7 Cara Mengembalikan Suara yang Hilang Akibat Laringitis

Berkumur dengan air garam, bisa dijadikan sebagai cara mengembalikan suara yang hilang.
Mandi dengan air hangat menjadi salah satu cara mengembalikan suara yang hilang akibat laringitis.

Kasus hilangnya suara akibat laringitis, sangat sering terjadi. Kondisi medis ini muncul saat pangkal tenggorokan, teriritasi atau terinfeksi. Namun tenang saja, ada berbagai macam cara mengembalikan suara yang hilang akibat laringitis.

Perlu diketahui, penyakit laringitis banyak diakibatkan oleh infeksi virus, penggunaan suara yang berlebih, bernyanyi, atau berteriak. Merokok dan terpapar polusi juga bisa menyebabkan laringitis. Bagi Anda yang tengah mengidapnya, pahami cara mengembalikan suara yang hilang akibat laringitis ini.

Cara mengembalikan suara yang hilang akibat laringitis

Di dalam voice box (kotak suara) Anda, ada pita suara yang membuka dan menutup, saat bersuara. Hal ini terjadi ketika udara melewatinya, kemudian pita suara akan bergetar dan menghasilkan suara.

Namun, akibat laringitis, pita suara bisa membengkak. Akhirnya, cara udara melewatinya akan berubah. Suara Anda pun akan berubah menjadi serak, atau terlalu pelan untuk terdengar.

Biasanya, laringitis bisa sembuh dengan sendirinya, tapi jangan dibiarkan begitu saja tanpa pengobatan, karena bisa menjadi kronis. Untuk mengembalikan suara Anda secepat mungkin, lakukan ketujuh cara mengembalikan suara yang hilang akibat laringitis, yang bisa Anda lakukan di rumah ini.

1. Minumlah banyak air

Karena laringitis sering disebabkan oleh infeksi virus, beristirahat dan minum banyak air, bisa mempercepat penyembuhan penyakit laringitis. Maka dari itu, dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk minum air putih yang cukup, saat sedang mengalami penyakit laringitis. Dengan begitu, suara Anda akan kembali, seiring berjalannya waktu.

Selain air putih, Anda juga disarankan untuk minum teh hijau hangat. Sebab, kandungan antioksidannya, bisa “menyegarkan” tenggorokan Anda yang sedang iritasi.

Perlu diingat, hindari minuman berkafein seperti kopi, yang bisa memicu dehidrasi.

2. Berkumur dengan air garam

Tambahkan satu sendok teh garam, ke dalam gelas berisikan air hangat. Garam dipercaya bisa membantu menyembuhkan jaringan yang teriritasi di tenggorokan Anda.

Setidaknya, berkumur dengan air garam sebanyak 2-3 kali sehari, bisa membantu Anda mengembalikan suara yang hilang, akibat laringitis.

3. Hindari dekongestan

Jika laringitis yang Anda idap, disebabkan oleh flu berat, mengonsumsi obat-obatan dekongestan memang menjadi obat ampuhnya. Namun sebisa mungkin, hindarilah obat-obatan dekongestan, saat sedang menderita penyakit laringitis. Sebab, tipe obat-obatan ini bisa membuat tenggorokan dan saluran hidung menjadi kering. Akibatnya, suara tak kunjung kembali.

4. Istirahatkan suara

Salah satu hal yang sangat disarankan, untuk mengembalikan suara yang hilang akibat laringitis, adalah mengistirahatkan suara Anda. Cobalah untuk tidak berbicara selama 1-2 hari. Jika memang Anda harus tetap bersuara, lakukan dengan sangat pelan dan halus.

Hal ini dianggap ampuh karena iritasi dan peradangan, membutuhkan waktu sampai akhirnya sembuh total. Penggunaan suara yang berlebihan, juga bisa memperlama proses penyembuhan suara yang hilang.

5. Jangan berbisik

Berbicara dengan lembut dan pelan, sangat diperbolehkan. Namun, jangan sampai Anda berbisik, di saat penyakit laringitis sedang menyerang Anda. Bagi pita suara, berbisik merupakan “pekerjaan” yang lebih keras, dibandingkan dengan berbicara biasa. Apalagi, pita suara Anda sedang bengkak, akibat penyakit laringitis.

Saat Anda berbisik, pita suara akan tertarik dengan kencang. Tentu saja, proses penyembuhannya akan terganggu, dan suara pun tak kunjung kembali.

6. Menghisap permen pelega tenggorokan

Jangan sepelekan permen pelega tenggorokan (lozenge) dan kemampuannya untuk meredakan sakit tenggorokan. Sebab, permen pelega tenggorokan dapat meredakan sakit, yang terasa pada tenggorokan.

Mengisap lozenge, bisa meningkatkan produksi air liur, yang membuat tenggorokan Anda tetap lembap.
Permen pelega tenggorokan yang mengandung madu, lebih diutamakan. Sebab, madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi alami.

7. Mandi dengan air hangat

Uap yang Anda dapatkan dari kucuran air panas, bisa membantu melembabkan pita suara dan meredakan sakit tenggorokan Anda. Selain itu, menambahkan minyak esensial seperti kayu putih, juga bisa menambah kualitas mandi air hangat Anda, agar suara biasa kembali seperti sedia kala.

Catatan dari SehatQ

Berhenti merokok, mengunyah permen karet tanpa gula, tidak mengonsumsi alkohol, hingga memasang pelembap udara, juga bisa menjadi cara mengembalikan suara yang hilang akibat laringitis. Akan tetapi, untuk hasil kesembuhan yang maksimal, berkonsultasilah dengan dokter.

Selain bisa mendapatkan hasil yang diinginkan, dokter biasanya akan memberikan obat-obatan lain, untuk menghindarikan Anda dari penyakit laringitis di masa yang akan datang.

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-your-voice-back

Diakses pada 27 November 2019

 

Medicine Net. https://www.medicinenet.com/laryngitis/article.htm

Diakses pada 27 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed