logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

7 Alasan untuk Tidak Menurunkan Berat Badan Terlalu Cepat

open-summary

Bukannya membantu mencapai body goals, menurunkan berat badan terlalu cepat akibat diet yang salah justru membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda. Simak penjelasan lengkapnya pada artikel ini.


close-summary

4.43

(7)

12 Nov 2019

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

akibat diet yang salah

Ternyata, menurunkan akibat diet yang salah bisa menimbulkan efek pada tubuh.

Table of Content

  • Akibat diet yang salah dan menurunkan badan terlalu cepat
  • Cara menjalankan diet yang benar dan berhasil

Memiliki berat badan ideal, adalah hal yang diinginkan banyak orang. Untuk mencapainya, ada beberapa diet yang bisa dilakukan.

Advertisement

Ini perlu diperhatikan agar kebutuhan makanan dan aktivitas tetap terjaga keseimbangannya. Sebab, menurunkan berat badan terlalu cepat, sangat berbahaya bagi tubuh.

Diet ekstrem untuk menurunkan badan terlalu cepat, sangat tidak dianjurkan bagi siapapun. Akibat diet yang salah, banyak kerugian dan dampak buruk pada kesehatan Anda.

Bukannya sehat, justru penyakit yang datang. Jika tidak ingin hal ini terjadi, mari pahami apa saja akibat serta efek samping diet berlebihan.

Akibat diet yang salah dan menurunkan badan terlalu cepat

Seorang ahli gizi bernama Emmie Satrazemis, menyebutkan bahwa orang yang menurunkan berat badan terlalu cepat, akan sulit mempertahankan berat badannya.

Sebuah penelitian membuktikan, setelah menurunkan berat badan terlalu cepat, seseorang cenderung mengalami kenaikan berat badan.

Tak hanya itu saja, kemungkinan Ini merupakan “gerbang” dari banyaknya efek samping ketika Anda melakukan cara diet yang salah.

1. Kehilangan nutrisi penting

Banyak sekali metode diet cepat, yang tidak memperbolehkan mengonsumsi beberapa jenis makanan sekaligus. Padahal, ini bisa membuat Anda kehilangan beberapa nutrisi, vitamin dan zat mineral penting yang sangat dibutuhkan tubuh.

Contohnya, jika melakukan diet produk susu, bisa kekurangan kalsium. Sementara itu, diet karbohidrat, bisa membuat Anda kekurangan serat.

Perlu diingat, bahkan dalam diet kalori rendah saja, Anda perlu mendapatkan nutrisi seperti vitamin D, vitamin B-12, folat dan zat besi. Berikut adalah beberapa dampak yang ditimbulkan dari cara diet yang tidak sehat, seperti:

  • Kurang energi.
  • Rambut rontok.
  • Rasa letih luar biasa.
  • Sistem kekebalan tubuh terganggu.
  • Tulang melemah.

Dalam kasus yang sangat ekstrem, akibat lainnya dari melakukan diet yang salah serta berat badan turun terlalu cepat adalah terjadinya malnutrisi.

2. Terbentuknya batu empedu

Salah satu akibat paling umum saat seseorang menurunkan berat badan terlalu cepat, adalah terbentuknya batu empedu. Hal ini bisa terjadi, jika menurunkan berat badan sampai 1,3 kg per minggu.

Batu empedu merupakan kerikil padat, yang terbuat dari kolesterol dan terbentuk di kantong empedu. Efek samping diet berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan garam empedu dan kolesterol, yang menyebabkan terbentuknya batu empedu.

3. Merusak organ hati

Dampak serta akibat lainnya dari cara diet yang tidak sehat dan salah adalah kerusakan organ hati.

Kemungkinan, penyebabnya adalah perubahan jumlah lemak dalam darah Anda yang terlalu drastis. Apalagi kalau perubahan berat badannya, mencapai 1,8 kg per minggu.

4. Melambatnya metabolisme

Tubuh yang tidak terbiasa mendapatkan asupan kalori rendah, akan merasa kaget. Biasanya, penurunan berat badan yang sangat cepat, datang dari pengurangan kalori secara ekstrem.

Tentu saja, hal ini bisa berdampak buruk. Tubuh akan melihat hal ini sebagai tanda bahwa Anda tidak bisa mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak.

Alhasil, tubuh akan masuk dalam “mode kelaparan”. Berita buruknya, ketika mode ini sudah muncul, metabolisme akan melambat, karena tubuh perlu menyimpan energi.

Untuk itu, jangan memotong lebih dari 500 kalori per hari dari asupan harian. Walaupun penurunan berat badan tidak instan, tetapi lebih menjaga kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga

  • 8 Kesalahan Diet Vegan yang Harus Anda Hindari
  • Dianggap Memikat, Rupanya Ini Penyebab Terbentuknya Dagu Belah
  • Cara Menaikkan Peranakan yang Turun Baik Medis Maupun Tidak

5. Memengaruhi kesehatan mental

Akibat diet ekstrem serta cara yang salah lainnya adalah mengganggu psikologis.

Jika seseorang tidak melakukan penyesuaian diri dengan bentuk badan yang baru, bisa memicu terjadinya dismorfia tubuh, anireksia, bulimia, atau gangguan makan lainnya.

6. Kehilangan massa otot

Saat diet, tentu saja Anda ingin menghilangkan lemak di dalam tubuh. Namun, ketika menurunkan berat badan terlalu cepat, diet yang salah ini bisa mengakibatkan hilangnya massa otot.

Hal ini bisa terjadi karena selain lemak berkurang, tubuh kekurangan kalori. Otomatis, tubuh akan memecah otot menjadi energi dan bahan bakar untuk Anda.

7. Efek yoyo

Diet yang salah dan berlebihan juga bisa mengakibatkan efek yoyo. Ini adalah dampak yang ditimbulkan saat Anda sering mengganti cara diet dan pola makan.

Sebagai contoh, Anda sudah berhasil menurunkan berat badan, lalu kembali pada kebiasaan lama dengan tidak menjaga pola makan. Setelah itu, siklus diet ekstrem pun Anda lakukan lagi.

Anda perlu berhati-hati karena bisa mengakibatkan gangguan kesehatan dan fungsi tubuh.

Cara menjalankan diet yang benar dan berhasil

Anda perlu melakukan jenis dan cara diet yang tepat untuk menurunkan berat badan.

Walaupun metode diet yang Anda pilih dapat menurunkan berat badan dengan cepat, tetapi perhatikan kesehatan dalam jangka panjang.

Mengutip dari Healthline, penurunan berat badan yang sehat dan berkelanjutan meliputi berbagai macam faktor, seperti:

  • Memilih makanan yang sehat dan tepat.
  • Waktu tidur yang cukup.
  • Melakukan aktivitas fisik secara rutin.
  • Mengurangi tingkat stres.
  • Fokus pada kesehatan mental.

Berikut adalah beberapa cara diet sehat yang benar dan kemungkinan besar berhasil, seperti:

1. Mengurangi asupan karbohidrat

Diet karbohidrat bukan berarti Anda sama sekali tidak mengonsumsinya. Daripada mengakibatkan diet yang salah, coba untuk mengurangi asupan gula, tepung, atau karbohidrat.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah makan rendah karbohidrat, mengurangi karbohidrat olahan, atau menggantinya dengan biji-bijian.

2. Menambah asupan protein dan lemak sehat

Saat menurunkan berat badan, ketahui asupan protein yang Anda butuhkan untuk membantu menjaga kesehatan dan massa otot. Protein berfungsi menjaga sistem metabolisme serta nafsu makan. Lalu, tambahkan pula sayuran hijau dan lemak sehat agar nutrisi tetap tercukupi.

3.Rutin berolahraga

Cara diet yang sehat tidak hanya memperhatikan pola makan beserta nutrisinya. Agar penurunan berat badan lebih stabil dan cepat, jangan lupa untuk melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga.

Selain angkat beban, Anda juga bisa melakukan jenis olahraga lainnya seperti berjalan cepat, jogging, berlari, bersepeda, berenang, dan olahraga kardio lainnya.

Ingin mengetahui lebih banyak mengenai akibat diet yang berlebihan dan salah? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

tips dietmakanan diethidup sehatdiet sehat

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved