12 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah yang Aman dan Benar

(0)
14 May 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengecilkan pori-pori wajah dapat dilakukan dengan memilih produk yang tepatCara mengecilkan pori-pori wajah tidak dapat hilang sepenuhnya
Cara mengecilkan pori-pori wajah bisa Anda coba untuk membantu memudarkan penampakannya. Memang, pori-pori besar tidak bisa sepenuhnya ditutupi atau dihilangkan. Sebagai salah satu kondisi kulit yang paling sering dikeluhkan, penyebab pori-pori besar di wajah sebenarnya cukup mudah untuk diatasi.

Fakta seputar cara mengecilkan pori-pori wajah dengan cepat

Pori-pori wajah adalah lubang pada kulit yang berfungsi untuk mengeluarkan keringat dan sebum atau minyak alamiTanpa disadari, selama ini pori-pori wajah banyak tersumbat oleh kotoran maupun minyak, dan membuatnya tampak lebih besar dari yang sesungguhnya.Penyebab pori-pori besar di wajah adalah produksi sebum yang berlebihan sehingga membuat kulit berminyak, kemunculan jerawat, paparan sinar matahari berlebihan, hingga penggunaan make up yang rentan membuat pori-pori tersumbat (noncomedogenic). Terlepas dari banyaknya produk serta janji-janji iklan yang beredar, Anda perlu mengetahui bahwa tidak ada cara menghilangkan pori-pori wajah secara permanen.Jadi, yang bisa Anda lakukan adalah membuatnya tampak lebih kecil. Namun, bukan berarti produk kecantikan yang ada, tidak bisa mengatasi keluhan Anda seputar pori-pori besar di wajah.Produk kecantikan yang bagus serta cara merawat kulit yang tepat tetap dapat membantu pori-pori wajah Anda tampak mengecil.

Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan tepat

Kalau Anda rutin membersihkan wajah dan melakukan eksfoliasi (pengelupasan) untuk mengangkat sel kulit mati, pori-pori akan terlihat lebih kecil.Jangan sembarangan memilih cara mengecilkan pori-pori wajah. Jika salah langkah, bisa-bisa perawatan yang Anda lakukan, justru menimbulkan iritasi di kulit. Berikut adalah beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah yang telah terbukti aman dan tepat.

1. Pilih make up berlabel noncomedogenic dan bebas minyak

Cara mengecilkan pori-pori wajah adalah pilih make up bebas minyak
Gunakan produk kosmetik noncomedogenic dan bebas minyak
Salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah adalah penggunaan make up dengan kandungan yang tepat. Beberapa perempuan banyak yang menggunakan make up sebagai cara menutupi pori-pori di wajah dengan cepat. Akan tetapi, alih-alih menutupi pori-pori besar di wajah, penggunaan make up dengan kandungan yang salah justru berisiko memperbesar pori. Maka dari itu, gunakan produk kosmetik yang bertuliskan noncomedogenic. Ini artinya, produk tersebut tidak rentan menyumbat pori-pori jika digunakan.Selain itu, pilih juga produk kosmetik berlabel bebas minyak agar tidak menyumbat pori.

2. Gunakan tabir surya setiap hari

Penyebab pori-pori besar bisa jadi karena paparan sinar matahari terlalu sering atau berlebihan. Semakin sering kulit Anda terpapar sinar matahari secara langsung, kepadatan kulit pun akan semakin berkurang. Hal tersebut membuat kulit terlihat kendur sehingga pori-pori besar tidak dapat terhindarkan.Penggunaan tabir surya broad spectrum, Anda bisa mencegah risiko kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Anda juga disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30. Gunakan tabir surya 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Ingat, tak hanya saat sinar matahari sedang terik, gunakan tabir surya juga walaupun cuaca sedang mendung atau hujan.

3. Bersihkan wajah dua kali sehari

Cuci muka dua kali sehari adalah cara mengecilkan pori-pori wajah
Cuci muka dengan air hangat dan sabun pembersih tepat
Kulit berminyak maupun sumbatan pada pori-pori bisa menjadi penyebab pori-pori besar. Nah, membersihkan wajah secara rutin bisa jadi cara mengecilkan pori-pori di wajah. Membersihkan wajah dua kali sehari bisa membantu penyumbatan pori tidak hanya hilang, melainkan juga mencegahnya kembali tersumbat serta mengurangi produksi minyak di wajah. Cara cuci muka yang tepat pun tidak boleh sembarangan. Berikut ini tips membersihkan wajah yang tepat untuk Anda.
  • Gunakan air hangat. Jangan gunakan air yang terlalu panas untuk menghindari iritasi kulit
  • Bersihkan wajah secara lembut. Menggosok-gosok wajah terlalu keras saat cuci muka bisa menimbulkan iritasi yang berisiko menjadi peradangan. Saat kulit meradang, pori-pori biasanya akan terlihat lebih besar.
  • Pilih pembersih wajah yang lembut dan noncomedogenic. Pembersih wajah ini dapat mencegah kulit dari iritasi dan penyumbatan pori-pori.

4. Cari produk perawatan kulit mengandung retinol

Cara mengecilkan pori-pori wajah berikutnya adalah menggunakan produk perawatan kulit mengandung retinol. Pori-pori wajah besar dapat terjadi jika Anda memiliki kulit berminyak, berjerawat, atau kendur. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinol atau retinyl palmitate.Guna mendapatkan hasil yang terbaik, Anda disarankan untuk memakainya sebelum tidur di malam hari. Namun, bagi beberapa orang, produk yang mengandung retinol dapat menimbulkan iritasi di kulit.Agar iritasi tak terjadi, Anda dapat mencuci wajah terlebih dahulu, kemudian tunggu 30 menit, sebelum mengoleskan retinol ke wajah.

5. Pilih pembersih wajah bertekstur gel

Jika memiliki jenis kulit berminyak dan ingin mencoba cara mengecilkan pori-pori di wajah, Anda disarankan untuk memilih sabun pembersih wajah bertekstur gel.Pembersih yang mengandung pelembap umumnya dapat membuat kulit Anda semakin berminyak.Pembersih berbahan gel dapat membantu mengecilkan pori-pori dari produksi minyak yang dihasilkan. Dengan ini, pori-pori besar tampak lebih kecil.

6. Atasi jerawat di wajah

Cara mengecilkan pori-pori wajah lainnya adalah dengan mengatasi jerawat
Pakai asam salisilat untuk mengatasi jerawat
Jerawat dapat disebabkan oleh penyumbatan pori-pori wajah. Akibatnya, pori-pori besar tidak dapat terhindarkan. Anda bisa menggunakan sabun pembersih wajah yang mengandung asam salisilat untuk membantu mengatasi jerawat.Jika ternyata penggunaan asam salisilat membuat kulit iritasi, Anda bisa mencari alternatif lainnya. Gunakan pembersih noncomedogenic saat pagi hari, dan pakai pembersih yang mengandung asam salisilat sebelum tidur.

7. Rutin lakukan eksfoliasi (pengelupasan)

Cara mengecilkan pori-pori wajah bisa dengan melakukan eksfoliasi (pengelupasan). Melakukan proses eksfoliasi di kulit dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati yang berisiko menyumbat pori-pori di wajah. Anda disarankan untuk melakukan eksfoliasi sebanyak 2-3 kali seminggu.Namun, proses ini sebaiknya tidak dilakukan jika kulit sedang berjerawat. Untuk menghindari peradangan, Anda bisa menggunakan produk eksfoliator yang mengandung alpha-hydroxy acids (AHA) dan beta-hydroxy acids (BHA).

8. Oleskan pelembap

Oleskan pelembap sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah
Oleskan pelembap berbahan dasar air untuk mengecilkan pori
Mengoleskan pelembap secara rutin juga menjadi pilihan cara mengecilkan pori-pori di wajah. Sayangnya, banyak orang dengan kulit berminyak menghindari penggunaan pelembap karena khawatir dapat meningkatkan produksi minyak di wajah. Padahal, penggunaan pelembap dapat membantu sebum atau minyak alami menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam. Dengan demikian, tidak hanya mampu mengurangi tampilan wajah berminyak, melainkan juga membuat kulit lebih sehat. Jika tidak menggunakan pelembap, kulit wajah akan memproduksi lebih banyak minyak. Untuk masalah pori-pori besar, kuncinya Anda perlu memilih pelembap berbahan dasar air yang teksturnya lebih ringan dan tidak rentan menyumbat pori-pori. 

9. Pakai clay mask

Cara mengecilkan pori-pori di wajah lainnya adalah dengan clay maskClay mask adalah jenis masker yang terbuat dari tanah liat, seperti kaolin atau bentonit.Jenis masker ini dapat membantu mengangkat minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati yang terdapat dalam pori wajah paling dalam. Dengan ini, pori-pori besar Anda bisa tampak mengecil.Anda bisa menggunakan clay mask 1-2 kali dalam seminggu. Namun, sebaiknya jangan menggunakan clay mask bersamaan dengan waktu eksfoliasi wajah. Melakukan eksfoliasi wajah dan menggunakan clay mask di hari yang sama bisa meningkatkan risiko iritasi kulit. 

10. Bersihkan make up sebelum tidur

Cara mengecilkan pori-pori di wajah dengan cepat yang tak kalah penting adalah membersihkan make up sebelum tidur. Beberapa orang yang sudah sangat lelah beraktivitas mungkin kerap lupa membersihkan wajah di malam hari. Padahal, tertidur dengan riasan wajah yang masih menempel dapat berisiko merusak kulit. Jika dibiarkan terus-menerus, produk kosmetik bisa bercampur dengan kotoran, minyak, dan bakteri sehingga menyumbat pori-pori wajah. Kebiasaan ini yang jadi penyebab pori-pori besar tidak dapat terelakkan. Jadi, sangat penting untuk membersihkan make up di malam hari, tak peduli seberapa lelah atau larut Anda pulang ke rumah. 

11. Makan makanan sehat dan bergizi

Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami ternyata tidak cukup dengan perawatan kulit dari luar. Anda juga perlu menyeimbangkannya dengan perawatan kulit dari dalam, yaitu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Misalnya, dari protein, lemak sehat, dan karbohidrat yang tepat.Pola makan yang sehat mampu meningkatkan kesehatan kulit sehingga Anda akan terhindar dari masalah pori-pori besar. Sebaiknya, hindari makanan tinggi lemak dan berminyak karena bisa menyebabkan pori-pori tersumbat. Akibatnya, dapat menjadi penyebab pori-pori besar pada wajah. 

12. Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup juga penting menjadi cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Pastikan Anda minum air putih yang cukup, setidaknya 2 liter per hari. Minum air putih yang cukup tidak hanya menyehatkan kulit dari dalam, melainkan juga membuang racun di dalam pori. Jika setelah mencoba berbagai cara mengecilkan pori-pori wajah di atas, keluhan Anda masih belum juga teratasi, berkonsultasilah ke dokter spesialis kulit terdekat. Dengan begitu, dokter dapat memberikan solusi sesuai kondisi kulit Anda.Jika masih ada pertanyaan seputar cara mengecilkan pori-pori Anda bisa konsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQCaranya, unduh sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitkesehatan kulitpori-pori besarmengatasi pori-pori besar
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/can-i-close-my-large-pores-15486
Diakses pada 9 Mei 2019
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/skin-care/pores
Diakses pada 9 Mei 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320775.php
Diakses pada 9 Mei 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-large-pores
Diakses pada 9 Mei 2019
Web Md. https://www.webmd.com/beauty/features/minimize-pores#1
Diakses pada 18 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait