Sabun wajah yang ampuh mengangkat kotoran dapat dipilih sebagai pembersih jerawat
Menggunakan sabun muka yang tepat akan membantu kulit terhindar dari bakteri penyebab jerawat

Memiliki wajah berjerawat memang butuh perawatan ekstra. Salah satu cara terbaiknya adalah mencuci muka secara rutin.

Menggunakan sabun muka yang tepat akan membantu kulit terhindar dari bakteri dan kotoran yang menyumbat pada pori-pori. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan dalam memilih sabun muka untuk jerawat!

Tips Memilih Sabun Muka untuk Jerawat yang Tepat

Saat ini telah banyak sabun muka untuk jerawat yang dapat dibeli dengan mudah di pasaran. Namun, tidak semuanya ternyata benar-benar aman untuk digunakan. Agar tidak salah pilih, perhatikan hal-hal berikut saat membeli sabun muka bagi Anda yang berjerawat.

  1. Pilih Sabun Muka yang Ampuh Mengangkat Kotoran

    Bagi kulit berjerawat, pilihlah sabun muka yang ampuh mengangkat bakteri dari membersihkan pori-pori. Sebab, kotoran yang mengendap dalam permukaan kulit itulah yang menjadi penyebab jerawat. Selain itu, bakteri bisa menyebabkan peradangan pada jerawat.

    Sebaiknya, pilih pembersih jerawat yang mengandung anti bakterial. Wajah yang bersih juga bermanfaat untuk membantu kulit menyerap produk perawatan jerawat, seperti toner, serum, atau krim jerawat.
  2. Gunakan Pembersih yang Lembut 

    Hindari pembersih dengan butiran scrub yang kasar. Scrub yang terlalu kasar akan menyebabkan iritasi kemerahan dan pengikisan pada kulit. Oleh karena itu, pilih pembersih lembut dengan tekstur dan kandungan yang ramah dengan kulit.

    Hindari pula sabun muka yang mengandung alkohol karena akan membuat kulit kering. Selain itu, alkohol dapat merusak lapisan kulit jika digunakan dalam jangka waktu panjang. Saat ini, banyak produk pembersih jerawat yang tidak mengandung alkohol.
  3. Sesuaikan Produk Skincare dengan Tipe Kulit

    Bagi kulit yang berjerawat, pilih produk skincare yang sesuai dengan tipe kulit. Apakah kulit Anda termasuk kulit normal, berminyak, atau sensitif. Masing-masing tipe kulit memiliki kebutuhan skincare yang berbeda.

    Bagi kulit berminyak, gunakan cleansing gel atau cleansing foam yang tidak meninggalkan residu ataupun menyebabkan kulit kering. Untuk kulit kering, gunakan cleansing oil, cleansing milk, atau cleansing balm karena kaya akan pelembap. Sedangkan untuk kulit sensitif, gunakan cleansing milk atau micellar water yang mengandung formula lembut dan ramah di kulit.
  4. Cek Kandungan Produk

    Saat memilih produk, sebaiknya cek kandungannya apakah bagus untuk kulit berjerawat atau justru berbahaya. Pembersih jerawat yang bagus biasanya mengandung Salicylic Acid, Benzoyl Peroxide, dan Glycerin.

    Sedangkan kandungan yang sebaiknya dihindari adalah paraben, silikon, alkohol, dan parfum. Meskipun aman digunakan, kandungan-kandungan tersebut tetap dapat memberikan efek tertentu pada kulit berjerawat.

  5. Pakai Sabun dengan Kandungan Pelembap

    Pilih sabun muka yang mengandung emollients, seperti petrolatum, lanolin, ceramide, atau jenis humectants lainnya agar setelah mencuci muka, kulit tidak kehilangan kelembapannya. Jika wajah dibiarkan kering, maka kulit akan memproduksi minyak yang berlebih. Seperti yang kita tahu, minyak yang tersumbat pada pori-pori merupakan salah satu penyebab jerawat.

Lebih Efektif, Dampingi Sabun Muka dengan Krim Jerawat

Selain membersihkan wajah menggunakan sabun muka untuk jerawat, Anda juga dapat menambahkan produk, seperti krim jerawat dan obat minum, untuk mendapatkan hasil perawatan yang lebih efektif. Krim ini cukup dioleskan di atas jerawat saja pada malam hari sebelum tidur, dan bukan di seluruh permukaan wajah.

Setelah dioleskan, krim jerawat dapat dibiarkan hingga semalaman sehingga Anda dapat membasuhnya saat bangun tidur.  Ingat, krim ini hanya dapat digunakan saat Anda merasa akan ada jerawat yang timbul atau pada jerawat yang sudah timbul. Sehingga saat kulit Anda sedang tidak berjerawat, produk ini tidak perlu digunakan.

Menghilangkan jerawat memang bukan perkara mudah. Anda tidak bisa sembarangan menggunakan sabun muka untuk jerawat karena berisiko memperparah jerawat yang ada. Jika masih ragu, Anda dapat mengonsultasikannya ke dokter spesialis kulit terdekat

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/cleansers#1

American Acne Foundation. https://www.acnefoundation.org/best-acne-face-wash/

Detik. https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-3471886/perhatikan-10-bahan-kosmetik-ini-bisa-memperparah-kulit-berjerawat

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed