6 Penyebab Tulang Rusuk Sakit yang Harus Anda Waspadai

Berbagai kondisi dapat menyebabkan tulang rusuk sakit
Cedera menjadi penyebab paling umum tulang rusuk sakit

Tulang rusuk adalah bagian tubuh yang penting bagi manusia karena berfungsi melindungi berbagai organ di sekitar dada. Namun, jika tulang rusuk sakit, masalah ini dapat membuat Anda merasa tidak nyaman.

Terkadang, rasa sakit yang ada pada rusuk juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebelum mencari tahu seputar cara mengatasinya, ada baiknya kita kenali terlebih dahulu penyebab tulang rusuk sakit.

Penyebab tulang rusuk sakit

Tulang rusuk berjumlah 24 buah, dengan masing-masing sisi tubuh memiliki 12 pasang tulang. Tulang ini berfungsi melindungi jantung, paru-paru, dan hati dari berbagai benturan dari luar. Ketika salah satu komponen tulang rusuk atau organ di sekitarnya bermasalah, maka dapat menyebabkan sakit pada tulang rusuk.

Sebagian kasus tulang rusuk sakit bukan termasuk kondisi yang serius. Kondisi tersebut biasanya akan hilang dengan perawatan sederhana. Akan tetapi, sebagian lainnya berpotensi menandakan masalah yang serius sehingga harus ditangani secara medis. Berikut beberapa penyebab tulang rusuk sakit::

  • Cedera

Cedera pada dada akibat jatuh, kecelakaan, atau olahraga adalah penyebab paling umum dari tulang rusuk sakit. Cedera dada bisa berbentuk ringan ataupun berat. Pada kasus yang berat, cedera ini dapat menyebabkan tulang rusuk retak, patah, atau memar. 

  • Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah kondisi kronis yang menyebabkan rasa sakit di seluruh tubuh, termasuk di tulang rusuk. Penyakit ini memengaruhi 2-4 persen manusia di dunia. Rasa sakit yang dirasakan biasanya seperti berdenyut, menusuk, atau terbakar.

  • Kostokondritis

Kostokondritis atau sindrom tietze juga merupakan salah satu penyebab umum dari tulang rusuk sakit. Kondisi ini terjadi ketika adanya peradangan pada tulang rawan yang melekat pada sternum (tulang dada) bersama dengan tulang rusuk atas.

Nyeri tulang rusuk yang Anda rasakan karena kostokondritis bisa terasa ringan hingga berat. Dalam kondisi ini, tulang rusuk akan terasa seperti ditekan dan nyeri saat disentuh. Bahkan pada kasus yang parah, rasa sakit dapat menjalar ke anggota tubuh lain yang bisa mengganggu aktivitas.

  • Emboli paru

Emboli paru terjadi ketika arteri yang membawa darah menuju paru-paru mengalami penyumbatan. Bukan hanya sakit tulang rusuk, emboli paru juga bisa menyebabkan batuk darah, sesak napas, gelisah, keringat berlebih, detak jantung, tak teratur, dan lainnya. Ini adalah kondisi serius yang dapat merusak paru dan organ tubuh lain.

  • Pleuritis

Pleuritis adalah peradangan yang memengaruhi selaput tipis pleura. Lapisan ini menjaga paru-paru agar tidak bergesekan dengan dinding rongga dada ketika bernapas. 

Dalam keadaan normal, pada selaput pleura terdapat cairan yang dapat membantu mengurangi gesekan. Namun, saat mengalami peradangan, cairan ini menjadi lengket dan menyebabkan keduanya bergesekan sehingga menimbulkan rasa sakit di tulang rusuk.

  • Kanker paru-paru

Kanker paru-paru adalah penyebab utama kematian pada pria dan wanita. Salah satu gejala kanker paru-paru, yaitu sakit tulang rusuk yang semakin memburuk ketika bernapas dalam-dalam, batuk, atau tertawa. 

Tak hanya itu, terdapat pula gejala lain, seperti mengi, sesak napas, dan batuk berdahak atau berdarah. Kanker paru yang berasal dari area tubuh lain juga dapat menyebabkan sakit pada tulang rusuk atau dada.

Karena dapat disebabkan oleh berbagai hal, gejala tulang rusuk sakit bisa bervariasi. Anda dapat merasakan sakit yang tajam atau samar, datang tiba-tiba atau perlahan, dan berselang atau terus menerus. Bahkan juga bisa menimbulkan kondisi, seperti memar, sesak napas, dan lebih terasa sakit saat bernapas atau bergerak.

Mengatasi tulang rusuk sakit

Tulang rusuk sakit akan diatasi berdasarkan pada penyebabnya. Jika hanya disebabkan oleh cedera ringan, Anda dapat menggunakan kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan. Akan tetapi, jika rasa sakitnya tergolong parah, Anda dapat mengonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen.

Sebaiknya, segera hubungi dokter jika Anda merasakan tulang rusuk sakit yang tak kunjung hilang atau disertai gejala lain. Carilah bantuan medis darurat bila sakit pada tulang rusuk disertai dengan dada yang terasa ditekan dan tidak nyaman karena kondisi tersebut bisa menandakan serangan jantung. Dokter akan menentukan penanganan yang tepat untuk menangani kondisi Anda.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318115.php#when-to-see-a-doctor
Diakses pada 06 Desember 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/rib-cage-pain#seeing-a-doctor
Diakses pada 06 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed