyak jarak, minyak pohon teh dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kapalan.

Teteskan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam air hangat dan rendam kulit yang mengalami kapalan sampai kapalan melembut dan dapat dicabut. Jangan merendam kulit lebih dari 15 menit, karena minyak pohon teh dapat merusak kulit.

7. Jus Lemon dan Soda Kue

Cara menghilangkan kapalan dapat dilakukan jus lemon dan soda kue. Campurkan 2 - 3 sendok makan jus lemon ke dalam air hangat sebelum merendam kulit yang mengalami kapalan selama beberapa menit.

Setelah direndam selama beberapa menit, campurkan soda kue ke dalam campuran air hangat dan jus lemon. Cara ini cukup efektif untuk mengelupaskan kapalan.

Semoga beberapa tips cara menghilangkan kapalan di atas dapat membantu untuk mengatasi kapalan yang dialami. Selamat mencoba!

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-calluses#treatments-and-remedies
Diakses pada 02 April 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/corns-and-calluses/symptoms-causes/syc-20355946
Diakses pada 02 April 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324329.php
Diakses pada 02 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed