5 Tips Memilih Pasta Gigi Sensitif agar Tidak Salah Pilih

Selain pasta gigi untuk gigi sensitif, Anda dapat menggunakan soda kue untuk mengatasi gigi sensitif
Pasta gigi yang mengandung fluoride efektif meredakan gigi sensitif.

Gigi sensitif dapat mengganggu seseorang ketika mengonsumsi makanan atau minuman. Gigi sensitif merupakan suatu kondisi di mana gigi terasa nyeri ketika mengonsumsi makanan dan minuman panas atau dingin, serta asam ataupun manis. Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan pada enamel gigi Anda. Untuk mengatasi masalah ini, pasta gigi untuk gigi sensitif dapat membantu mengurangi nyeri gigi yang Anda alami.

Tips Memilih Pasta Gigi untuk Gigi Sensitif

Berikut adalah tips yang dapat Anda gunakan dalam memilih pasta gigi untuk gigi sensitif:

1. Pilihlah Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Fluoride merupakan zat yang dapat berguna memperkuat enamel gigi dan melawan gigi berlubang. Selain itu, kandungan ini juga bermanfaat untuk proses pembentukan mineral yang hilang akibat bakteri yang menyerang gigi. Fluoride terbukti aman dan efektif dalam meredakan gejala gigi sensitif.

2. Kandungan Kalium Nitrat juga Bermanfaat bagi Gigi Sensitif Anda

Kondisi nyeri yang terjadi pada gigi sensitif diakibatkan oleh rangsangan yang menyerang saraf di gigi. Kalium nitrat dapat menyebabkan hiperpolarisasi pada saraf dan mencegah jalannya impuls saraf. Desensitisasi yang terjadi ini membuat gigi tidak merasakan nyeri. Kalium merupakan salah satu zat yang paling efektif bagi gigi sensitif

3. Periksa Kandungan Lainnya dalam Pasta Gigi

Ketika memutuskan untuk membeli pasta gigi, sebaiknya baca kandungan yang tertera pada kemasan terlebih dahulu. Tidak semua pasta gigi untuk gigi sensitif cocok dengan kondisi gigi Anda. Dengan membaca kandungan pasta gigi secara seksama membuat Anda dapat menghindari zat sensitif yang berdampak buruk pada gigi. Beberapa zat yang sering ditemukan, yaitu:

  • Pemanis Pasta Gigi (Sakarin)

Pemanis dalam pasta gigi memiliki dampak yang sama dengan konsumsi makanan dan minuman manis, yaitu meningkatkan risiko karies gigi. Umumnya pasta gigi dengan pemanis ditemukan pada pasta gigi anak-anak.

  • Kalsium Karbonat dan Silikat

Keduanya merupakan zat yang sering ditemukan dalam pasta gigi dengan pemutih. Kalsium karbonat dan silikat dapat memutihkan gigi dan menghilangkan noda pada gigi karena bersifat abrasif.

Pada gigi sensitif, sebaiknya pasta gigi dengan kandungan ini dihindari karena dapat memperburuk kondisi gigi. Jika Anda memiliki gigi sensitif dan ingin memutihkan gigi, cobalah berkonsultasi dengan dokter gigi untuk memperoleh pasta gigi dengan pemutih yang aman bagi gigi sensitif Anda.

  • Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

Zat ini merupakan deterjen yang membuat pasta gigi berbusa ketika kita menggosok gigi. Pasta gigi dengan kandungan SLS kurang tepat digunakan sebagai pasta gigi untuk gigi sensitif. Jika Anda juga sering mengalami sariawan, sebaiknya hindari kandungan SLS dalam pasta gigi karena dapat meningkatkan risiko terjadinya sariawan di mulut.

4. Pasta Gigi dengan Resep Dokter

Meskipun Anda telah menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif, terkadang Anda tetap merasa tidak nyaman saat menggosok gigi. Makan dan minum menjadi tidak nyaman karena gigi yang sangat sensitif. Pada kondisi demikian, Anda dapat meminta pasta gigi ke dokter gigi agar diberikan pasta gigi dengan kandungan yang lebih kuat dan sesuai bagi Anda.

5. Pasta Gigi Alami Dapat Menjadi Pilihan

Beberapa dokter gigi mungkin merekomendasikan Anda untuk menggunakan pasta gigi alami. Perbedaan utama yang terdapat pada pasta gigi natural adalah tidak terdapat kandungan fluoride. Beberapa pasta gigi untuk gigi sensitif juga mengandung soda kue yang berfungsi sebagai agen abrasif natural. Soda kue dapat menjadi alternatif agen abrasif untuk menghilangkan noda pada gigi.

Pasta gigi hanyalah salah satu komponen yang berperan dalam menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut. Pilihan pasta gigi untuk gigi sensitif dapat membantu meredakan nyeri. Memilih sikat gigi yang tepat juga penting dalam mengatasi gigi sensitif. Ingat, gigi sensitif tidak dapat sembuh secara instan.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322577.php
Diakses pada April 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/dental-health/10-tips-choosing-best-toothpaste/
Diakses pada April 2019

University Health News. https://universityhealthnews.com/daily/aging-independence/best-toothpaste-for-sensitive-teeth/
Diakses pada April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed