Dehidrasi dan cuaca panas dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah saat puasa.
Salah satu permasalahan yang sering terjadi di bulan Ramadan adalah bibir kering.

Cuaca yang panas dan dehidrasi dapat menimbulkan bibir kering saat puasa, tetapi minum air bukanlah pilihan yang dapat dilakukan. Apakah terdapat pilihan lain selain meminum air?

Tentu saja ada! Jangan biarkan bibir kering merusak puasa Anda. Terapkanlah tips-tips mengatasi bibir kering saat puasa di bawah ini!

[[artikel-terkait]]

Tips mengatasi bibir kering saat puasa

Jangan biarkan bibir kering saat puasa menghambat jalannya puasa, Anda tidak perlu kesulitan mengusap-ngusap bibir kering saat puasa dengan menerapkan tips-tips di bawah ini:

1. Jangan menjilat bibir

Menjilat bibir tidak akan mengatasi masalah bibir kering saat puasa. Alih-alih, bibir Anda akan bertambah kering. Air liur yang mengering pada bibir akan mengurangi kelembapan bibir Anda. Saat menguap, air liur akan menarik cairan di permukaan bibir. 

sinar matahari

2. Hindari sinar matahari

Paparan sinar ultraviolet dari matahari dapat mengakibatkan bibir menjadi kering dan mengelupas . Oleh karenanya, gunakanlah pelembap bibir yang mengandung tabir surya sebesar SPF 15 untuk mengurangi efek dari sinar matahari. 

3. Pilihlah pelembap bibir yang tepat

Pelembap bibir selalu menjadi solusi andalan jika bibir kering saat puasa. Namun, tahukah Anda kalau bahan-bahan tertentu yang terkandung dalam pelembap bibir dapat membuat bibir menjadi lebih kering?

Beberapa kandungan, seperti kamper, mentol, dan fenol dapat mengeringkan bibir Anda. Meskipun mentol dan kandungan mint mungkin menimbulkan sensasi dingin, tetapi kandungan tersebut dapat membuat bibir jadi lebih kering dari sebelumnya.

Pelembap yang memiliki rasa dan aroma juga dapat menimbulkan bibir kering saat puasa. Carilah kandungan dalam pelembap bibir yang dapat menenangkan dan melembapkan bibir, seperti lanolin, ceramide, petroleum, dan beeswax.

Oleskan pelembap bibir sebanyak enam sampai delapan kali sehari, karenanya Anda dapat menaruh pelembap bibir di mobil, tas, ataupun meja kerja Anda. Sebelum Anda menggunakan lipstik ataupun lip gloss gunakanlah pelembab bibir terlebih dahulu.  

4. Gunakan pelembab ruangan (humidifier)

Tidak hanya cuaca panas, udara sekitar yang kering dapat membuat bibir kering saat puasa. Pelembap ruangan dapat membantu untuk menambah cairan di udara agar kulit tetap terhidrasi.  

Anda dapat menggunakan pelembap ruangan saat sedang bekerja ataupun saat sebelum tidur agar kulit dapat menjadi lembap kembali.  

minum air putih

5. Atur asupan cairan Anda

Anda memang tidak dapat minum air saat puasa untuk mengatasi dehidrasi, tetapi Anda dapat mengatur asupan cairan Anda sebelum dan sesudah puasa. Minumlah delapan sampai 12 cangkir air setelah berbuka puasa dan sebelum sahur.

Selain mengatur asupan cairan tubuh, Anda juga perlu menjaga asupan garam, gula, dan bumbu-bumbu dapur yang digunakan saat sahur dan berbuka puasa. Garam, gula, dan bumbu-bumbu dapur yang berlebih dapat menimbulkan dehidrasi.  

6. Manfaatkan lip scrub

Selain pelembab bibir, benda lain yang dibutuhkan untuk mengatasi bibir kering adalah lip scrub. Lip scrub dapat mengelupaskan lapisan kulit kering pada permukaan bibir yang menghambat efek dari kandungan pada pelembab bibir.

Gunakan lip scrub sebelum Anda memakai lip balm beberapa kali seminggu sesuai kondisi bibir Anda. Carilah lip scrub yang mengandung gula atau soda kue.

Paling penting adalah mencari kandungan lip scrub yang dapat melembutkan dan melembapkan kulit. Saat memakai lip scrub, hilangkan lapisan kulit kering secara perlahan.  

Praktekkan tips di atas, yuk! Semoga bibir kering tak menjadi hambatan bagi Anda dalam menjalankan ibadah puasa.

Penyebab bibir kering saat puasa

Bibir secara umum memang lebih mudah untuk mengering daripada bagian kulit lainnya. Hal ini karena bibir tidak memiliki kelenjar minyak. Kurangnya cairan dan perawatan diri dapat memperparah bibir kering saat puasa. 

Cuaca dengan tingkat kelembaban yang rendah serta paparan sinar matahari juga merupakan faktor lain yang mampu memicu bibir kering saat puasa. Bila Anda sering menjilat bibir, hentikanlah kebiasaan tersebut karena menjilat bibir karena haus saat puasa malah akan membuat bibir kering saat puasa.

Semua orang bisa mengalami bibir kering saat puasa, terutama jika dari awal orang tersebut sudah memiliki kulit yang cenderung kering. Bila Anda sedang mengonsumsi medikasi atau suplemen tertentu, seperti retinoid, litium, obat kemoterapi, dan vitamin A, maka Anda akan lebih rentan mengalami bibir kering saat puasa.

Konsultasikan ke dokter

Bila bibir kering saat puasa terus mengganggu dan tidak kunjung hilang, Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Hamad Medical Corporation. https://www.hamad.qa/EN/your%20health/Ramadan%20Health/Health%20Information/Pages/Dehydration.aspx
Diakses pada 08 Mei 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/chapped-lips
Diakses pada 08 Mei 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324281.php
Diakses pada 08 Mei 2019

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/why-your-lips-are-chapped#1
Diakses pada 08 Mei 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed