Jangan Sampai Dibohongi, Ini 6 Cara Mengetahui Ciri Madu Asli

Perlu diingat, walau dijadikan sebagai alternatif gula, madu tidak boleh dikonsumsi terlalu sering.
Selain bisa dijadikan alternatif gula, madu ternyata antikanker yang baik.

Ada banyak produk madu yang dijual di pasaran. Namun, Anda harus jeli di dalam memilih produk madu. Sebab, tidak sedikit produk madu yang mengaku menggunakan bahan alami, nyatanya mengandung zat tidak murni. Maka dari itu, memahami ciri madu asli adalah kuncinya.

Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan madu terbaik. Agar tidak tertipu saat membeli, ada baiknya Anda pahami 5 cara untuk mengetahui ciri madu asli berikut ini.

Bagaimana cara mengetahui ciri madu asli?

Mengonsumsi gula secara berlebih dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit, misalnya obesitas, diabetes, sampai gigi berlubang.

Bagi Anda yang suka makanan manis, mungkin ini saat yang tepat untuk mengganti gula dengan madu, yang lebih sehat dan memiliki banyak manfaat.

Untuk mendapatkan madu terbaik, cara-cara berikut ini bisa Anda lakukan untuk mengetahui keasliannya.

1. Ciri madu asli – tes ibu jari

Letakkan sedikit madu di ibu jari. Apakah madunya menetes atau menyebar ke permukaan lainnya? Jika hal ini terjadi, madu yang Anda beli kemungkinan tidak murni.

Ciri-ciri madu asli ialah teksturnya yang kental serta tidak berair. Selain itu, madu asli memiliki tekstur lengket, ketika menyentuh apapun akan menempel dan tidak menetes.

2. Ciri madu asli – tes air

Dengan sendok teh, ambil madu dan tuangkan ke dalam gelas berisi air. Madu palsu akan larut dalam air. Jika bercampur ke dalam air, madu asli akan menjadi gumpalan dan mengendap di bagian bawah gelas.

3. Ciri madu asli – tes kain putih dan kertas blotting

Coba tuangkan satu sendok madu ke atas kain putih atau kertas blotting. Madu palsu cenderung akan menembus kain atau kertas hingga meninggalkan noda.

Sementara itu, madu asli tidak menembus kain atau kertas. Noda pun tidak tertinggal.

4. Ciri madu asli – tes bakar

Ciri madu asli lainnya yakni mudah terbakar. Walau demikian, jangan lakukan tes ini tanpa persiapan.
Ambil korek api batang dan celupkan ke dalam madu. Jika ketika dinyalakan, batang korek api terbakar, maka madu yang menempel pada batangnya itu asli. Jika tidak, bisa jadi madu tersebut sudah dipalsukan dan mengandung zat tambahan yang tidak murni.

5. Ciri madu asli – tes sari cuka

Campurkan sedikit madu, air dan 2-3 tetes sari cuka. Jika berbusa, kemungkinan besar madu Anda palsu.

6. Ciri madu asli – tes panas

Jika Anda memanaskan madu murni, maka teksturnya akan berubah menjadi karamel dan tidak berbusa. Akan tetapi, jika madu palsu dipanaskan, teksturnya tidak berubah, hanya memanas layaknya air.

Sebenarnya, Anda bisa melihat perbedaan madu asli dan palsu hanya dengan mata telanjang saja. Seperti tekstur yang padat namun tetap lembut, juga aroma yang manis.

Manfaat madu untuk kesehatan tubuh

Sejak zaman dahulu kala, madu tidak hanya dikonsumsi sebagai makanan, tapi juga obat yang mampu menyehatkan tubuh. Madu memiliki rasa manis alami yang cocok dijadikan sebagai pengganti gula. Tidak heran, banyak orang yang menggunakan madu sebagai pemanis makanan yang menyehatkan.

Setelah mengetahui ciri madu asli, pahami beberapa manfaat madu murni yang sudah terbukti ini.

  • Antibakteri

    Tidak ada keraguan bahwa madu memiliki kekuatan untuk membunuh bakteri dalam tubuh. Beberapa studi membuktikan, madu terbukti efektif membasmi E. coli hingga salmonella. Jenis madu spesifik bernama Madu Manuka dari Selandia Baru dan Madu Tualang dari Malaysia, terbukti bisa menghilangkan bakteri staphylococcus dan bakteri pada pencernaan H. pylori, yang suka membuat lambung sakit.
  • Menenangkan tenggorokan

    Studi yang melibatkan 139 anak menunjukkan, madu bisa menghilangkan batuk di malam hari dan meningkatkan kualitas tidur. Perlu diingat, anak-anak di bawah usia 1 tahun dilarang mengonsumsi madu, karena sistem pencernaan mereka yang belum bisa berkembang sempurna.
  • Meningkatkan performa olahraga

    Madu terbukti lebih ampuh meningkatkan tenaga daripada gula saat sedang berolahraga.
  • Menurunkan tekanan darah

    Madu bisa menurunkan risiko penyakit jantung karena mengandung banyak antioksidan, untuk mengurangi tekanan darah.
  • Menyembuhkan luka bakar

    Sejak zaman Mesir kuno, madu sudah digunakan untuk mengobati luka bakar. Pengobatan ini juga sudah terus dikenal hingga sekarang.
  • Mencegah kanker

    Madu bersifat sebagai agen antikanker Sebab, madu mengandung antioksidan yang bisa melawan peradangan oksidatif yang mendasari banyak penyakit kanker.

Dengan begitu banyak manfaatnya, tak heran jika Anda kemudian ingin membeli madu dan mengonsumsinya. Namun, jangan sampai Anda mendapatkan madu palsu. Dengan melakukan tes-tes di atas, Anda bisa mengenali ciri madu asli, dan mendapatkan yang terbaik, untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Baca juga: Madu dan Janji Manisnya untuk Kesehatan Anda

Catatan dari SehatQ:

Walau memiliki banyak manfaat untuk tubuh, madu juga mengandung kalori tinggi. Maka dari itu, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi madu secara berlebihan.

Selain itu, Anda lebih baik mengonsumsi madu yang sudah terbukti kemurniannya. Hindarilah madu dengan bermacam tambahan, termasuk gula maupun pemanis buatan lainnya.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324854.php 

Diakses pada 30 September 2019

 

Food NDTV. https://food.ndtv.com/food-drinks/how-to-check-if-your-honey-is-pure-or-adulterated-1690779

Diakses pada 30 September 2019

 

CNN. https://edition.cnn.com/2018/01/15/health/honey-health-benefits/index.html

Diakses pada 30 September 2019

 

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-honey#section10

Diakses pada 30 September 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed