6 Arti Warna Ungu Secara Psikologis dan Budaya


Secara psikologi, warna bisa memberikan dampak cukup signifikan terhadap perilaku dan juga mood seseorang. Menarik untuk mengulik efek warna ungu lebih jauh karena arti warna ungu juga memberi kesan misterius, spiritual, hingga imajinatif.

0,0
02 Aug 2021|Azelia Trifiana
Warna ungu memiliki kesan mewahWarna ungu memiliki kesan mewah
Jika warna merah memiliki panjang gelombang tertinggi sekitar 700 nanometer, ungu berada di posisi sebaliknya. Panjang gelombangnya hanya sekitar 380 nanometer sehingga mata bisa memprosesnya tanpa perlu adaptasi. Menariknya, arti warna ungu juga memberi kesan misterius, spiritual, hingga imajinatif. Secara psikologi, warna bisa memberikan dampak cukup signifikan terhadap perilaku dan juga mood seseorang. Menarik untuk mengulik efek warna ungu lebih jauh karena cukup jarang warna ini muncul secara alami di sekitar, tidak seperti warna hijau.

Arti warna ungu

Ada banyak faktor yang membentuk persepsi seseorang akan sebuah warna. Pengalaman di masa lalu hingga budaya juga turut berperan dalam hal ini. Lalu, apa saja arti warna ungu dari sisi psikologi?

1. Kemewahan

Ungu adalah warna yang identik dengan kemewahan atau dunia kerajaan. Dulu, bangsa Fenisia menemukan semacam cat dengan warna ungu dari cangkang siput laut. Hanya bangsawan yang mampu membeli dan menggunakannya karena selain langka, harganya pun luar biasa mahalMengingat warna ungu jarang tercipta dengan mudah dari benda-benda alami di sekitar, maka perlu biaya dan usaha keras demi memilikinya.Itulah mengapa, warna ungu dikaitkan dengan kehidupan aristokrat dan bangsawan hingga kini. Selain itu, arti warna ungu juga sebagai simbol kekayaan.

2. Kebijaksanaan

Warna ungu juga melambangkan kebijaksanaan serta aspek spiritual. Lagi-lagi, ini berkaitan dengan langkanya sumber warna ungu yang ada di alam bebas. Alhasil, banyak yang menghubungkannya sebagai hal yang sukar ditebak dan misterius.Menariknya, berbeda warna ungu maka makna spiritualnya pun akan berlainan pula. Sebagai contoh, ungu muda berarti energi yang romantis. Sementara efek warna ungu yang gelap justru melambangkan kesedihan dan rasa frustrasi.

3. Keberanian

Di Amerika Serikat, ada penghargaan tertinggi yang diberikan untuk tentara militer. Namanya adalah Purple Heart. Penghargaan ini dulunya disebut Badge of Military Merit. George Washington membuatnya pada tahun 1782.Sejak saat itu, Purple Heart diberikan kepada tentara militer atas tindakan terpujinya. Warna ini melambangkan keberanian dan keteguhan hati.

4. Unik dan eksotis

Kelangkaannya dibandingkan dengan warna lain membuat warna ungu dianggap unik sekaligus eksotis. Ini pula yang membuat tidak semua orang bisa menerimanya. Ada polarisasi, dari mereka yang sangat suka ungu dan di sisi lain ada yang sama sekali tidak menyukainya.Secara visual, sebenarnya ungu adalah warna yang paling sulit dibedakan. Selain itu, gelombang elektromagnetiknya juga termasuk yang paling kuat, di atas x-ray dan gamma ray.Alasan itu pula yang membuat ungu kerap dijadikan ilusi Pac-Man atau lilac chaser illusion. Dalam ilusi ini, awalnya orang akan melihat titik bulat berbentuk melingkar. Setelah observasi lebih lama, bulatan ini akan menghilang dan hanya terlihat lempengan berwarna hijau bergerak dalam lingkaran.

5. Kreativitas

Dalam persepsi psikologis lainnya, ungu juga efek memancing kreativitas. Mulai dari memancing munculnya ide baru hingga motivasi dalam menjalankannya. Di saat yang sama, efek warna ungu pun memberikan sensasi menenangkan.

6. Duka

Beberapa negara di Eropa menghubungkan warna ungu dengan kedukaan atau kematian. Contohnya adalah negara-negara di Amerika Latin dan Amerika Selatan, seperti Brazil.Sementara di Thailand, budayanya juga menghubungkan warna ungu dengan momen berduka. Ungu berarti kesedihan. Biasanya, istri yang kehilangan suaminya akan mengenakan pakaian berwarna ungu ketika berduka. Para tamu akan mengenakan pakaian berwarna hitam.Jadi, tidak heran apabila ada bunga atau elemen dekorasi berwarna ungu pada acara pemakaman keluarga yang lebih tua. Sebab, ini juga merupakan bentuk penghormatan atas martabat orang yang meninggal dunia.

Catatan dari SehatQ

Meskipun warna ungu secara budaya dikaitkan dengan dunia kerajaan yang mewah hingga simbol kematian di beberapa negara, ini bukan hal mutlak. Tetap ada kemungkinan pergeseran persepsi simbol warna ungu dengan momen yang mengikutinya.Selain itu, warna ungu juga kerap dikaitkan dengan kebijaksanaan hingga keberanian. Mengingat warna ini tidak mudah ditemui secara alami di lingkungan sekitar seperti halnya warna hijau atau cokelat, ini juga membuatnya dianggap sebagai warna yang unik.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang pengaruh warna secara psikologi, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
gangguan mentalkesehatan mentalpola hidup sehat
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/the-color-psychology-of-purple-2795820#citation-6
Diakses pada 19 Juli 2021
Color Psychology. https://www.colorpsychology.org/purple/
Diakses pada 19 Juli 2021
London Image Institute. https://londonimageinstitute.com/why-is-it-important-to-understand-color-psychology/
Diakses pada 19 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait