6 Mitos Cara Memanjangkan Bulu Mata yang Bisa Membahayakan Mata

Satu-satunya cara terbukti untuk panjangkan bulu mata ialah dengan obat.
Bulu mata telah menjadi simbol kecantikan wanita sejak dulu kala.

Sejak zaman dahulu kala, bulu mata telah dianggap sebagai simbol kecantikan wanita. Tidak heran, banyak kaum hawa yang melakukan banyak cara demi menebalkan dan memanjangkan bulu mata. Sebab, bulu mata dipandang sebagai acuan kecantikan, dan seringkali memiliki efek psikologis positif pada wanita.

Namun, saking inginnya memiliki bulu mata yang tebal dan panjang, banyak mitos cara memanjangkan bulu mata yang terlalu mudah dipercaya. Padahal, mitos-mitos tersebut jika dilakukan, bisa membahayakan mata.

Berikut ini adalah enam mitos cara memanjangkan bulu mata yang bisa membahayakan kesehatan.

Jangan percaya apapun yang ada, termasuk di dunia maya

Ketika Anda ingin mencari cara memanjangkan bulu mata, dunia maya adalah tempat yang dituju. Namun ini bisa jadi masalah, karena tidak segala informasi yang ditemui di sana teruji kebenarannya.

Beberapa mitos cara memanjangkan bulu mata yang bisa membahayakan mata yang sering ditemukan di antaranya adalah dengan:

  • Petroleum jelly (petroleum)

    Mitos ini mengharuskan wanita mengolesi bulu matanya dengan petroleum jelly selama 3 kali dalam seminggu.

    Masing-masing dilakukan sebelum tidur. Ketika pagi datang, Anda dianjurkan membasuh muka. Tidak ada penjelasan ilmiah yang bisa menguatkan mitos ini.
  • Teh hijau

    Mitos ini menjadikan bola kapas sebagai media untuk mengolesi air teh hijau (tanpa gula) ke bulu mata setiap harinya.
  • Minyak zaitun tanpa atau dengan lemon

    Oleskan minyak zaitun tanpa atau dengan lemon ke bulu mata setiap malam dan basuh keesokan paginya.
  • Minyak jarak (castor oil)

    Minyak jarak adalah minyak nabati yang diperoleh dari ekstrak biji tanaman jarak. Banyak mitos yang mengatakan, mengoleskan minyak jarak pada bulu mata setiap malam, dapat memanjangkan dan menebalkan bulu mata.
  • Lidah buaya

    Oleskan sedikit gel lidah buaya pada bulu mata setiap malam dan bersihkan ketika bangun di pagi hari.
  • Pijat kelopak mata

    Memijat kelopak mata dengan lembut disebut bisa memanjangkan bulu mata. Padahal, ini hanya mitos belaka.

Perlu diingat, cara memanjangkan dan menebalkan bulu mata di atas belum dibuktikan secara ilmiah dan bisa saja membahayakan mata Anda. Ada baiknya, keenam mitos di atas tidak diikuti, dan kunjungi dokter agar tahu resep terbaik dalam memanjangkan bulu mata.

Cara memanjangkan bulu mata yang sudah terbukti

Satu-satunya cara yang terbukti mampu memanjangkan bulu mata ialah menggunakan obat, tentunya dengan hati-hati.

Bimatoprost ialah satu-satunya obat yang mendapatkan persetujuan dari Food and Drug Administration (FDA). Obat ini bisa memanjangkan sekaligus menebalkan bulu mata.

Awalnya, bimatoprost dikembangkan untuk mengobati kondisi glaukoma. Kemudian, para peneliti melihat ada efek samping pada penggunanya, yakni bulu mata memanjang dan menebal.

Jika Anda datang ke dokter, biasanya akan diberikan resep bimatoprost. Jika sudah mendapatkannya, oleskan ke garis bulu mata pada kelopak mata atas (bukan kelopak mata bawah). Jika digunakan setiap hari, bulu mata akan memanjang dan menebal.

Jika Anda sudah menggunakan obat tersebut dan terbukti bulu mata memanjang serta menebal, ada baiknya dirutinkan. Sebab, hasil bulu mata yang sudah memanjang dan menebal itu bisa kembali ke kondisi awalnya, jika bimatoprost tak lagi digunakan secara rutin.

Mendapat persetujuan peneliti

Para peneliti menegaskan, Latisse aman dan efektif. Beberapa orang mungkin akan merasakan efek samping yang sangat minim.

Beberapa efek samping itu adalah:

  • Mata yang gatal dan mata merah berwarna merah
  • Mata kering
  • Kelopak mata menghitam
  • Pigmen cokelat menggelap di bagian iris
  • Pertumbuhan rambut pada wajah di sekitar mata, jika obat tidak dioleskan di tempat yang seharusnya

Harus selalu diingat, penggunaan obat pemanjang bulu mata harus sangat hati-hati. Jangan sampai mengenai mata. Sebab, mata sangat rapuh. Jadi, jika ada zat asing yang masuk ke dalamnya, bisa saja penglihatan rusak. Bahkan pada kasus terberatnya, kebutaan bisa terjadi.

Manjakan bulu mata

Agar bulu mata Anda tetap sehat ketika sudah panjang dan tebal, ada baiknya untuk melakukan perawatan. Dengan begitu, bulu mata tidak akan cepat rusak atau rontok. Selain itu, bulu mata bisa terlihat lebih panjang dan tebal, dengan langkah-langkah perawatan ini.

  • Menyikat bulu mata dengan teratur
  • Cuci muka dan mata Anda dengan sabun lembut setiap hari
  • Bersihkan makeup setiap hari

Catatan dari SehatQ:

Cara memanjangkan dan menebalkan bulu mata memang banyak. Namun, yang terbukti sudah mendapatkan persetujuan dari FDA ialah bimatoprost. Ada baiknya, jangan mengambil risiko dengan melakukan cara-cara, yang bisa merusak mata Anda. Untuk lebih yakin lagi, konsultasikan dengan dokter, untuk mendapatkan resep dan cara yang lebih aman dalam mempercantik bulu mata.

US National Library of Medicine National Institutes of Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3036812/

Diakses pada 27 September 2019

 

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-longer-eyelashes#grooming

Diakses pada 27 September 2019

 

Artikel Terkait

Banner Telemed