7 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Sesuai Anjuran Dokter

Pori-pori wajah banyak tersumbat oleh kotoran maupun minyak sehingga membuatnya tampak besar
Anda tidak bisa mengecilkan pori-pori besar, tetapi dapat menyamarkannya.

Sebagai salah satu kondisi kulit yang paling sering dikeluhkan, pori-pori besar di wajah sebenarnya cukup mudah untuk diatasi.

Pori-pori besar memang tidak bisa sepenuhnya ditutup atau dihilangkan, namun cara mengecilkan pori-pori wajah di bawah ini bisa Anda coba untuk membantu memudarkan penampakannnya.

Fakta seputar cara mengecilkan pori-pori wajah

Terlepas dari banyaknya produk serta janji-janji iklan yang beredar, Anda perlu mengetahui bahwa tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk menutup atau mengecilkan ukuran pori-pori secara permanen.

Sehingga, yang bisa Anda lakukan adalah membuatnya tampak lebih kecil. Namun, bukan berarti produk kecantikan yang ada, tidak bisa mengatasi keluhan Anda seputar pori-pori besar di wajah.

Produk kecantikan yang bagus serta cara merawat kulit yang tepat tetap dapat membantu pori-pori Anda tampak mengecil.

Ikuti cara mengecilkan pori-pori wajah yang tepat ini

Tanpa disadari, selama ini pori-pori wajah banyak tersumbat oleh kotoran maupun minyak, dan membuatnya tampak lebih besar dari yang sesungguhnya.

Sehingga, jika Anda rutin membersihkan wajah dan melakukan eksfoliasi (pengelupasan) untuk mengangkat sel kulit mati, pori-pori akan terlihat lebih kecil.

Jangan sembarangan memilih cara untuk mengecilkan pori-pori. Jika salah langkah, bisa-bisa perawatan yang Anda jalani, justru menimbulkan iritasi di kulit. Berikut ini tujuh cara mengecilkan pori-pori wajah yang telah terbukti aman dan tepat:

1. Pilih make-up dengan bahan yang tepat

Saat memilih make-up, carilah produk yang pada kemasannya bertuliskan non-comedogenic. Label tersebut menandakan bahwa produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori jika digunakan.

Label ‘oil free’ dan ‘won’t clog pores’ juga bisa dijadikan acuan untuk memilih make-up yang tidak menyumbat pori.

2. Gunakan tabir surya setiap hari

Semakin sering kulit Anda terpapar sinar matahari secara langsung, maka kepadatan kulit pun akan semakin berkurang. Hal tersebut membuat kulit terlihat kendur, sehingga pori-pori terlihat lebih besar.

Dengan menggunakan tabir surya berspektrum luas yang tahan air, Anda dapat mencegah timbulnya kerusakan pada kulit, akibat paparan sinar matahari. Anda juga disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30 ke atas.

Ingat, selain ketika matahari terik, gunakan tabir surya juga, meski cuaca sedang mendung atau hujan.

3. Bersihkan wajah dua kali sehari

Kulit berminyak maupun sumbatan pada pori-pori, membuatnya tampak membesar. Membersihkan wajah dua kali sehari dapat membantu sumbatan tersebut tidak hanya hilang, mencegah pori-pori kembali tersumbat, dan mengurangi produksi minyak di wajah.

Berikut ini tips membersihkan wajah yang tepat untuk Anda.

  • Gunakan air hangat. Jangan gunakan air yang terlalu panas, untuk menghindari iritasi kulit
  • Bersihkan wajah secara lembut. Menggosok-gosok wajah dengan kencang dapat menimbulkan iritasi, yang kemudian bisa berlanjut menjadi peradangan. Saat kulit meradang, pori-pori biasanya akan terlihat lebih besar.
  • Pilih pembersih wajah yang lembut dan non-comedogenic. Pembersih wajah ini dapat mencegah kulit dari iritasi dan sumbatan pada pori-pori.

4. Cari produk kecantikan yang mengandung retinol

Pori-pori wajah dapat terlihat lebih besar jika Anda memiliki kulit berminyak, berjerawat, atau kendur. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinol atau retinyl palmitate.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda disarankan untuk menggunakannya sebelum tidur. Namun bagi beberapa orang, produk yang mengandung retinol dapat menimbulkan iritasi di kulit.

Agar iritasi tak terjadi, Anda dapat mencuci wajah terlebih dahulu, dan tunggu 30 menit, sebelum mengoleskan retinol ke wajah.

5. Pilih pembersih wajah yang berbahan gel

Jika memiliki jenis kulit berminyak dan ingin mencoba cara mengecilkan pori-pori wajah, Anda disarankan untuk memilih sabun pembersih wajah yang berbahan gel.

Pembersih yang mengandung mouisturizer atau pelembap, umumnya dapat membuat kulit Anda semakin berminyak.

Pembersih berbahan gel dapat membantu untuk mengecilkan pori-pori dari minyak yang dihasilkan, sehingga pori-pori tampak lebih kecil.

6. Atasi jerawat di wajah

Jerawat dapat menyumbat pori-pori Anda. Hal ini menyebabkan pori-pori Anda jadi terlihat lebih besar. Anda dapat menggunakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat, untuk membantu mengatasi jerawat.

Jika ternyata penggunaan asam salisilat membuat kulit iritasi, Anda bisa mencari alternatif lainnya. Gunakan pembersih non-comedogenic saat pagi hari, dan pakai pembersih yang mengandung asam salisilat sebelum tidur.

7. Rutin lakukan eksfoliasi (pengelupasan)

Melakukan proses eksfoliasi di kulit dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori di wajah. Anda disarankan untuk melakukannya sebanyak dua hingga tiga kali seminggu.

Namun, proses ini sebaiknya tidak dilakukan jika kulit sedang berjerawat, untuk menghindari peradangan. Anda dapat menggunakan produk eksfoliator yang mengandung alpha-hydroxy acids (AHA) dan beta-hydroxy acids (BHA).

Jika setelah mencoba berbagai cara mengecilkan pori-pori wajah di atas, keluhan Anda masih belum juga teratasi, berkonsultasilah ke dokter spesialis kulit terdekat. Dengan begitu, dokter dapat memberikan solusi sesuai kondisi kulit Anda.

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/can-i-close-my-large-pores-15486
Diakses pada 9 Mei 2019

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/skin-care/pores
Diakses pada 9 Mei 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320775.php
Diakses pada 9 Mei 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-large-pores
Diakses pada 9 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed