Memilih camilan sehat untuk Ibu hamil yang bergizi
Tidak semua jenis camilan berbahaya bagi ibu hamil

Banyak ibu hamil menghindari camilan selama masa kehamilan. Alasannya, terlalu banyak mengonsumsi camilan dianggap dapat meningkatkan berat badan ibu dan janin. Kondisi ini dikhawatirkan akan mempersulit proses persalinan. Sebenarnya, anggapan ini tak sepenuhnya benar, asal cermat dalam memilih jenis camilan. Berikut daftar camilan sehat ibu hamil yang aman untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

1. Apel, Selai Kacang, dan Biskuit

Kandungan protein, serat, dan lemak sehat pada camilan ini akan membuat Anda tetap kenyang untuk waktu yang lama. Oleskan 1 atau 2 sdm selai kacang pada irisan apel atau biskuit gandum utuh. Pilihlah selai kacang biasa, yang tak mengandung minyak terhidrogenasi. Anda juga dapat mencoba berbagai varian selai kacang (misalnya almond atau mete). Selain apel, pir, dan pisang juga bisa menjadi alternatif pilihan.

2. Yogurt dengan Kacang dan Buah

Kalsium sangat penting untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Kebutuhan kalsium dapat Anda temukan dari olahan susu atau yogurt. Greek yogurt adalah pilihan terbaik karena selain tinggi kalsium juga mengandung lebih banyak protein. Tambahkan 1 hingga 2 sendok makan kacang-kacangan untuk memperkaya kandungan protein dan seratnya. Tambahkan buah sebagai topping, seperti buah beri, persik, atau kismis.

3. Cokelat dan Buah

Faktanya, cokelat dapat menurunkan risiko preeklampsia, yakni kondisi yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan kerusakan organ pada beberapa wanita hamil. camilan sehat ibu hamil ini cocok dimakan langsung bersama buah atau pilih olahan buah berlapis cokelat. Puding cokelat yang terbuat dari susu rendah lemak juga akan meningkatkan asupan kalsium harian Anda. Selain itu, yogurt cokelat juga memiliki bakteri baik yang sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan.

4. Trail Mix

Trail mix cocok untuk Anda yang menggemari camilan manis. Olahan kacang tanpa garam, buah kering bebas gula, dan cokelat gelap bisa jadi alternatif yang tepat. Kacang dan buah kering mengandung serat yang dapat mencegah konstipasi. Cokelat hitam sangat sehat bagi jantung, mengandung lebih sedikit gula, lebih banyak serat, zat besi, dan mineral lainnya. Anda dapat membuat trail mix sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan tersebut.

5. Roti Lapis Tuna

Wanita hamil diperbolehkan untuk mengonsumsi dua hingga tiga porsi ikan per minggu. Ikan tuna adalah pilihan terbaik karena kaya akan protein, lebih rendah merkuri, dan merupakan sumber asam lemak omega-3 serta DHA yang membantu perkembangan otak bayi. Lengkapi kandungan serat dan lemak sehat dengan menggunakan alpukat sebagai selai roti gandum. Roti lapis tuna ini merupakan camilan sehat ibu hamil dengan kandungan gizi cukup kompleks.

6. Smoothie

Smoothie termasuk camilan rendah kalori. Anda dapat membuat sendiri smoothie menggunakan yogurt atau susu sebagai bahan dasar, kemudian tambahkan pisang atau buah beri untuk memperkaya rasa. Tak hanya buah, Anda juga bisa membuat smoothie menggunakan bayam atau seledri. Sayuran ini banyak mengandung vitamin dan serat ekstra. Tambahkan satu sendok selai kacang sebagai protein tambahan. Bagi yang tak terlalu menyukai makanan manis, Anda bisa tambahkan bubuk kakao.

WebMD. https://www.webmd.com/baby/ss/slideshow-pregnancy-snacks 

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5482394/ https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3704911/

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2901253/

Diakses pada September 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed