5 Tips Meningkatkan Kesehatan di Tahun 2019 Berdasarkan Riset

Aktif berolahraga, tidur cukup, dan manajemen stres merupakan elemen penting untuk meningkatkan kesehatan
Olahraga merupakan salah satu cara meningkatkan kesehatan

Beragam produk kekinian yang menawarkan manfaat kesehatan tubuh memang banyak diandalkan sebagian orang dengan harapan dapat memperoleh tubuh yang fit dan sehat secara instan. Sayangnya, hal tersebut hanyalah omong kosong belaka.

Sebab, kebanyakan dari obat-obatan kesehatan yang dikemas dalam bentuk permen, teh, atau minuman menyegarkan tidak dapat menggantikan pola makan sehat dan latihan fisik yang cukup.

Untuk itu, agar resolusi kesehatan di tahun 2019 ini dapat tercapai dengan optimal, lakukan lima tips kesehatan berdasarkan riset dan penelitian terbaru berikut ini.

1. Makan Lebih Banyak Buah dan Sayuran

Dalam beberapa waktu belakangan ini, ada peningkatan tajam dalam jumlah orang yang mengadopsi pola makan vegan dan nabati.

Meskipun para pakar kesehatan masih belum memutuskan apakah pola makan dan gaya hidup yang benar-benar vegan adalah metode terbaik untuk kesehatan jangka panjang, makan lebih banyak buah dan sayuran selalu menjadi prioritas utama untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2018 menunjukkan bahwa untuk setiap 100 gram buah atau sayuran tambahan yang dikonsumsi dapat berkontribusi dalam pengurangan 3% risiko depresi.

Beberapa tahun terakhir juga terlihat meningkatnya fokus pada peran polifenol - terutama flavonoid - dalam kesehatan manusia secara keseluruhan. Fitokimia ini secara alami terdapat dalam buah dan sayuran dan bertanggung jawab untuk membantu tanaman agar tetap sehat.

Tidak seperti vitamin, nutrisi ini tidak penting untuk peningkatan kesehatan tubuh tetapi mereka membantu mencegah penyakit dan menjaga kerja tubuh agar tetap efektif.

2. Jangan Terlalu Banyak Duduk, Berolahragalah

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga tidak hanya dapat membantu mengurangi ukuran lingkar pinggang, tetapi juga membantu menciptakan keseimbangan yang tepat antara energi masuk dan energi keluar.

Selain itu, ada pula bukti kuat yang menunjukkan bahwa seseorang yang secara fisik aktif memiliki risiko kanker usus besar, kanker rahim, dan kanker payudara lebih kecil dibandingkan yang tidak pernah berolahraga atau berlatih fisik.

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh peningkatan profil hormon pada mereka yang berolahraga secara teratur. Ada juga bukti yang sangat kuat untuk menunjukkan bahwa olahraga adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan mental kita.

Pada awal tahun baru, kebanyakan orang akan mulai mendaftarkan diri di pusat kebugaran atau sanggar senam untuk mengincar perut yang terlihat rata. Tetapi kenyataannya, seiring berjalannya waktu, kebanyakan dari mereka akan mulai berhenti pergi ke sana dan menghabiskan waktu untuk bermalas-malasan di sofa sambil menonton film. Untuk itu, hentikan kebiasaan ini dan bergeraklah.

3. Tidur Lebih Banyak (Asal Jangan Berlebihan)

Ada beberapa terobosan menarik dalam penelitian pada tahun 2018 yang menghubungkan "dosis" tidur dengan kondisi kesehatan. Ternyata terlalu banyak dan terlalu sedikit tidur meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Orang dewasa yang sehat membutuhkan waktu tidur sekitar enam hingga sembilan jam setiap malam.

Selain itu, penelitian terbaru juga mengungkapkan bagaimana intervensi gaya hidup dapat membantu memperpanjang tidur orang, serta bagaimana tidur malam yang lebih baik dapat membantu meningkatkan asupan makanan di siang hari.

Penelitian yang sama juga menemukan bahwa kurang tidur parsial dapat menyebabkan seseorang mencari lebih banyak makanan berkalori lebih tinggi hingga mengonsumsi lebih dari 400 kalori tambahan selama sehari.

4. Memahami Cara Manajemen Stres

Kehidupan modern saat ini dapat membuat seseorang rentan terhadap stres yang serius. Masalah mental dan psikis inilah yang nantinya akan memberikan efek besar terhadap kesehatan. Inilah sebabnya mengapa penting untuk lebih peka dan paham terhadap kondisi mental dan psikis.

Caranya adalah dengan membuat daftar langkah dan solusi untuk mengatasi stres dan beban pikiran. Pastikan Anda memahami betul diri Anda sehingga dapat dengan mudah mengetahui penyebab dan cara mengatasi stres.

5. Minum Lebih Banyak Air

Tahukah Anda bahwa dehidrasi yang terjadi meskipun hanya 1% dapat berdampak serius hingga mengganggu kemampuan Anda dalam berkonsentrasi? Kita semua tahu bahwa asupan air memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, aktivitas yang padat dengan segala jadwalnya kerap membuat seseorang lupa untuk minum hingga tubuh mengalami dehidrasi.

Pastikan Anda menyimpan botol air minum yang dapat mengisi sejumlah air yang Anda butuhkan di atas meja kerja Anda. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa warna air seni Anda untuk mengetahui kondisi tubuh Anda, apakah Anda dehidrasi atau tidak.

Pada akhirnya, beragam cara praktis yang menjanjikan asupan nutrisi dan tubuh yang sehat secara instan tidak akan mengalahkan gaya hidup dan pola makan yang sehat dan seimbang. Semua langkah ini sangat penting untuk diperhatikan untuk benar-benar mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar secara menyeluruh.

The Conversation. http://theconversation.com/top-five-ways-to-boost-your-health-in-2019-based-on-the-latest-research-109113

Entrepreneur. https://www.entrepreneur.com/article/323749

Diakses pada Januari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed