6 Cara Meninggikan Badan Secara Alami untuk Tinggi Badan Ideal

Cara meninggikan badan secara alami ini, mungkin hanya efektif bagi mereka yang masih puber.
Salah satu cara meninggikan badan secara alami adalah rajin berolahraga.

Cara meninggikan badan secara alami, mungkin sangat menggiurkan, bagi mereka yang ingin tinggi, tanpa mengonsumsi obat-obatan peninggi badan.

Perlu dicatat, cara meninggikan badan secara alami ini, belum tentu efektif, bagi individu yang sudah melewati masa pubernya.

Cara meninggikan badan secara alami, apakah efektif?

Bagi kalian yang masih berada dalam masa puber, tenang saja. Tinggi badan Anda, berpotensi masih bisa meningkat, dengan beberapa cara meninggikan badan secara alami ini.

1. Mengonsumsi makanan sehat

Saat masa pertumbuhan, mengonsumsi makanan sehat bernutrisi, sangatlah penting untuk tumbuh kembang. Beberapa asupan sehat di bawah ini, harus Anda masukkan ke dalam menu sehari-hari:

  • Buah segar
  • Sayur segar
  • Protein
  • Produk susu
  • Gandum

Perbanyaklah makanan yang mengandung vitamin D, seperti ikan tuna, kuning telur, hingga susu. Sebab, vitamin D sangat baik untuk kesehatan tulang. Kalsium juga berperan penting dalam menguatkan tulang dan gigi. Makanan seperti ikan sarden, salmon, atau brokoli mengandung kalsium yang baik untuk tulang.

Hindarilah makanan yang mengandung terlalu banyak gula, lemak trans, dan lemak jenuh.

2. Jalani pola tidur yang sehat

Ya, pola tidur yang sehat, dapat membantu anak-anak muda, untuk meninggikan badannya. Sebab, tidur akan membuat tubuh memproduksi hormon pertumbuhan manusia atau human growth hormone (HGH), sehingga tinggi tubuh, bisa mengalami peningkatan.

Satu dua kali kurang tidur pada masa pertumbuhan tidak akan berpengaruh, tetapi jika dilakukan dalam jangka panjang atau sering begadang, maka tubuh akan kekurangan hormon tersebut.

3. Rajin berolahraga

Pose yoga
Aktif berolahraga, sangatlah penting untuk kesehatan

Cara meninggikan badan secara alami yang satu ini, tak boleh dilewatkan oleh anak-anak muda. Sebab, berolahraga secara teratur, bisa memperkuat otot, tulang, menjaga berat badan, dan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan manusia.

Anak-anak di usia sekolah, setidaknya disarankan untuk berolahraga, selama 1 jam, setiap harinya. Gerakan olahraga seperti push up atau sit up, yoga, hingga lompat tali, harus menjadi “makanan” sehari-hari.

4. Melatih postur tubuh yang baik

Postur tubuh yang buruk, akan membuat Anda terlihat lebih pendek. Apalagi, jika tubuh Anda bungkuk.
Menjaga postur saat berdiri, duduk, dan tidur, adalah kunci untuk menjaga postur tubuh yang baik. Anda juga bisa melakukan banyak olahraga, untuk membuat postur tubuh lebih tegap, dan tidak bungkuk.

5. Melakukan yoga

Yoga
Pose yoga mountain

Yoga adalah salah satu aktivitas fisik, yang dipercaya bisa menjadi cara meninggikan badan secara alami. Olahraga yang berpengaruh pada setiap bagian tubuh ini, bisa memperkuat otot, menyelaraskan dan memperbaiki postur tubuh.

Anda bisa melakukannya di rumah, gym, dengan bantuan video-video di Internet, ataupun pelatih pribadi.
Beberapa gerakan yoga, yang dipercaya bisa meninggikan badan dan memperbaiki postur tubuh, adalah:

  • Mountain pose
  • Cobra pose
  • Child’s pose
  • Warrior II pose

Selain menyehatkan badan dan membakar lemak, siapa sangka, yoga ternyata bisa menjadi cara meninggikan badan secara alami.

6. Berhati-hati dalam memilih suplemen

Banyak suplemen atau obat, yang mengklaim bisa membantu Anda, meninggikan badan. Nyatanya, suplemen ini, tidak selamanya efektif.

Misalnya, jika Anda mengalami penurunan hormon pertumbuhan manusia atau HGH. Untuk kondisi ini, dokter akan merekomendasikan suplemen yang mengandung HGH sintetis.

Sementara itu, orang dewasa yang ingin menjaga postur dan tinggi badannya, bisa mengonsumsi suplemen penurun risiko osteoporosis.

Namun, Anda disarankan untuk menghindari suplemen, yang mengklaim bisa meninggikan badan. Sebab, saat dewasa, tulang rawan lempeng epifisis Anda sudah menutup, maka tinggi badan tidak bisa “diganggu gugat” lagi.

Faktor penentu tinggi badan

Setelah memahami cara meninggikan badan secara alami, ada baiknya Anda mengetahui beberapa faktor yang menentukan tinggi badan seseorang, di bawah ini:

  • Genetik
  • Jenis kelamin
  • Kondisi medis tertentu
  • Asupan nutrisi
  • Aktivitas olahraga

Secara umum, faktor genetiklah yang memegang peranan penting, atas tinggi badan seseorang. Penjelasan lebih mudahnya, jika orangtua memiliki badan yang tinggi, maka Anda juga berpotensi tumbuh tinggi.

Jenis kelamin juga berperan, dalam tinggi badan seseorang. Sebab, pria cenderung memiliki badan yang lebih tinggi, daripada wanita. Walau begitu, tetap ada wanita yang tingginya bisa melebihi pria.

Beberapa kondisi medis, yang juga bisa memengaruhi tinggi badan seseorang, adalah:

  • Gigantisme
  • Dwarfisme
  • Radang sendi
  • Penyakit celiac yang tidak diobati
  • Kanker
  • Kondisi apapun yang membutuhkan penggunaan steroid dalam waktu lama
  • Down syndrome
  • Turner syndrome
  • Marfan syndrome

Selain itu, jika Anda sudah melewati masa pubertas, biasanya cara meninggikan badan secara alami ini, tidak akan efektif. Mengapa demikian?

Sebab, tulang panjang yang ada di dekat area tulang rawan lempeng epifisis Anda, sudah menutup. Jikalau Anda masih dalam masa puber, maka lempeng epifisis ini, masih aktif dan terbuka. Sehingga, tulang panjang masih bisa memanjang.

Catatan dari SehatQ

Ingatlah, jika Anda masih berada di masa pubertas, masih belum terlambat untuk memiliki tinggi badan yang ideal. Mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, hingga pola tidur yang sehat, menjadi kunci dari cara meninggikan badan secara alami.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/increasing-height#section2
Diakses pada 17 Januari 2020

Medical News Today.
https://www.medicalnewstoday.com/articles/319504.php#what-determines-height
Diakses pada 17 Januari 2020

Artikel Terkait

Banner Telemed