Berkumur air garam dapat dijadikan sebagai cara mengatasi batuk kering yang mengganggu
Anda dapat meminum rebusan bawang putih sebagai cara mengatasi batuk kering yang mengganggu.

Rasa gatal di tenggorokan yang memicu batuk kering sangatlah mengganggu dan mengesalkan. Mungkin Anda berharap dapat memasukkan jari-jari Anda ke dalam tenggorokan dan langsung menggaruk tenggorokan yang gatal dan kering.

Batuk kering umumnya dapat sembuh dengan sendirinya dan tidak memerlukan perawatan khusus dari dokter. Cara mengatasi batuk kering dapat dilakukan dengan bahan-bahan alami yang bisa didapatkan di rumah.

[[artikel-terkait]]

Cara mengatasi batuk kering

Anda tidak perlu repot mengunjungi apotek karena cara mengatasi batuk kering bisa dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah Anda. Berikut adalah beberapa bahan alami alternatif yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi batuk kering:

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah dengan manfaat kesehatan terbanyak, antara lain menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kadar kolesterol, dan bahkan menekan Alzheimer. Kandungan antiradang dalam jahe membuatnya menjadi salah satu cara mengatasi batuk kering, rasa sakit, dan mual.

Anda dapat membuat rebusan air jahe dengan memasukkan potongan jahe seukuran jempol tangan atau sekitar 20-40 gram ke dalam empat cangkir air panas.

Namun, rebusan air jahe mungkin dapat mengakibatkan ketidaknyamanan pada perut atau sensasi panas di dada (heartburn).

Jika Anda tidak tahan dengan rasa kuat jahe, Anda dapat menambahkan madu atau air lemon sebelum meminum rebusan air jahe. Sedang buru-buru? Tidak perlu bingung, potongan jahe dapat langsung dikunyah.

Anda juga dapat mencoba campuran daun mint dengan jahe. Cara membuatnya cukup sederhana, yaitu dengan mencampurkan secangkir madu, empat cangkir air hangat, tiga sendok makan potongan jahe, dan satu sendok makan potongan daun mint.

Campuran tersebut cukup untuk beberapa hari dan dapat diminum dua sampai tiga kali sehari. Anda juga dapat meminumnya saat tenggorokan terasa gatal.

2. Air garam

Cara mengatasi batuk kering adalah dengan menggunakan air garam yang dapat menarik cairan dari tenggorokan yang bengkak dan menyusutkannya. Kumuran air garam dapat dibuat dengan mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat.

Saat berkumur dengan air garam, jangan telan air garam dan diamkan air garam di bagian belakang tenggorokan selama beberapa saat sebelum dikeluarkan dari mulut. Anda dapat berkumur setidaknya tiga kali sehari.

3. Bawang putih

Tidak hanya kandungan antiradang, bawang putih juga memiliki kandungan antivirus dan antibakteri yang dapat menjadi alternatif cara mengatasi batuk kering. Anda dapat membuat air rebusan bawang putih.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan beberapa siung bawang putih ke dalam segelas air dan kemudian direbus sampai mendidih. Setelah sembuh, konsumsi bawang putih setiap harinya dapat meningkatkan sistem imun Anda.

4. Madu

Madu murni sudah diketahui secara luas sebagai salah satu cara mengatasi batuk kering. Bahkan, penelitian pada tahun 2007 menemukan bahwa madu lebih efektif dalam menangani batuk di malam hari daripada obat batuk di apotek.

Anda dapat mencampurkan dua sendok teh madu ke dalam air hangat atau teh herbal yang dapat diminum sekali atau dua kali sehari. Akan tetapi, anak berusia di bawah satu tahun tidak boleh menggunakan madu sebagai cara mengatasi batuk kering.

5. Uap

Penggunaan uap tidak hanya dapat mengatasi batuk berdahak tetapi juga dapat menjadi cara mengatasi batuk kering.

Anda dapat membuat mangkok uap dengan memasukkan air panas ke dalam mangkuk yang besar dan menghirup uap dari air panas tersebut sambil menaruh handuk di atas kepala Anda selama lima menit.

Setelahnya minumlah air yang sejuk untuk mendinginkan badan dan mencegah dehidrasi. Hentikan menghirup uap dari air panas jika kulit mulai memanas, Anda dapat melanjutkannya saat kulit mulai terasa lebih sejuk.

6. Cairan

Konsumsi cairan sering diremehkan sebagai salah satu cara mengatasi batuk kering. Cairan yang hangat atau yang bersuhu ruangan dapat membantu mengurangi batuk. Air hangat, kuah bening, teh, dan kopi yang rendah kafein merupakan beberapa contohnya.

7. Kunyit

Serupa dengan jahe, kunyit mengandung antibakteri dan anti radang yang dapat dijadikan cara mengatasi batuk kering.

Anda dapat mencampurkan bubuk kunyit ke dalam empat cangkir air dan rebuslah sampai mendidih. Anda dapat menambahkan madu sebagai penambah cita rasa.

Sudah pernah mencoba cara-cara di atas? Semoga batuk kering Anda segera reda. Bila batuk kering tidak kunjung sembuh menggunakan cara mengatasi batuk kering di atas, segera berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Jama Network. https://jamanetwork.com/journals/jamapediatrics/fullarticle/571638
Diakses pada 14 Mei 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322394.php
Diakses pada 14 Mei 2019

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/how-to-get-rid-of-a-dry-cough-12-home-remedies-200667
Diakses pada 14 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed