5 Resep MPASI Berbahan Wortel yang Wajib Dicoba Di Rumah

Salah satu bahan populer untuk resep MPASI adalah wortel, karena memiliki rasa manis, dan tekstur yang tidak terlalu keras.
Karena tekstur dan rasanya, wortel menjadi salah satu bahan favorit untuk resep MPASI.

Masa memperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk si kecil adalah momen yang tepat untuk menyajikan berbagai variasi makanan dan rasa. Resep MPASI yang kreatif akan menjadikan Si Kecil semakin siap menerima menu baru, sekaligus menjadi lebih sehat dengan variasi nutrisi.

Dalam enam bulan pertama, bayi memang tidak dianjurkan mengonsumsi apapun selain susu. Namun selanjutnya, Si Kecil sudah bisa mendapatkan asupan lain. Pengenalan makanan untuk bayi sebaiknya dilakukan pada usia minimal enam bulan.

Sebab pada masa ini, kebutuhan bayi terhadap nutrisi semakin bertambah. Selain itu, sistem pencernaannya pun mulai terbentuk.

Wortel untuk MPASI

Wortel menjadi salah satu bahan MPASI favorit, karena memiliki rasa manis alami, dan teksturnya yang tidak terlalu keras. Tidak hanya cocok di lidah Si Kecil, selain berserat, wortel pun mengandung berbagai nutrisi berikut ini.

Vitamin A:

Menunjang sistem imun tubuh, jantung, paru-paru, dan ginjal. Vitamin A juga baik untuk kesehatan mata. Bayi di bawah enam bulan membutuhkan 400 mcg vitamin A. Sementara itu, bayi berusia enam bulan ke atas, memerlukan 500 mcg vitamin A setiap harinya.

Vitamin K:

Membantu penggumpalan darah

Vitamin B6:

Baik untuk kesehatan kulit, rambut, mata, dan hati

Kapan Bayi Boleh Makan Wortel?

Pada usia enam bulan atau saat memasuki masa MPASI, wortel sudah boleh diperkenalkan untuk bayi. Para ahli pediatrik menyatakan pentingnya memberikan variasi makanan untuk bayi, baik yang organik atau non-organik. Bahan organik memang dianggap lebih aman, karena bebas dari pestisida, dan hanya mempunyai sedikit zat kimia.

5 Resep MPASI dengan Wortel

Berikut ini beberapa resep MPASI berbahan dasar wortel, yang bisa Anda sajikan dengan mudah di rumah.

1. Wortel Rebus

Cuci dan kupas kulit wortel, lalu rebus wortel hingga lembut. Angkat rebusan wortel dan lembutkan dengan garpu atau alat khusus. Tambahkan air secukupnya supaya konsistensi wortel cocok untuk bayi.

2. Wortel Panggang

Selain direbus, wortel juga bisa dipanggang. Wortel yang dipanggang untuk MPASI, memiliki rasa yang lebih intens. Coba panggang wortel secukupnya selama 30 menit, lalu blender hingga lembut.

3. Ayam dan Wortel

Wortel bisa dikombinasikan dengan bahan lain dan tetap terasa lezat. Dengan memadukan potongan ayam rebus, apel, dan wortel yang diblender, Si Kecil bisa mendapatkan hingga 8 gram protein dari kebutuhan 11 gram/hari, selama masa pemberian MPASI.

4. Bakso Wortel

Ingin mencari resep MPASI untuk sajian makanan padat buat bayi 10 bulan? Inilah saat yang tepat, karena bayi mulai belajar menggunakan jari-jarinya, termasuk telunjuk dan ibu jari, untuk memegang suatu benda. Coba resep wortel untuk MPASI berupa bakso wortel tanpa garam yang satu ini.

5. Kombinasi Sayur dan Buah

Anda dapat mengombinasikan sayur dan buah rebus yang terdiri dari labu, wortel, apel, dan sedikit bumbu dapur. Haluskan semuanya dengan blender, untuk mendapatkan manfaat nutrisi bagi tumbuh kembang bayi.

Umumnya, bayi tidak memiliki alergi terhadap wortel. Namun untuk memastikannya, sajikan wortel dengan resep yang mudah terlebih dahulu. Tunggu hingga tiga hingga lima hari, untuk melihat reaksi alerginya.

Apabila tidak terjadi reaksi alergi, Anda bisa menambahkan sayuran lain. Perhatikan pula gejala seperti muntah atau diare, serta gatal-gatal. Jika tidak ada, maka Anda bisa mencoba resep kombinasi sayuran, yang disesuaikan dengan pertumbuhan bayi.

Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/baby-food-with-carrots
Diakses pada Oktober 2018

Kementerian Kesehatan RI.
http://gizi.depkes.go.id/tahapan-makanan-pendamping-asi
Diakses pada 5 Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed