Memilih tempat duduk yang strategis dapat dijadikan tips membawa bayi saat nonton bioskop
Saat mengajak anak untuk nonton bioskop, datanglah 20 menit lebih awal.

Setelah menjadi orangtua, banyak kegiatan yang tak lagi mudah dilakukan, salah satunya menonton bioskop. Di satu sisi, Anda mungkin merasa tidak tega untuk meninggalkan Si Kecil dan pergi menonton bioskop. Namun di sisi lain, Anda juga tidak ingin tertinggal menonton film terbaru.

Banyak orangtua yang akhirnya memilih untuk tidak menonton film di bioskop karena khawatir bayi akan rewel di dalam. Padahal sebenarnya, Anda tidak perlu sepenuhnya menghindari nonton bioskop ketika sudah punya bayi.

Bedanya, Anda tidak lagi bisa dengan spontan menonton bioskop tanpa persiapan apapun. Saat membawa bayi nonton bioskop, ada beberapa langkah yang perlu Anda persiapkan sebelumnya.

Tips Membawa Bayi Nonton Bioskop untuk Orangtua

Membawa bayi nonton bioskop membutuhkan beberapa persiapan, mulai dari sebelum hingga saat menonton. Berikut ini tips bagi Anda, para orangtua, yang ingin membawa bayi saat menonton bioskop.

1. Lindungi Bayi dari Kuman

Bioskop memungkinkan bayi Anda dapat berinteraksi dengan banyak orang. Sayangnya, hal ini juga berarti Si Kecil menjadi lebih berisiko terpapar bakteri serta virus penyebab penyakit. Seperti halnya tempat umum lainnya, bioskop bisa menjadi tempat berkembang biaknya kuman.

Untuk mengantisipasinya, selalu bawa gel cuci tangan maupun tisu basah khusus bayi, untuk membersihkan kursi serta pegangan tangan yang terdapat di kursi bioskop.

Jangan sampai waktu yang menyenangkan ini justru berubah menjadi sumber penyakit untuk Si Kecil.

2. Bawa Barang yang Diperlukan Bayi

Bayi yang mulai rewel saat menonton bioskop tentu dapat mengganggu Anda sebagai orangtua, dan juga penonton lain yang sedang menikmati film tersebut.

Karena itu, Anda disarankan untuk membawa berbagai barang yang dapat membantu menjaga bayi tetap tenang saat di dalam bioskop.

Anda dapat membawa empeng, botol susu, selimut, maupun benda lain yang dapat membuat bayi Anda merasa nyaman. Anda juga dapat membawa barang lain seperti mainan, untuk menenangkan bayi.

3. Pilih Film yang Tidak Mengagetkan untuk Bayi

Saat membawa bayi nonton bioskop, Anda juga perlu memilih film tanpa terlalu banyak adegan yang dapat mengagetkan bayi, seperti ledakan bom atau suara tembakan.

Pilih film yang memiliki lebih banyak adegan berbincang, dibandingkan dengan aksi-aksi yang menimbulkan suara keras.

Kemampuan bayi dalam menerima suara keras, tentu berbeda dari orang dewasa. Volume suara yang melebihi 45 desibel, berisiko menimbulkan gangguan pendengaran pada bayi.

Sementara itu, beberapa jenis film seperti film action dapat memiliki volume hingga 90 desibel.

4. Pilih Tempat Duduk yang Strategis

Saat membawa bayi, jangan pilih kursi yang berada di tengah studio, dan mengharuskan Anda melewati beberapa penonton lain, untuk keluar ke kamar mandi.

Anda disarankan untuk duduk di kursi yang terletak di pinggir atau yang dekat dengan pintu keluar.

Perlu ingat, meski Anda telah melakukan persiapan, bayi bisa berlaku di luar prediksi Anda. Dengan memiliki tempat duduk yang strategis, Anda dapat lebih mudah menuju toilet atau keluar untuk menenangkan Si Kecil yang rewel.

5. Datang Lebih Awal

Datang lebih awal memberikan Anda lebih banyak waktu, untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan ketika membawa bayi ke bioskop.

Apabila akan menyaksikan film yang ramai penonton, maka pastikan Anda masuk terlebih dahulu sebelum harus mengantre berbarengan dengan banyak orang. Cobalah untuk tiba 15-20 menit lebih awal.

Jangan Paksakan Membawa Bayi Nonton Bioskop

Ruang bioskop yang gelap dan dingin mungkin bisa membuat beberapa bayi tidur lebih nyenyak. Namun, tentu hal tersebut tidak berlaku untuk semua bayi.

Jika anak Anda termasuk yang sensitif terhadap suara dan tidak dapat tidur dengan suara yang berisik, jangan paksakan untuk membawanya ke bioskop.

Anda lebih baik menunggu versi lain dari film tersebut yang dapat Anda nikmati di rumah. Anda dapat menontonnya saat bayi sedang tidur siang di kamar. Dengan begitu, anak Anda juga akan terhindar dari kebisingan yang dihasilkan oleh film bioskop.

Membawa bayi nonton bioskop memang memerlukan berbagai persiapan yang ekstra. Intinya, jangan sampai karena keinginan untuk menonton film tersebut di bioskop, Anda memaksakan membawa anak ke lingkungan yang membuatnya tidak nyaman.

Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/should-you-take-your-baby-to-the-movies-290107
Diakses pada 29 April 2019

Sleepy Baby. https://www.verywellfamily.com/should-you-take-your-baby-to-the-movies-290107
Diakses pada 29 April 2019

Parents. https://www.parents.com/baby/new-parent/motherhood/new-parent-social-rules-where-you-can-take-baby/
Diakses pada 29 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed