Manfaat Wortel untuk Bayi, Ini Resep MPASI yang Bisa Dicoba


Manfaat wortel untuk bayi adalah untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan wortel sebagai MPASI mengandung vitamin A dan beta karoten untuk menyerap cahaya dan melindungi mata dari sinar UV.

(0)
Manfaat wortel untuk bayi diberikan berupa MPASIManfaat wortel untuk bayi didapat dengan memberikan MPASI
Manfaat wortel untuk bayi tentu memberikan khasiat yang baik untuk tumbuh kembang buah hati Anda. Bahkan, wortel juga berguna untuk merawat organ tubuh bayi.Dalam enam bulan pertama, bayi memang tidak dianjurkan mengonsumsi apapun selain susu. Namun selanjutnya, Si Kecil sudah bisa mendapatkan asupan lain. Pengenalan makanan untuk bayi sebaiknya dilakukan pada usia minimal enam bulan.Hal ini juga membuat Si Kecil terhindar dari risiko penyakit. Untuk itu, makanan pendamping ASI atau MPASI wortel pun cukup terkenal diberikan sebagai makanan pertama bayi.

Manfaat wortel untuk bayi sebagai MPASI

Untuk mencapai angka kecukupan gizi harian bayi, Anda bisa memilih MPASI wortel. Hal ini dikarenakan wortel terbukti kaya akan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan bayi.Inilah manfaat wortel untuk bayi:

1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dan beta karoten pada wortel berguna untuk jaga kesehatan mata
Wortel terbukti kaya vitamin A dan beta-karoten. Dalam hal ini, kedua kandungan tersebut memberikan manfaat wortel untuk bayi berupa menjaga kesehatan mata. Hal ini pun dibuktikan pada studi yang terbit pada jurnal Nutrients.Beta-karoten sebenarnya adalah provitamin A. Di dalam tubuh, senyawa tersebut akan diproses menjadi vitamin A.Vitamin A dari beta-karoten nantinya berguna untuk menyerap cahaya yang diterima mata.Selain itu, lutein dan zeaxanthin yang terkandung pada wortel berguna untuk melindungi sel mata dari paparan sinar ultraviolet agar tetap sehat.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin A pada wortel ampuh tingkatkan imunitas dan lawan paparan yang berbahaya
Manfaat wortel untuk bayi rupanya berguna untuk melindungi tubuh dari paparan zat berbahaya maupun penyakit.Rupanya, hal ini pun bisa didapat apabila Anda memberikan MPASI wortel. Ya, wortel terbukti mampu menjaga daya tahan tubuh.Wortel terbukti kaya akan vitamin A dan beta-karoten. Penelitian yang diterbitkan pada jurnal Immunology Letters memaparkan, beta-karoten di dalam tubuh akan diubah ke dalam bentuk vitamin A dan asam retinoat aktif untuk mendorong sel imun bekerja dengan baik.Selain itu, riset dari Nutrition Research and Practice menemukan, asupan MPASI wortel berguna untuk mengurangi kerusakan DNA pada sel darah putih (limfosit).Diketahui, sel darah putih berguna untuk menghasilkan antibodi untuk melawan bakteri, virus, racun, serta menghancurkan sel yang menjadi kanker.

3. Menjaga saluran pencernaan

Wortel kaya akan serat untuk melindungi usus dari infeksi bakteri
Serat juga berperan penting dalam mendukung manfaat wortel untuk kesehatan pencernaan bayi. Jenis serat yang terkandung dalam wortel adalah serat larut air. Berdasarkan penelitian dari Nutrients, serat larut akan diolah oleh bakteri baik di dalam usus menjadi asam lemak.Nantinya, manfaat wortel untuk bayi didapat dari asam lemak yang memperkuat fungsi lapisan pelindung usus.Oleh karena itu, infeksi bakteri pada saluran pencernaan dan darah pun berkurang.

4. Melindungi sel-sel tubuh

Senyawa fenolik pada wortel berfungsi sebagai antioksidan yang jaga sel dari kerusakan
Wortel terbukti mengandung senyawa fenolik yang terdiri dari flavonoid, asam fenolat, dan tanin.Dari riset terbitan Foods, senyawa fenolik membawa manfaat wortel untuk bayi dengan cara melindungi sel dari kerusakan akibat penuaan dan peradangan.Sebab, senyawa fenolik bekerja sebagai antioksidan yang juga berguna untuk melindungi sel dari radikal bebas.

5. Melindungi kulit bayi

Wortel mengandung beta-karoten dan astaxanthin yang melindungi kulit dari sinar UVA
Satu lagi manfaat wortel untuk bayi adalah untuk melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari. Sebab, wortel kaya akan kandungan beta-karoten dan astaxanthin.Hal ini dinyatakan pada riset yang diterbitkan Dermato Endocrinology.Riset ini menyatakan, manfaat wortel untuk bayi ini didapat dari kandungan astaxanthin. Kandungan ini berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA yang membahayakan.Sementara itu, senyawa fenolik bernama umbelliferone dalam wortel bekerja menyerap sinar ultraviolet yang mampu merusak kulit. Umbelliferone juga mengurangi peradangan pada kulit, dipaparkan oleh riset terbitan Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery.

6. Mempercepat penyembuhan luka

Vitamin A pada wortel rangsang produksi kolagen dan menutup luka dengan cepat
Manfaat wortel untuk bayi berguna untuk mempercepat proses penyembuhan luka berkat kandungan vitamin A-nya.Menurut penelitian dari Nutrition in Clinical Practice, kekurangan vitamin A membuat proses penutupan luka terganggu. Selain itu, produksi kolagen yang berguna untuk kekencangan kulit pun juga menurun.Vitamin A terbukti merangsang penyembuhan luka dan memulihkan struktur kulit.

7. Mengurangi risiko asma

Asma bisa dicegah dengan vitamin A pada wortel
Manfaat wortel untuk bayi rupanya berguna untuk perkembangan saluran udara. Dalam hal ini, vitamin A-lah yang berperan penting.Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan perubahan fungsi paru-paru dan mampu meningkatkan risiko asma. Vitamin A pun juga bekerja sebagai antioksidan.Manfaat wortel untuk bayi yang didapat dari vitamin A ini mampu meredam stres oksidatif akibat radikal bebas maupun peradangan.Baik radang maupun stres oksidatif, keduanya terlibat dalam munculnya asma. Hal ini pun dipaparkan pada Immunology Letters.

Kapan bayi boleh makan wortel?

Bayi 6 bulan sudah bisa diberi MPASI wortel
Bayi 6 bulan atau saat memasuki masa MPASI, wortel sudah boleh diperkenalkan kepada bayi.Para ahli pediatrik menyatakan pentingnya memberikan variasi makanan untuk bayi, baik yang organik atau non-organik. Sayuran organik memang dianggap lebih aman, karena bebas dari pestisida, dan hanya mempunyai sedikit zat kimia.

5 resep MPASI dengan wortel

Wortel bisa diolah sebagai MPASI dengan cara beragam
Berikut ini beberapa resep MPASI berbahan dasar wortel, yang bisa Anda sajikan dengan mudah di rumah. 

1. Wortel rebus

Cuci dan kupas kulit wortel, lalu rebus wortel hingga lembut. Angkat rebusan wortel dan lembutkan dengan garpu atau alat khusus. Tambahkan air secukupnya supaya konsistensi wortel cocok untuk bayi.

2. Wortel panggang

Selain direbus, wortel juga bisa dipanggang. Wortel yang dipanggang untuk MPASI, memiliki rasa yang lebih intens. Cara membuat MPASI wortel ini adalah dengan memanggang secukupnya selama 30 menit, lalu blender hingga lembut.

3. Setup ayam dan wortel

Wortel bisa dikombinasikan dengan bahan lain dan tetap terasa lezat. Dengan memadukan potongan ayam rebus, apel, dan wortel yang diblender, Si Kecil bisa mendapatkan hingga 8 gram protein dari kebutuhan 11 gram/hari, selama masa pemberian MPASI.

4. Bubur nasi wortel

Sebagai selingan bubur susu, Anda bisa menyajikan MPASI bubur nasi wortel untuk si Kecil.Berikut bahan-bahan yang diperlukan dalam resep MPASI bubur nasi wortel:
  • 2 wortel
  • 2 sendok makan beras
  • 1 sendok makan mentega
  • 1/4 cup susu atau ASI
  • 1/2 sendok teh kapulaga
  • 1 sendok teh kismis cincang
  • 3 buah kurma
Cara membuat MPASI bubur nasi wortel adalah sebagai berikut:
  • Cuci beras dan dan wortel.
  • Rendam kismis dan kurma selama 15 menit.
  • Buang biji kurma.
  • Kupas dan potong wortel dan masukkan bersama beras, kurma, dan air hingga menggenangi bahan-bahan tersebut. Rebus selama 10-12 menit.
  • Biarkan wortel matang dan matikan api.
  • Tunggu dingin, lalu blender bahan-bahan yang sudah direbus.
  • Masukkan kembali ke panci, lalu masukkan mentega dan panaskan.
  • Tambahkan bubuk kapulaga dan kismis cincang.
  • Tuang susu dan masak kembali selama dua menit dan jangan berhenti mengaduk.
  • Matikan api, bubur nasi wortel siap disajikan.

5. Puree wortel

Inspirasi MPASI dengan wortel adalah dengan membuat puree. Inilah cara membuat puree wortel untuk MPASI:Siapkan bahan-bahan membuat puree wortel berikut:
  • 1 wortel yang keras dengan kulit yang halus.
  • Air secukupnya, pastikan wortel tenggelam.
Kemudian, ikuti cara membuat puree wortel untuk MPASI di bawah ini:
  • Cuci, kupas, dan potong wortel kecil-kecil.
  • Didihkan air dan rebus wortel hingga lembut selama 10-15 menit.
  • Tiriskan dan bilas wortel rebus dengan air dingin agar suhunya turun.
  • Haluskan wortel rebus ke dalam blender atau food processor, tambahkan air jika ingin tekstur yang lebih cair.
  • Puree wortel siap disajikan.

Catatan dari SehatQ

Manfaat wortel untuk bayi berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi risiko penyakit tertentu. Namun pastikan jika Si Kecil tidak memiliki alergi wortel.Anda bisa mengeceknya dengan menyajikan MPASI wortel dengan resep yang mudah terlebih dahulu. Tunggu hingga tiga hingga lima hariApabila tidak ada reaksi alergi atau masalah pencernaan seperti diare, muntah, maupun sembelit, Anda bisa menyajikan MPASI wortel untuk bayi.Anda juga bisa mencoba resep MPASI kombinasi sayuran lain yang disesuaikan dengan pertumbuhan bayi.Jika Anda ingin mulai memberikan wortel untuk bayi, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter melalui chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Apabila Anda ingin melengkapi keperluan bayi baru lahir dan ibu menyusui, kunjungi untuk mendapatkan penawaran menarik.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
mpasiresep mpasimakanan bayiwortel
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/baby-food-with-carrots
Diakses pada Oktober 2018
Kementerian Kesehatan RI.
http://gizi.depkes.go.id/tahapan-makanan-pendamping-asi
Diakses pada 5 Maret 2019
Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3738983/ Diakses pada 30 Desember 2020Immunology Letters. doi.org/10.1016/j.imlet.2018.10.009 Diakses pada 30 Desember 2020Nutrition Research and Practice. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3259297/ Diakses pada 30 Desember 2020National Human Genome Research Institute. https://www.genome.gov/genetics-glossary/Lymphocyte Diakses pada 30 Desember 2020Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-high-in-soluble-fiber Diakses pada 30 Desember 2020Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7146107/ Diakses pada 30 Desember 2020Foods. https://www.mdpi.com/2304-8158/8/9/424/pdf Diakses pada 30 Desember 2020Dermato Endocrinology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3583891/ Diakses pada 30 Desember 2020Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3663177/ Diakses pada 30 Desember 2020Nutrition in Clinical Practice. doi.org/10.1002/ncp.10376 Diakses pada 30 Desember 2020Firstcry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/rice-and-carrot-porridge-recipe-babies-toddlers/ Diakses pada 30 Desember 2020Parents. https://www.parents.com/recipes/baby-food/how-to-make-carrot-puree/ Diakses pada 30 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait