Sering melewatkan sarapan menjadi salah satu faktor sulit mencapai berat badan ideal
Makan malam terlalu dekat dengan jam tidur dapat membuat berat badan susah turun.

 “Kenapa berat badan saya susah turun?” Sepenggal kalimat di atas mungkin merupakan pernah terlintas dalam pikiran Anda saat kesulitan mencapai berat badan ideal. Segala macam cara telah dilakukan, tapi  berat badan Anda tetap susah untuk diturunkan. Semua rekomendasi cara diet sehat dan cepat tanpa olahraga pun sudah Anda coba.

Penyebab Sulitnya Mencapai Berat Badan Ideal

Tenang saja, jangan mudah menyerah hanya karena merasakan susahnya diet. Anda harus tetap optimistis bahwa pasti ada jalan lain untuk menurunkan berat badan. Lalu, mengapa Anda masih susah menurunkan berat badan? Hal-hal berikut ini bisa menjadi penyebabnya.

1. Melewatkan Sarapan

Salah satu penyebab kenapa berat badan susah turun ialah karena Anda biasanya melewatkan jam sarapan alias makan pagi. Melewatkan sarapan akan membuat Anda lebih merasa lapar di pagi hari sehingga membuat Anda mengonsumsi makanan berlebih saat jam makan siang. Cobalah makan pagi satu jam setelah bangun tidur dengan menu sehat yang kaya akan serat.

2. Makan Malam Terlalu Dekat dengan Waktu Tidur

Ketika Anda memutuskan untuk makan malam mendekati waktu tidur, maka jangan heran jika berat badan susah turun. Makan malam mendekati waktu tidur dapat meningkatkan temperatur tubuh, gula darah, serta insulin yang menyebabkan lemak tidak mudah untuk terbakar. Usahakan mulai makan malam 3 jam sebelum waktu Anda tidur. Berhati-hatilah juga pada mengemil di malam hari karena dapat menambah kalori tubuh.

3. Stres

Stres menjadi salah satu dari alasan mengapa berat badan susah turun. Saat mengalami tekanan, tubuh Anda akan mengalami kenaikan kalori sehingga menyebabkan kalori dalam tubuh juga susah untuk dibakar. Sebaiknya Anda merefleksikan diri untuk menghilangkan stres sebelum melakukan diet.

4. Perbedaan Jenis Kelamin

Dalam melakukan diet atau menurunkan berat badan, perempuan dan laki-laki sangatlah memiliki perbedaan. Dalam penelitian yang pernah dilakukan, sangat mudah bagi pria untuk menurunkan kalori dalam tubuh ketimbang wanita.

5. Kurang Tidur

Seseorang yang mengalami kesulitan tidur sudah pasti mengalami kesusahan menurunkan berat badan. Metabolisme dalam tubuh akan bergerak lambat dan sulit membakar kalori dengan cepat. Usahakan bagi Anda untuk selalu tidur teratur saat menjalankan diet.

6. Faktor Genetik

Faktor lain yang menyebabkan berat badan susah turun lainnya adalah karena faktor dari genetik. Beberapa orang mampu menurunkan berat badannya dengan mudah, sementara beberapa lainnya sangat sulit. Semua itu tergantung bagaimana gen yang dimiliki dari kedua orangtua Anda. Jika Anda memiliki genetik yang terbukti susah menurunkan berat badan, maka Anda perlu bekerja lebih keras dibandingkan orang lain.

7. Masalah Kesehatan

Mengapa berat badan susah turun? Mungkin faktor penghambatnya adalah karena Anda memiliki masalah kesehatan, seperti:

  • Bulimia atau eating disorders
  • Penyakit jantung
  • Gangguan hormon
  • Gangguan tidur

Itulah ketujuh faktor berat badan susah turun yang patut diperhatikan. Saat menjalani diet untuk mencapai berat badan ideal, Anda sebaiknya tetap menjaga asupan gizi tetap seimbang. Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Selain itu, pilih lauk dengan protein tinggi. Jangan lupa, minum air secukupnya.

WebMD. https://www.webmd.com/diet/obesity/why-cant-i-lose-weight#1
Diakses pada Oktober 2018

Kementerian Kesehatan RI.
http://promkes.kemkes.go.id/wp-content/uploads/pdf/publikasi_materi_promosi/Informasi%20CERDIK/5.%20Diet%20Seimbang_425x28.5mm.pdf
Diakses pada 18 Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed