5 Nutrisi yang Membantu Menghilangkan Stretch Marks

Menghilangkan stretch marks tidak dapat dilakukan dengan instan dan tidak bisa sepenuhnya dihilangkan.
Minyak kelapa berguna untuk mengurangi stretch marks.

Bagi Anda yang pernah hamil atau kelebihan berat badan, stretch marks atau striae mungkin bukan hal yang asing bagi Anda. Stretch marks merupakan guratan atau garis-garis yang membekas pada kulit akibat hamil atau berat badan.

Sesuai namanya, stretch marks terjadi ketika kulit tertarik (stretched) yang ditandai dengan munculnya garis-garis merah atau ungu pada permukaan kulit. Perlahan-lahan, warna tersebut akan memudar hingga hampir transparan atau keperak-perakan/berkilau.

[[artikel-terkait]]

Menghilangkan stretch marks biasanya tidak bisa dilakukan dengan cara-cara alami. Stretch marks juga umumnya jarang bisa menghilang secara total, tetapi bukan berarti Anda harus menyerah. Gunakan lima nutrisi ini untuk membantu pemulihan kondisi kulit Anda akibat stretch marks.

1. Minyak Kelapa

Stretch marks dikategorikan sebagai kerusakan kulit karena kulit mengalami penarikan. Minyak kelapa diyakini bisa menghilangkan stretch marks sesuai dengan studi mengenai manfaat menyembuhkan luka di kulit.

Pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap minyak kelapa sebelum menggunakan VCO (Virgin Coconut Oil) untuk mengurangi stretch marks.

2. Lidah Buaya

Kendati minim bukti berupa studi klinis yang membuktikan manfaat lidah buaya dalam menghilangkan stretch marks, produk alami ini sering digunakan untuk menghaluskan dan menyembuhkan kulit.

Lidah buaya sangat cocok untuk dicoba di rumah. Gunakan lidah buaya asli dari tanaman ke bagian kulit yang mengalami stretch mark setiap hari setelah mangi, untuk mendapatkan hasil terbaiknya.

3. Gula

Gula dapat membantu menghilangkan stretch marks, namun bukan dengan mengonsumsinya, melainkan dengan teknik mikrodermabrasi homeopathic.

Mikrodermabrasi adalah metode yang sudah teruji secara klinis dan banyak digunakan oleh para ahli dermatologi untuk mengangkat sel permukaan kulit yang rusak atau mati, termasuk menghilangkan stretch marks. Untuk melakukan homeopathic DIY alias rumahan, berikut adalah tipsnya:

  • Campurkan gula dengan minyak kelapa atau minyak almond, konsistensi yang ingin dicapai adalah menyerupai pasir basah, yaitu tidak terlalu encer atau pekat
  • Tambahkan sedikit jus lemon
  • Gosokan ramuan gula ke bagian stretch marks
  • Ulangi menggosok beberapa kali hingga 8-10 menit, bisa dilakukan sambil mandi

4. Vitamin A

Vitamin A atau tepatnya retinoid adalah salah satu kandungan yang bisa menghaluskan dan meremajakan kulit. Tidak jarang Anda akan menemukan bahan retinoid di produk kecantikan atau perawatan kulit.

Hanya dengan rajin mengonsumsi vitamin A secara rutin, Anda akan mendapatkan manfaat kebaikan retinoid untuk kesehatan kulit. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A, seperti wortel dan ubi juga bisa menaikkan kadar vitamin A di dalam tubuh.

Sebuah studi pada tahun 1996 di Amerika Serikat mengidentifikasikan fungsi retinoid dalam membantu mengatasi stretch marks. Walaupun belum ada riset lanjut terhadap topik ini, tips ini layak dicoba karena dapat menyehatkan kulit Anda secara keseluruhan.

5. Asam Hialuronat

Asam hialuronat adalah kandungan yang bisa memicu produksi kolagen atau protein di kulit yang baik untuk kekenyalan dan kesehatan kulit. Untuk mengurangi stretch marks, krim yang mengandung asam hialuronat bisa dioleskan pada bagian yang bermasalah atau langsung dikonsumsi dalam bentuk pil sesuai anjuran dokter.

6. Perawatan Lain

Beberapa metode modern yang bisa menghilangkan stretch marks, antara lain adalah terapi laser, injeksi kolagen, dan mikrodermabrasi (eksfoliasi dengan mesin). Ketiga metode tentunya ini lebih mahal dan membutuhkan waktu perawatan yang lebih lama.

Bukan hanya wanita hamil, mereka yang kehilangan berat badan secara drastis, menjalani operasi pembesaran payudara, dan terpengaruh efek dari obat-obatan kortikosteroid juga bisa mendapati stretch marks pada tubuhnya.

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-stretch-marks
Diakses pada Oktober 2018

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322231.php
Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed