Hempaskan Nyeri dengan Pilihan Obat Sakit Kepala Alami Ini

Obat sakit kepala alami dapat beragam, termasuk air putih, kopi, hingga minyak aromaterapi
Sakit kepala dapat terjadi karena stres pekerjaan, sehingga melakukan pijatan dapat dilakukan

Sakit kepala memang sering mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga penting untuk diatasi. Untungnya, ada beberapa pilihan obat sakit kepala alami untuk hempaskan nyeri di kepala Anda. Obat alami ini pun tak sulit dicari dan bisa segera Anda dapatkan di rumah.

Pilihan obat sakit kepala alami untuk entaskan nyeri

Berikut ini beberapa obat sakit kepala alami saat nyeri di kepala mulai terasa mengganggu:

1. Jahe

Jahe mengandung beragam molekul antioksidan dan senyawa antiradang. Studi menunjukkan, bubuk jahe dapat efektif untuk mengurangi nyeri migrain. Temuan lain yang mencengangkan adalah efektivitas bubuk jahe yang sama dengan obat sumatriptan.

Anda bisa memasukkan potongan jahe ke dalam air hangat untuk diminum saat sakit kepala menyerang.

2. Es batu

Es batu dapat menyempitkan pembuluh darah dan menghambat transmisi nyeri akibat migarin. Saat sakit kepala ini mulai terasa, Anda bisa segera mengambil es batu dan balut dengan handuk kecil. Ice pack tersebut bisa langsung ditempelkan di area kening selama 15 menit.

Tak hanya es batu, Anda juga bisa mandi dengan air dingin. Benda yang dingin dapat membantu meredakan nyeri akibat migrain.

3. Air putih

Kekurangan cairan tubuh adalah satu penyebab sakit kepala. Faktanya, studi juga menyimpulkan bahwa dehidrasi kronis merupakan penyebab umum dari migrain dan sakit kepala tegang. Studi juga menunjukkan, konsumsi air putih dapat meredakan gejala sakit kepala pada orang yang kekurangan cairan tubuh.

Jadi, saat Anda merasa sakit kepala karena tubuh yang dehidrasi, segelas air putih dapat menjadi obat sakit kepala alami yang mudah dicari.

4. Minyak aromaterapi

Minyak atsiri atau minyak esensial dapat menjadi obat sakit kepala alami. Bukan diminum, melainkan dioleskan.
Menurut ahli, minyak lavender dapat meringankan nyeri migrain saat dioleskan di atas bibir agar dapat terhirup oleh hidung. Begitu pula dengan minyak peppermint, yang disimpulkan ampuh untuk meredakan nyeri sakit kepala tegang.

5. Kopi dan teh

Kafein dalam kopi dan teh dapat membantu memperbaiki mood, membantu diri terjaga, dan menyempitkan pembuluh darah. Manfaat kafein tersebut berefek positif untuk meredakan nyeri sakit kepala.

Manfaat kafein lainnya yaitu membantu efektivitas obat sakit kepala medis, seperti ibuprofen dan asetaminofen. Dengan demikian, Anda bisa mencoba menyesap secangkir teh atau kopi saat munculnya gejala sakit kepala.

Walau bermanfaat, pastikan Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsi kafein.

6. Kompres air hangat

Apabila Anda merasakan nyeri akibat sakit kepala tegang, kompres air hangat bisa ditempelkan di leher atau bagian belakang kepala. Apabila sakit kepala yang dirasakan terjadi karena sinus, Anda bisa menempelkan kompres tersebut ke area yang sakit.

Mandi air hangat juga dapat membantu meredakan sakit kepala.

Cara mengatasi sakit kepala dengan alami

Selain obat sakit kepala alami di atas, Anda pun bisa menerapkan cara-cara di bawah ini saat sakit kepala mulai terasa. Beberapa cara tersebut, yaitu:

1. Tidur yang cukup

Kurang tidur atau malah tidur berlebihan dapat menjadi penyebab sakit kepala. Untuk itu, mendapatkan porsi tidur yang cukup dapat menjadi cara mengatasi sakit kepala dan mencegahnya. Durasi tidur yang cukup bagi orang dewasa yaitu 7-9 jam.

2. Ikuti kelas yoga

Yoga dapat mengurangi stres dan meredakan nyeri. Jika Anda sering merasa sakit kepala sehingga sering mengonsumsi obat, mengikuti kelas yoga tentu tak ada salahnya. Studi menemukan bahwa mempraktikkan yoga selama 3 bulan dapat menurunkan frekuensi sakit kepala dan keparahannya.

3. Perhatikan intoleransi tubuh terhadap makanan tertentu

Beberapa orang mengalami sakit kepala karena makanan tertentu. Apabila sakit kepala Anda muncul setelah makan, boleh jadi ada jenis makanan yang tidak bisa ditoleransi oleh tubuh.

Untuk migrain, beberapa makanan yang umum memicu sakit kepala ini yaitu keju, alkohol, cokelat, buah-buah sitrus, dan kopi.

4. Lakukan pijatan pada leher

Sakit kepala dapat ditimbulkan oleh stres. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan pijatan pada bagian leher dan pelipis.

5. Berolahraga teratur

Selain yoga, Anda juga mengatasi sakit kepala yang kerap muncul dengan berolahraga teratur. Cara paling mudah untuk menggerakan badan adalah dengan menambah alokasi waktu untuk berjalan kaki.

Hindari ini saat sakit kepala dan migrain

Selain obat sakit kepala alami dan cara mengatasinya, Anda pun harus menghindari hal-hal berikut ini saat sakit kepala menyerang. Beberapa di antaranya adalah:

  • Aroma yang terlalu kuat, seperti parfum dan produk pembersih
  • Makanan dengan kadar histamin yang tinggi, seperti makanan fermentasi, bir, wine, ikan yang diasap, dan daging yang diasinkan
  • Alkohol

Catatan dari SehatQ

Sakit kepala umum diderita dan mungkin terjadi di waktu yang tak disangka. Selain mengonsumsi obat dokter dan obat bebas, obat sakit kepala alami di atas bisa Anda coba. Obat natural di atas pun tentunya tak sulit Anda cari di rak dapur dan rumah.

Walau begitu, tentunya obat sakit kepala di atas tidak menggantikan pengobatan dokter, terlebih jika sakit kepala Anda tak kunjung hilang dalam beberapa hari. Semoga bermanfaat!

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/headache-remedies
Diakses pada 12 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323992.php
Diakses pada 12 Desember 2019

Web MD. https://www.webmd.com/migraines-headaches/5-ways-to-get-rid-of-headache
Diakses pada 12 Desember 2019

Artikel Terkait