Tes kesehatan wanita perlu dilakukan untuk mendeteksi penyakit yang dapat mengancam nyawa
Lakukan tes kesehatan wanita untuk deteksi dini bila ada penyakit yang mengancam nyawa

Sama seperti mesin, tubuh juga perlu mendapatkan pemeriksaan secara berkala, terutama untuk wanita yang berusia di atas 30 tahun. Tes kesehatan pada wanita yang dilakukan secara teratur bisa mencegah timbulnya berbagai penyakit yang lebih serius. Misalnya, penyakit kanker serviks atau kanker payudara.

Penyakit kanker yang terdeteksi sejak dini dapat disembuhkan dengan tingkat keberhasilan mendekati 100%. Berikut adalah 5 tes kesehatan wanita yang sangat penting untuk dilakukan.

1. Echocardiogram

tes detak jantung

Penyakit jantung merenggut sekitar 500 ribu nyawa wanita per tahun, berdasarkan data American Heart Association. Tanpa diragukan lagi, 80% penyakit jantung dapat dicegah dengan perubahan gaya hidup yang lebih sehat dan pola makan bergizi seimbang.

Selain itu, lakukan pemeriksaan kesehatan wanita untuk mengetahui kadar kolesterol, HDL (kolesterol baik), LDL (kolesterol buruk), serta lemak darah yang dikenal dengan trigliserida.

Jika Anda wanita berusia lebih dari 50 tahun, sebaiknya juga memeriksa kadar protein C-reaktif (CRP), homocysteine, dan lipoprotein. Dokter biasanya akan melakukan echocardiogram test untuk menemukan potensi penyumbatan aliran darah, dari dan menuju jantung Anda.

2. Pap Smear

Pap smear adalah pemeriksaan kesehatan wanita yang penting sejak usia 21 tahun. Wanita sebaiknya memeriksakan diri setahun sekali untuk mendeteksi kanker serviks sejak dini, sesuai dengan rekomendasi American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG).

Pap smear yang dilakukan secara luas telah mengurangi tingkat kematian kanker serviks secara signifikan di Amerika Serikat. Selain pap smear, pemeriksaan kesehatan wanita lainnya yang tak kalah penting adalah tes HPV. Virus HPV merupakan penyakit menular seksual yang umumnya memicu kanker serviks.

3. Mammogram

Sejak usia 40 tahun, mammogram harus menjadi salah satu pemeriksaan kesehatan wanita yang paling penting. Pemeriksaan ini meliputi X-ray payudara, terutama bagi wanita yang memiliki riwayat keluarga kanker payudara.

Kanker payudara yang terdeteksi sejak awal atau tahap 1, memiliki tingkat kesembuhan hingga 97%. Selain itu, wanita dianjurkan memeriksa payudara sendiri dengan merasakan kemungkinan adanya benjolan yang mencurigakan.

4. Kolonoskopi

Kebanyakan wanita tidak menyadari bahaya kanker usus besar. The American Cancer Society (ACS) memperkirakan bahwa kasus kanker usus besar akan semakin meningkat setiap tahun.

Kolonoskopi memungkinkan dokter untuk melihat dan memeriksa secara saksama bagian dalam usus besar, untuk mengenali tanda-tanda kanker.

5. Pemeriksaan Kulit

Setiap wanita yang menginjak usia 18 tahun harus mulai mempertimbangkan pemeriksaan kulit. Misalnya, saat menjumpai adanya bintik-bintik cokelat atau merah, dan kondisi yang tampak tidak biasa pada kulit kepala dan tahi alat.

Semakin awal melakukan pemeriksaan kulit, semakin cepat Anda bisa menemukan gejala penyakit, jika memang ada. Kasus melanoma atau kanker kulit memang semakin meningkat.

Mengingat tingginya tingkat kasus penyakit kanker setiap tahun di Indonesia, masihkah Anda ragu melakukan pemeriksaan kesehatan wanita secara rutin?

WebMD. https://www.webmd.com/women/features/5-lifesaving-health-care-screening-tests-for-women#1
Diakses pada Februari 2019

MedlinePlus. https://medlineplus.gov/ency/article/007462.htm
Diakses pada Februari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed