Tips Hamil Bayi Kembar: dari Sukses Promil Sampai Menjaga Kandungan agar Tetap Sehat


Tips hamil bayi kembar patut Anda pertimbangkan untuk menjaga kandungan agar tetap sehat. Supaya meningkatkan peluang sukses hamil kembar, coba program bayi tabung (IVF) dan konsumsi obat kesuburan.

0,0
Tips hamil bayi kembar berguna untuk meningkatkan peluang janin kembar serta menjaganyaTips hamil bayi kembar harus dilakukan sebab memiliki risiko tertentu
Tips hamil bayi kembar mungkin akan berguna untuk Anda ketahui agar meningkatkan peluang sukses promil. Namun, mengetahui tips-tips seputar kehamilan kembar juga akan sangat berguna untuk menjaga kandungan Anda tetap aman, mengingat kehamilan kembar memiliki risikonya tersendiri.

Tips hamil bayi kembar

Tidak ada yang tahu persis mengapa beberapa kehamilan bisa membuahkan anak kembar sedangkan yang lainnya tidak. Beberapa ibu yang mendapatkan anak kembar mungkin memilik warisan genetik kembar jika ada keluarga lain yang juga kembar. Namun pada kasus kehamilan kembar identik, tidak selalu demikian.Semua wanita hamil pada dasarnya memiliki kesempatan yang sama untuk bisa hamil bayi kembar identik. Sebab biasanya kembar identik tidak diturunkan dalam keluarga, juga tidak dipengaruhi oleh usia ibu, ras/etnis, maupun kondisi genetik dalam pohon keluarga. Kemungkinan ada 1 kehamilan kembar identik dari 350-400 kehamilan.Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat mendukung rencana Anda punya anak kembar:

1. Konsumsi asam folat

Asam folat meningkatkan peluang hamil kembar
Asam folat meningkatkan peluang hamil kembar
Asam folat pada makanan agar cepat hamil terbukti memengaruhi fungsi reproduksi wanita, di antaranya berkaitan dengan pembuahan hingga pembentukan embrio pada proses kehamilanTips hamil anak kembar yang satu ini sebaiknya dilakukan sejak Anda memulai menjalankan program kehamilan, tepatnya satu bulan sebelum masa pembuahan. Normalnya, kebutuhan asam folat yang harus dipenuhi adalah sebesar 400 mcg.

2. Konsumsi minyak biji rami

Flaxseed kaya akan omega-3 berguna meningkatkan keberhasilan bayi tabung kembar
Omega-3 diduga meningkatkan keberhasilan program bayi tabung
Minyak biji rami (flaxseed) diduga bermanfaat sebagai salah satu tips hamil bayi kembar. Sebab menurut riset dari Reproductive Toxicology, biji rami kaya akan asam lemak omega-3. Asupan asam lemak omega-3 pada calon ibu hamil kembar berguna untuk meningkatkan kesuburan.Bahkan, penelitian terbitan The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism memaparkan, konsums omega-3 pada ibu hamil yang menjalankan program bayi tabung mampu meningkatkan peluang implantasi dan kehamilan.Oleh karena itu, menambah asupan minyak biji rami merupakan tips hamil bayi kembar yang berguna bagi ibu.

3. Konsumsi susu sapi

Hormon pertumbuhan pada susu sapi merangsang hamil kembar
Susu sapi meningkatkan peluang hamil kembar
Susu sapi juga didapuk erat kaitannya dengan kehamilan bayi kembar. Beberapa penelitian berpendapat bahwa rutin minum susu sap membuat wanita berpeluang lima kali lebih besar melahirkan anak kembar.Sebab, hormon pertumbuhan pada susu mampu merangsang tubuh untuk hamil anak kembar.

4. Program bayi tabung

Bayi tabung yang ditanam dengan lebih dari satu sel telur membuat ibu hamil kembar
Program bayi tabung tingkatkan peluang hamil kembar
Untuk mendapatkan anak kembar, sel telur yang sudah dibuahi di luar rahim pada program bayi tabung akan ditanam sebanyak lebih dari satu sel.Jika seluruhnya berhasil berkembang menjadi embrio, maka ibu pun hamil bayi kembar. Cara ini pun bisa dipakai sebagai tips hamil anak kembar.

5. Memilih posisi seks tertentu

Posisi seks berdiri dipercaya sebagai tips hamil bayi kembar
Posisi seks berdiri dipercaya sebagai tips hamil bayi kembar
Beberapa posisi seks yang dipercaya membuat Anda cepat hamil adalah:
  • Doggy style, ibu menekuk lutut dan penetrasi dilakukan dari belakang.
  • Standing up, penetrasi dilakukan dengan berdiri, tetapi dari depan.
  • Missionary, posisi laki-laki berada di atas sehingga sperma masuk dengan mudah.
Bercinta lebih sering bisa menjadi tips hamil kembar yang patut Anda pertimbangkan. Pasalnya semakin sering Anda berhubungan seks, peluang pembuahan yang sukses akan semakin lebar.Namun, belum ada penelitian medis sahih yang dapat membuktikan dan mengaitkan teori-teori posisi seks di atas dengan peluang kehamilan kembar.

Faktor penyebab kehamilan kembar

Konsumsi obat kesuburan meningkatkan produksi sel telur sehingga berpeluang hamil kembar
Konsumsi obat kesuburan meningkatkan produksi sel telur sehingga berpeluang hamil kembar
Setelah mengetahui tips hamil bayi kembar, Anda perlu mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya hamil bayi kembar untuk turut meningkatkan peluang kesuksesan Anda.Berikut faktor-faktornya:
  • Riwayat keluarga dari pihak keluarga ibu. Meski tidak ada garis keturunan kembar, Anda tetap bisa menjalankan program kehamilan bayi kembar. Keturunan kembar identik dari laki-laki memengaruhi kelahiran kembar identik selanjutnya.
  • Konsumsi obat kesuburan, terbukti meningkatkan kesempatan mendapatkan bayi kembar. Obat ini bekerja dengan cara meningkatkan jumlah produksi sel telur wanita. Kemungkinan besar sel telur yang dibuahi pada satu waktu pun semakin meningkat.
  • Postur tubuh ibu, ibu yang memiliki postur badan tinggi besar lebih berpeluang mendapatkan kehamilan kembar. Ada dugaan bahwa ibu yang memiliki postur tubuh tersebut mengonsumsi asupan nutrisi yang berkualitas sehingga memengaruhi sistem reproduksi dan tampilan tubuhnya.
  • Berat badan ibu, kadar lemak berlebih mampu merangsang produksi hormon estrogen sehingga sel telur yang dilepaskan pun lebih banyak.
  • Usia ibu hamil, wanita yang hamil umur 35 tahun ke atas mempunyai peluang lebih besar untuk hamil janin kembar.

Risiko hamil kembar

Bayi kembar mengalami risiko kelahiran prematur
Bayi kembar mengalami risiko kelahiran prematur
Hamil kembar memiliki risiko yang berbeda dengan kehamilan tunggal. Risiko gangguan yang paling sering terjadi pada kehamilan kembar adalah kelahiran prematur. Berdasarkan Stanford Children's, lebih dari 60% kehamilan kembar berakhir sebelum 37 minggu. Bayi yang lahir sebelum waktunya memiliki organ-organ tubuh yang belum dapat berfungsi dengan normal. Bayi prematur ini biasanya lahir dengan berat badan yang rendah (kurang dari 2500 gram) dan mungkin membutuhkan bantuan untuk bernapas, makan, melawan infeksi, serta menjaga suhu tubuhnya.Pada hamil kembar identik dengan satu plasenta, dapat terjadi twin-to-twin transfusion syndrome (TTTS). Dalam kondisi ini, ada pembuluh darah pada plasenta yang menghubungkan peredaran darah bayi kembar sehingga salah satu bayi memberikan darah kepada saudara kembarnya. Jika dibiarkan tanpa penanganan, bayi yang menerima darah akan mengalami kelebihan darah, sementara bayi yang memberikan darah berpotensi mengalami kekurangan darah.

Tips menjaga kehamilan kembar

Senang bercampur khawatir, mungkin itu yang dirasakan oleh pasangan yang menantikan kehadiran bayi kembar.Senang karena kebahagiaan yang berlipat ganda, tetapi disertai khawatir karena merasa tidak yakin bagaimana menjaga kehamilan bayi kembar.Mengingat risiko-risiko gangguan yang mungkin terjadi pada hamil kembar, menjaga kehamilan kembar pun butuh upaya lebih, seperti:

1. Makan makanan bergizi seimbang dalam porsi cukup

Makanan bergizi berguna untuk menjaga kehamilan bayi kembar
Makanan bergizi berguna untuk menjaga kehamilan bayi kembar
Tips hamil bayi kembar yang satu ini harus dilakukan tanpa terkecuali. Sebab, Ibu yang hamil kembar membutuhkan asupan kalori, protein, dan zat gizi lain lebih banyak daripada kehamilan tunggal. Secara kasar, kebutuhan kalori pada hamil kembar akan naik 40%. Pada kehamilan kembar, dibutuhkan tambahan kalori sebanyak 300 kalori untuk masing-masing janin. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan jumlah tambahan kalori yang diperlukan.

2. Lebih banyak bergerak

Yoga terbukti baik untuk ibu hamil janin kembar
Yoga terbukti baik untuk ibu hamil janin kembar
Tips hamil bayi kembar berupa melakukan olahraga ringan penting untuk menjaga kehamilan dan membuat badan ibu tetap fit dalam menghadapi kehamilan dan persalinan. Hindari olahraga yang terlalu berat. Anda bisa mencoba olahraga yang lebih ringan, seperti berenang, yoga, atau jalan santai. Targetkan untuk melakukan olahraga selama 30 menit per hari, setidaknya tiga kali dalam satu minggu.Hindari jenis-jenis olahraga berat saat hamil. Sebelum memulai olahraga, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menentukan jenis olahraga yang paling tepat. Jika terjadi masalah dalam kehamilan, mungkin dokter akan melarang Anda untuk berolahraga.

3. Minum air yang cukup

Minum air putih saat hamil kembar bantu cegah dehidrasi
Minum air putih saat hamil kembar bantu cegah dehidrasi
Hamil kembar dikaitkan dengan keluhan mual yang lebih berat. Jika Anda sering muntah akibat mual berlebih, Anda berisiko mengalami dehidrasiUsahakan minimal minum 8 gelas air per hari. Pastikan Anda menjalani tips hamil bayi kembar yang satu ini untuk mencegah dehidrasi.

4. Memeriksa kehamilan lebih sering

USG mampu memantau perkembangan ibu hamil kembar
USG mampu memantau perkembangan ibu hamil kembar
Mengingat risiko gangguan kehamilan lebih besar pada hamil kembar, sebaiknya Anda lebih sering memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mengantisipasi dan melakukan penanganan dini bila ada gangguan yang terdeteksi. Anda mungkin juga dirujuk ke ahli fetomaternal untuk diperiksa USG kehamilan dengan lebih detail.

5. Lebih banyak istirahat

Istirahat mampu menjaga kehamilan kembar
Istirahat mampu menjaga kehamilan kembar
Jika Anda sedang hamil kembar dan disertai komplikasi, Anda mungkin disarankan dokter untuk beristirahat total, baik di rumah sakit maupun di rumah. Istirahat memang tidak terbukti dapat mencegah kelahiran prematur, tetapi mengurangi aktivitas pada hamil kembar bisa membawa manfaat bagi ibu.Terakhir, selalu periksakan kehamilan Anda secara rutin dengan berkonsultasi ke dokter kandungan terdekat ataupun melalui chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
kehamilan bayi kembartransfusion syndromemenjaga kehamilanhamilkehamilanmerencanakan kehamilanmasalah kehamilanibu hamil
Standford Children’s Health. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=complications-of-multiple-pregnancy-85-P08021
Diakses pada Mei 2019
The American College of Obstetricians and Gynecologists. https://www.acog.org/Patients/FAQs/Multiple-Pregnancy?IsMobileSet=false
Diakses pada Mei 2019
Johns Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/staying-healthy-during-pregnancy/multiple-pregnancy
Diakses pada Mei 2019
Reproductive Toxicology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3615982/
Diakses pada 1 Maret 2021
The Journal of Clinical Endocrinology. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23780371/
Diakses pada 1 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait