6 Manfaat Gelatin yang Menakjubkan untuk Kesehatan

Manfaat gelatin tak hanya untuk kecantikan, tapi juga menyehatkan pencernaan
Gelatin sering digunakan dalam pembuatan jeli

Bagi Anda yang suka membuat puding, pasti sudah tak asing lagi dengan gelatin. Tak cuma puding, gelatin juga banyak digunakan sebagai bahan sup, es krim, permen, dan makanan lainnya. Bahkan gelatin telah dimanfaatkan untuk produk kosmetik dan obat-obatan.

Di balik itu, gelatin ternyata menyimpan khasiat kesehatan yang menakjubkan. Mari kenali lebih dalam mengenai manfaat gelatin bagi tubuh. 

Apa itu gelatin?

Gelatin adalah protein yang dibuat dengan mengolah tulang hewan, tulang rawan, dan kulit untuk mengekstrak kolagen. Kolagen kemudian akan diproses menjadi zat tanpa rasa dan tanpa warna yang disebut gelatin. 

Gelatin larut dalam air hangat, dan menghasilkan tekstur seperti jeli ketika tersentuh air dingin. Ini membuatnya sempurna sebagai bahan baku jeli dan permen gummy

Namun tidak semua gelatin memiliki tekstur yang sama. Gelatin terkadang diproses lebih intensif untuk menghasilkan zat bernama collagen hydrolysate. Zat ini larut dalam air dingin dan tidak bisa membentuk jeli serta dapat dijadikan sebagai suplemen.

Kandungan nutrisi dalam gelatin

Sebelum mengetahui manfaat gelatin, ada baiknya Anda melihat kandungan nutrisi di dalamnya. Berikut penjelasannya:

  • Protein

Gelatin kaya akan protein. Hanya saja, protein di dalamnya kurang lengkap karena tidak mengandung semua asam amino esensial. Tapi ini bukan masalah besar karena jarang sekali orang menjadikan gelatin sebagai sumber protein utama. 

  • Asam amino

Asam amino yang dominan dalam gelatin adalah glycine. Meski tubuh Anda dapat memproduksi zat ini, tapi jumlahnya biasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Karena itu, tetap penting bagi Anda untuk memperoleh glycine dari asupan makanan sehari-hari. 

Tak hanya glycine, gelatin juga memiliki asam amino lain yang meliputi proline, valine, hydroxyproline, dan glutamic acid.

  • Kandungan lainnya

Sementara kandungan gelatin di luar asam amino adalah air dan sejumlah kecil vitamin (seperti folat) maupun mineral (seperti sodium, kalsium, dan fosfor).

Sederet manfaat gelatin untuk kesehatan

Mengonsumsi gelatin secara rutin akan memberikan keuntungan yang patut Anda perhitungkan. Berikut beberapa manfaat gelatin bagi kesehatan tubuh Anda: 

  •  Mengurangi tanda penuaan pada kulit

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan semakin menurun. Padahal, senyawa ini berperan besar dalam membuat kulit tampak awet muda.

Jika kadar kolagen menurun, kulit pun akan menjadi kurang kencang sehingga makin menonjolkan kerutan. 

Gelatin yang merupakan ekstrak kolagen bisa menjadi cara alami untuk meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh. Dengan ini, kulit Anda bisa tampak lebih segar dan kenyal. 

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Pencernaan yang sehat bisa didapat dengan mengonsumsi gelatin. Glutamic acid di dalamnya mampu meningkatkan produksi cairan lambung, yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. 

Selain itu, glutamic acid dapat mencegah terjadinya kebocoran usus. Kebocoran usus adalah kondisi ketika dinding usus melemah, sehingga bakteri mudah masuk ke dalam aliran darah dan memicu masalah kesehatan.

  • Meningkatkan fungsi otak

Glycine dari gelatin dapat membantu dalam menjaga fungsi otak Anda. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi asam amino ini dapat meningkatkan performa memori secara signifikan. Tak hanya itu, kemampuan untuk memusatkan perhatian atau konsentrasi juga dikatakan bisa membaik.  

  • Menurunkan berat badan

Manfaat gelatin juga berkaitan dengan penurunan berat badan. Seperti yang telah disebutkan di atas, gelatin tinggi protein, sementara konsumsi protein dapat membuat Anda lebih cepat kenyang. Atas dasar inilah, beberapa peneliti menduga bahwa gelatin bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih luas mengenai potensi menurunkan berat badan pada gelatin. Pasalnya, suatu riset menemukan bahwa mengonsumsi susu gelatin tidak memberikan efek penurunan berat badan yang signifikan dibandingkan susu tanpa gelatin. 

  • Menguatkan tulang

Gelatin mengandung lysine, yakni asam amino yang dapat memaksimalkan penyerapan kalsium. Hal ini akan membantu tulang Anda tetap kuat dan mencegah osteoporosis.

Sayangnya, beberapa studi yang dilakukan masih menunjukkan hasil yang kontradiktif. Satu penelitian tidak menemukan khasiat kepadatan tulang yang signifikan. Sedangkan studi lain pada tikus menunjukkan bahwa konsumsi gelatin berdampak baik untuk kepadatan tulang.

  • Membuat tidur lebih nyenyak

Manfaat gelatin selanjutnya adalah membantu dalam memperbaiki kualitas tidur Anda. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa konsumsi 3 gram glycine sebelum tidur dapat membuat pesertanya lebih mudah tidur dan tidak lelah pada keesokan harinya.  

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi gelatin

Tidak semua produk yang mengandung gelatin itu sehat. Karenanya, perhatikan label informasi nilai gizi yang tertera pada kemasan produk sebelum membelinya.

Jika ternyata tinggi lemak dan gula maupun garam, produk tersebut tentu saja tidak baik untuk kesehatan. Karenanya, produk-produk ini harus dihindari. 

Selain itu, kualitas gelatin juga ditentukan oleh kesehatan hewan tersebut, metode pengolahan, serta bahan-bahan lainnya yang ada dalam produk. 

Gelatin juga tidak cocok untuk vegetarian atau vegan karena berasal dari hewan. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan agar-agar yang terbuat dari rumput laut.

Manfaat gelatin tak lepas dari tingginya zat protein di dalamnya. Sejumlah penelitian telah mengaitkan konsumsi bahan makanan ini dengan kesehatan kulit, peningkatan fungsi otak, hingga penurunan berat badan. Walau demikian, masih perlu riset lebih banyak dan lebih luas untuk menguatkan bukti-bukti khasiat tersebut.

Bagi Anda yang berniat mengonsumsi suplemen gelatin, harap konsultasikan dengan dokter terlebih dulu. Karena selalu ada kemungkinan bahwa suplemen bisa berinteraksi dengan obat-obatan atau tidak cocok untuk individu tertentu.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/gelatin-benefits
Diakses pada 21 Januari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319124.php
Diakses pada 21 Januari 2020

Artikel Terkait