Ragam Cemilan Ibu Hamil yang Sehat dan Lezat, Bisa dari Makanan Olahan


Inilah daftar camilan sehat ibu hamil yang perlu Anda catat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian selama kehamilan.

(0)
02 May 2019|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cemilan ibu hamil yang lezat bernutrisi salah satunya adalah buah dan yogurtcemilan ibu hamil bisa dibuat dari sayur dan buah
Banyak ibu hamil menghindari camilan selama masa kehamilan. Alasannya, terlalu banyak mengonsumsi camilan dianggap dapat meningkatkan berat badan dan dikhawatirkan akan mempersulit proses persalinan. Padahal, ada banyak bahan makanan yang bisa dijadikan sebagai cemilan ibu hamil yang sehat.Lantas apa saja makanan yang bisa dijadikan menu cemilan sehat untuk ibu hamil? Berikut daftar selengkapnya. 

Cemilan ibu hamil yang lezat dan bergizi

Bukan hanya buah-buahan, sayuran hingga kacang-kacangan juga bisa menjadi cemilan ibu hamil yang lezat bergizi dan mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan janin.Berikut adalah daftar cemilan yang baik untuk ibu hamil yang bisa dicoba:

1. Apel, selai kacang, dan biskuit

Kandungan protein, serat, dan lemak sehat pada camilan ini akan membuat Anda tetap kenyang untuk waktu yang lama.Oleskan 1 atau 2 sdm selai kacang pada irisan apel atau biskuit gandum utuh. Pilihlah selai kacang biasa, yang tak mengandung minyak terhidrogenasi.Anda juga dapat mencoba berbagai varian selai kacang (misalnya almond atau mete). Selain apel, pir, dan pisang juga bisa menjadi alternatif pilihan.

2. Yogurt dengan kacang dan buah

Kalsium sangat penting untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Kebutuhan kalsium dapat Anda temukan dari olahan susu atau yogurt.Greek yogurt adalah pilihan terbaik, karena selain tinggi kalsium, cemilan ibu hamil yang satu ini juga mengandung lebih banyak protein.Tambahkan 1 hingga 2 sendok makan kacang-kacangan untuk memperkaya kandungan protein, serat dan asam folatnya. Tambahkan buah sebagai topping, seperti buah beri, persik, atau kismis.

3. Cokelat dan buah

Dikutip dari penelitian dalam NCBI, faktanya, cokelat dapat menurunkan risiko preeklampsia, yakni kondisi yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan kerusakan organ pada beberapa wanita hamil.Cemilan ibu hamil ini cocok dimakan langsung bersama buah segar atau pilih olahan buah berlapis cokelat. Puding cokelat yang terbuat dari susu rendah lemak juga akan meningkatkan asupan kalsium harian Anda.Selain itu, yogurt cokelat juga memiliki bakteri baik yang sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan.Baca juga: Bisa jadi Camilan Sehat, Ini Manfaat Coklat Bagi Ibu Hamil

4. Trail mix

Trail mix cocok untuk Anda yang menggemari camilan manis. Olahan kacang tanpa garam, buah kering bebas gula, dan dark chocolate bisa jadi alternatif yang tepat.Kacang dan buah kering mengandung serat yang dapat mencegah konstipasi. Cokelat hitam sangat sehat bagi jantung, mengandung lebih sedikit gula, lebih banyak serat, zat besi, dan mineral lainnya. Anda dapat membuat trail mix sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan tersebut.

5. Roti lapis tuna

Wanita hamil diperbolehkan untuk mengonsumsi dua hingga tiga porsi ikan per minggu. Ikan tuna adalah pilihan terbaik karena kaya akan protein, lebih rendah merkuri, dan merupakan sumber asam lemak omega-3 serta DHA yang membantu perkembangan otak bayi.Lengkapi kandungan serat dan lemak sehat dengan menggunakan alpukat sebagai selai roti gandum. Roti lapis tuna ini merupakan camilan sehat ibu hamil dengan kandungan gizi cukup kompleks.

6. Smoothie

Smoothie termasuk camilan rendah kalori terbaik untuk ibu hamil. Anda dapat membuat sendiri smoothie menggunakan yogurt atau susu sebagai bahan dasar, kemudian tambahkan pisang atau buah beri untuk memperkaya rasa.Tak hanya buah, Anda juga bisa membuat smoothie menggunakan bayam atau seledri. Sayuran ini banyak mengandung vitamin dan serat ekstra.Tambahkan satu sendok selai kacang sebagai protein tambahan. Bagi yang tak terlalu menyukai makanan manis, Anda bisa tambahkan bubuk kakao.

7. Popcorn dengan kacang

Camilan ini merupakan makanan sehat untuk ibu hamil. Sebab, popcorn kaya akan serat pangan yang menghindarkan Anda dari sembelit. Namun Anda harus ingat, hindari tambahan mentega dan garam. Untuk menghadirkan rasa manis, Anda dapat menambahkan olesan selai kacang tanpa garam, atau kacang berlapis cokelat.Baca juga: Lengkapi Nutrisi untuk Ibu Hamil dengan Mengonsumsi Makanan Sehat

Camilan bergizi untuk ibu hamil dari olahan makanan

Ibu hamil juga bisa mengonsumsi olahan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan sebagai camian sehat sehari-hari.Meski makanan olahan kerap dianggap tak sehat, namun beberapa di antaranya memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang bermanfaat bagi ibu dan janin terutama di trimester pertama kehamilan.Berikut rekomendasi camilan yang sehat untuk ibu hamil dari makanan olahan:

1. Kacang kalengan dan selai kacang

Meski makanan kalengan dianggap tak sehat, namun olahan makanan berupa kacang kalengan dan selai kacang bisa menjadi yang dikecualikan. Bahan makanan ini juga mudah didapat. Untuk membelinya, Anda bisa pergi ke supermarket atau pasar.Kacang kalengan mengandung sedikit lemak jenuh dan kalori namun masih cukup banyak mengandung serat. Kandungan yang terdapat pada kacang kalengan dan selai kacang ini adalah salah satunya dapat bantu untuk menurunkan risiko gangguan jantung dan diabetes.Dikutip dari Harvard Health Publishing, kacang sendiri diketahui memiliki kandungan lemak sehat seperti omega-3 yang tinggi. Pilihlah kacang kalengan yang mengandung lebih sedikit garam (natrium) atau cuci dahulu kacang yang hendak dikonsumsi untuk mengurangi kandungan garam yang dikonsumsi.

2. Buah dan sayuran beku

Buah dan sayuran beku bisa jadi salah satu olahan makanan sehat yang bisa dipilih. Umumnya buah dan sayuran beku akan lebih murah dan bermanfaat untuk kesehatan karena dikemas saat mereka berada di puncak kesegarannya.Berbagai makanan beku juga lebih sehat karena tak memerlukan zat aditif tambahan sepeti garam atau gula untuk pengawetan. Hal ini memungkinkan nutrisi sayur dan buahnya tetap terjaga.

3. Olahan pasta berbahan gandum

Olahan pasta berbahan gandum yang banyak dijual di pasaran ternyata bisa menjadi pilihan olahan makanan sehat yang memiliki banyak manfaat. Makanan olahan tersebut banyak mengandung protein, vitamin A dan vitamin B yang bermanfaat bagi kesehatan.

4. Salmon kaleng

Salmon kalengan bisa jadi salah satu cemilan ibu hamil di supermarket yang bisa dicoba. Salmon yang dikemas dalam makanan kaleng memiliki kandungan yang hampir sama dengan salmon segar.Terlebih salmon kalengan tersebut mengandung lebih banyak kalsium dari tulang ikan yang turut bisa dikonsumsi. Pilihlah makanan kalengan yang dikemas dalam air karena memiliki lebih banyak kandungan protein dan omega-3 daripada makanan kalengan yang dikemas dalam minyak.[[artikel-terkait]]Jika Anda ingin berkonsultasi langsung pada dokter seputar cemilan ibu hamil apa yang sehat dan direkomendasikan, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
makanan sehatmenjaga kehamilan
WebMD. https://www.webmd.com/baby/ss/slideshow-pregnancy-snacks NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5482394/ https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3704911/NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2901253/Diakses pada September 2018
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait