logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Berbagai Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

open-summary

Bibir kering dan pecah-pecah umum dialami oleh orang yang tengah berpuasa. Selain mengganggu penampilan, kondisi ini bisa menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Untungnya, ada berbagai cara mengatasi bibir kering saat puasa yang mudah dilakukan.


close-summary

4.2

(5)

18 Apr 2022

| Anita Djie

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Cara mengatasi bibir kering saat puasa dapat dilakukan dengan mudah

Bibir kering dan peceh-pecah dapat menimbulkan rasa tidak nyaman

Table of Content

  • Cara mengatasi bibir kering saat puasa
  • Catatan dari SehatQ

Masalah bibir kering saat puasa memang sangat menjengkelkan. Selain mengganggu penampilan, kondisi ini bisa menimbulkan rasa nyeri dan membuat Anda merasa tidak nyaman karena merasa risih ingin mengelupasnya. Lantas, bagaimana cara mengatasi bibir kering saat puasa yang tepat?

Advertisement

Cara mengatasi bibir kering saat puasa

Kurangnya asupan cairan tubuh hingga cuaca yang panas kerap menjadi penyebab bibir kering saat puasa.

Saat tubuh Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan air, hal ini bisa berdampak pada kesehatan kulit, termasuk permukaan kulit bibir. 

Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada berbagai cara mengatasi bibir kering saat puasa yang bisa dilakukan berikut ini.

1. Perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka puasa

bibir kering saat puasa
Selalu penuhi asupan air tubuh agar bibir tidak kering saat puasa

Salah satu cara mengatasi bibir kering saat puasa yang paling mudah adalah dengan banyak minum air putih. Asupan air putih yang cukup dapat mencegah dehidrasi selama puasa dan membantu merawat kesehatan kulit.

Saat bulan Ramadan, pastikan Anda tetap memenuhi asupan air putih, paling tidak 8 gelas per hari. Ini termasuk saat sahur dan waktu berbuka puasa tiba.

Anda bisa menggunakan rumus 2-4-2, yakni 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur di malam hari. 

2. Jangan menjilat bibir

Menjilat bibir bukan cara mengatasi bibir kering saat puasa yang tepat. Alih-alih melembapkan kulit, bibir bisa semakin kering karena air liur termasuk jenis cairan yang mudah kering dan menguap. 

Air liur mengering itulah yang dapat mengurangi kelembapan bibir dan menarik cairan dari permukaan bibir. Akibatnya, bibir bisa menjadi pecah-pecah. 

3. Oleskan pelembap bibir

Penggunaan pelembap bibir juga bisa menjadi cara mengatasi bibir kering saat puasa berikutnya. Namun, perlu diketahui bahwa tidak sembarang produk lip balm bisa melembapkan bibir.  Salah satu produk pelembap bibir yang bisa digunakan adalah petroleum jelly

Manfaat mengoleskan petroleum jelly secara rutin dapat melembapkan sekaligus membuat bibir kering dan pecah-pecah tampak lebih halus. Hal ini karena petroleum jelly bekerja dengan mengunci air pada bibir dengan lebih lama. 

Selain itu, menurut American Academy of Dermatology, Anda juga bisa menggunakan pelembap bibir yang mengandung lanolin, beeswax, dimethicone, minyak mineral, shea butter, petrolatum, hyaluronic acid, vitamin E, atau ceramide

penyebab bibir kering saat puasa
Gunakan pelembap bibir secara rutin selama puasa

Jika menggunakan produk lip balm di pasaran, pilih juga yang mengandung SPF minimal 30 serta mengandung zinc oxide dan titanium dioxide

Gunakan pelembap bibir sebelum beraktivitas di luar ruangan, termasuk sebelum menggunakan lipstik ataupun lip gloss, kemudian oleskan kembali tiap 2 jam sekali, 

Sementara itu, hindari produk pelembap bibir yang mengandung zat wewangian atau parfum, pewarna, mentol, kamper, fenol, atau asam salisilat

Sebab, berbagai kandungan zat ini dapat menyebabkan kulit bibir iritasi sehingga permukaan bibir menjadi lebih kering dari sebelumnya. Alhasil, kondisi bibir pecah-pecah dapat makin memburuk. 

4. Lakukan eksfoliasi bibir

Melakukan eksfoliasi bibir secara rutin juga menjadi cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa. Eksfoliasi dilakukan dengan mengelupas kulit yang pecah-pecah pada bibir sehingga kulit baru bisa tumbuh.

Proses pengelupasan bibir bisa dilakukan menggunakan scrub bibir alami. Berikut langkah-langkahnya.

  • Siapkan 1 sendok makan gula pasir atau garam dan 1 sendok makan madu atau minyak kelapa.
  • Masukkan seluruh bahan yang sudah disiapkan dalam sebuah mangkuk kecil. Aduk merata. 
  • Gunakan cotton bud untuk mengoleskan scrub bibir alami ke permukaan bibir secara perlahan dengan gerakan searah jarum jam. Diamkan beberapa saat. 
  • Bersihkan area bibir dengan kain waslap lembap. 

Perlu diingat kalau Anda tidak disarankan untuk mengelupas permukaan kulit bibir pecah-pecah karena berisiko berdarah, mengiritasi kulit, ataupun memperparah kondisinya. 

5. Gunakan bahan-bahan alami

cara mengatasi bibir kering saat puasa
Oleskan madu atau gel lidah buaya ke seluruh permukaan bibir

Beberapa bahan alami di rumah bisa digunakan sebagai cara agar bibir tidak kering saat puasa. Anda bisa menggunakan pelembap bibir alami ini secara rutin tiap malam hari sebelum tidur. 

Jika ingin memakainya di tengah-tengah menjalankan ibadah puasa, pastikan bahan-bahan alami di bawah ini tidak ikut tertelan, ya. Berikut bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi bibir kering. 

  • Madu. Tak hanya melembapkan, manfaat madu dapat mencegah infeksi bibir lebih lanjut berkat kandungan antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Cukup oleskan madu pada permukaan bibir secara rutin. 
  • Mentimun. Mentimun mengandung vitamin dan mineral yang dapat memperbaiki bibir kering dan pecah-pecah. Anda cukup mengoleskan timun pada permukaan bibir secara rutin.
  • Minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa untuk bibir bisa membuatnya tampak halus, mencegah infeksi, dan menenangkan bibir berkat kandungan antiradang dan antimikroba di dalamnya. 
  • Lidah buaya. Manfaat lidah buaya untuk bibir berasal dari kandungan vitamin, mineral, antioksidan, dan antiradang di dalamnya. Berbagai kandungan zat ini dapat menenangkan dan menghidrasi permukaan bibir yang rusak. 
  • Teh hijau. Teh hijau kaya akan antioksidan, mineral, serta polifenol yang mampu mengurangi peradangan kulit. Anda cukup merendam kantung teh hijau ke dalam secangkir air hangat. Jika teh hijau sudah dingin, oleskan airnya ke permukaan bibir secara merata. Langkah ini dipercaya dapat melembutkan bibir dan mengatasi bibir kering.
  • Minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa untuk bibir dapat membuatnya halus, mencegah infeksi, dan menenangkan bibir berkat kandungan antiradang dan antimikroba di dalamnya.

6. Pakai humidifier

Tidak hanya cuaca panas, udara sekitar yang kering rentan membuat bibir kering saat puasa. 

Nah, memakai humidifier atau pelembap udara ruangan juga bisa mengatasi bibir kering saat puasa. Manfaat humidifier dapat membantu meningkatkan kelembapan di udara agar kulit tetap terhidrasi.  

Anda dapat menggunakan pelembap udara ruangan saat sedang bekerja ataupun saat sebelum tidur agar kulit dapat menjadi lembap kembali.  

7. Hindari konsumsi makanan pedas dan asin

hindari makanan pedas agar bibir tidak kering saat puasa
Hindari makanan pedas agar bibir tidak kering saat puasa

Tahukah Anda kalau terlalu banyak konsumsi makanan asin dan pedas ternyata bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah?

Hal ini karena kandungan garam pada makanan asin dapat menarik kelembapan air dan mengiritasi kulit bibir sehingga jadi rentan kering, bahkan pecah-pecah. 

Sementara itu, makanan pedas dapat membuat tenggorokan terasa semakin kering saat puasa. Akibatnya, kamu jadi lebih cepat haus dan mudah dehidrasi.

8. Hindari minuman berkafein

Hindari minuman yang mengandung kafein, seperti teh dan kopi yang cenderung menyerap mineral dalam tubuh dan bersifat diuretik.

Minuman mengandung kafein dapat membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi sehingga berpengaruh terhadap kondisi kulit dan bibir saat berpuasa. 

9. Perbanyak konsumsi sayur dan buah mengandung air

bibir kering saat puasa
Apel merupakan salah satu jenis buah yang tinggi kandungan air

Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah mengandung air saat sahur dan berbuka puasa. Misalnya, semangka, melon, apel, tomat, mentimun, anggur, dan lainnya

Selain bergizi dan menyehatkan tubuh, kedua jenis makanan ini dapat menambah asupan cairan tubuh sehingga mencegah rasa haus saat berpuasa. 

Perbanyak pula konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian yang mengandung vitamin, mineral, dan asam lemak esensial agar bibir tampak lembut, sehat, dan elastis. 

Baca Juga

  • Segudang Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur, Apa Saja?
  • Awas Kalap, Hitung Dulu Kalori Hidangan Lebaran Anda
  • Bahaya Santan yang Dikonsumsi Berlebihan Serta Tips Aman Mengonsumsinya Saat Lebaran

Catatan dari SehatQ

Itulah berbagai cara agar bibir tidak kering saat puasa yang bisa Anda lakukan. Jika dilakukan dengan tepat, niscaya ibadah puasa Anda dapat berjalan lancar dan terhindar dari masalah ini. 

Apabila bibir kering dan pecah-pecah saat puasa tidak kunjung membaik setelah melakukan berbagai langkah di atas, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat. 

Pasalnya, dalam beberapa kasus, bibir kering dan pecah-pecah yang tak kunjung membaik bisa menjadi tanda kondisi penyakit serius yang perlu mendapatkan pengobatan segera. 

Anda juga bisa bertanya langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

tips puasadehidrasimulut keringramadan

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved