5 Manfaat Pisang Kepok yang Baik untuk Tubuh

(0)
29 Nov 2019|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ada beragam manfaat pisang kepok yang baik untuk tubuhSalah satu manfaat pisang kepok, yaitu dapat melancarkan pencernaan
Pisang menjadi salah satu buah yang banyak digemari karena rasanya yang lezat dan mengenyangkan. Bukan hanya ada satu jenis, terdapat beragam jenis pisang di Indonesia, mulai dari pisang raja, pisang ambon, pisang kepok, dan lain-lain.Pisang kepok merupakan salah satu jenis pisang yang mudah ditemui di Indonesia. Tak kalah dengan pisang lainnya, pisang ini memiliki berbagai nutrisi dan manfaat untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat pisang kepok?

Manfaat pisang kepok untuk kesehatan

Pada awalnya, pisang kepok dibudidayakan di Filipina. Pisang jenis ini kemudian semakin berkembang ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Pisang kepok memiliki kulit berwarna kuning atau hijau, dengan daging yang tebal berwarna putih dan lebih pendek dari kebanyakan pisang. Panjangnya kira-kira 7-12 cm, namun terlihat lebih padat.Pisang kepok kaya akan nutrisi dan vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan zat besi. Pisang ini juga mengandung 120 kalori per buah, yang terdiri dari karbohidrat bertepung dan tak mengandung lemak. Adapun manfaat pisang kepok untuk kesehatan, di antaranya:
  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Kadar vitamin C yang tinggi dalam pisang kepok memenuhi hampir 40% kebutuhan harian. Kandungan vitamin C yang tinggi ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari infeksi, dan meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh.
  • Melancarkan pencernaan

Kandungan serat makanan yang solid dalam pisang kepok sangat baik untuk pencernaan. Serat tersebut mampu mendorong gerakan usus sehingga membantu mengatasi gejala sembelit, mengurangi iritasi lambung, dan masalah pencernaan lain.
  • Melancarkan sirkulasi 

Tingkat zat besi yang tinggi dalam pisang kepok dapat membantu memperlancar sirkulasi darah. Zat besi adalah komponen penting dari hemoglobin yang berfungsi mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.
  • Meningkatkan metabolisme

Sejumlah vitamin B berbeda yang terdapat dalam pisang kepok mampu membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga energi menjadi lebih banyak. Pisang ini juga dipercaya mampu membantu fungsi sistem saraf.
  • Menurunkan risiko stroke

Pisang kepok kaya akan kalium yang dapat mengurangi ketegangan dan penyempitan dalam pembuluh darah sehingga aliran darah mengalir lebih lancar. Hal ini dapat menurunkan risiko stroke, serangan jantung, dan aterosklerosis.Jika saat mengonsumsi pisang kepok timbul gejala tak biasa, seperti ruam, gatal, batuk, pusing, mual atau muntah, segera periksakan diri Anda pada dokter. Dokter akan melakukan diagnosis dan menentukan penanganan yang tepat untuk Anda.

Cara mengolah pisang kepok

Pisang kepok dapat dimakan langsung atau dijadikan berbagai olahan, seperti kolak ataupun pisang goreng. Berikut cara mengolah pisang kepok yang dapat Anda coba:
  • Kolak pisang kepok

Dalam membuat kolak pisang kepok, Anda membutuhkan 1 sisir pisang kepok, 1 keping gula jawa, 100 gram gula pasir, 1 liter santan, 2 lembar daun pandan, dan sejumput garam. Langkah awal yang harus Anda lakukan, yaitu kupas dan potong pisang kepok sesuai selera, lalu cucilah dengan bersih. Kemudian, rebus air dalam panci dan masukkan santan, gula jawa, gula pasir, daun pandan, serta garam. Tunggu sampai mendidih, lalu masukkan pisang kepok yang telah dimasak secara perlahan. Masak hingga kolak tersebut matang dan tercium harum pandan.
  • Pisang kepok goreng

Membuat pisang kepok goreng sangatlah mudah, Anda hanya memerlukan 250 gram tepung terigu, pisang kepok, 1 sdm tepung maizena, ½ sdt garam, ¼ sdt baking soda, 2-4 sdt gula halus, vanili cair dan air secukupnya.Campurkan tepung terigu, tepung maizena, garam, baking soda, dan gula halus. Lalu, tambahkan air dan aduk hingga rata. Selanjutnya, tambahkan vanili dan aduk kembali hingga rata. Masukkan pisang kepok yang telah dipotong menjadi tiga ke dalam adonan, dan gorenglah hingga matang keemasan.Pisang kepok tak hanya lezat untuk disantap, namun juga dapat memberi banyak manfaat untuk tubuh. Selamat mencoba!
nutrisikaliumzat besihidup sehat
Organic facts. https://www.organicfacts.net/saba-banana.html
Diakses pada 29 November 2019
Cookpad. https://cookpad.com/id/resep/9630212-kolak-pisang-kepok?via=search&search_term=pisang%20kepok
Diakses pada 29 November 2019
Cookpad. https://cookpad.com/id/resep/10897436-pisang-kepok-goreng
Diakses pada 29 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait