5 Manfaat Miso yang Menyehatkan untuk Tubuh

Miso bermanfaat melindungi pencernaan
Miso terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi

Bagi Anda yang sering berkunjung ke restoran Jepang, pastinya tidak asing lagi dengan sup miso atau miso soup. Sup yang satu ini memang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari makanan Jepang.

Tapi tahukah Anda jika di balik rasanya yang gurih sup satu ini punya manfaat yang menyehatkan untuk tubuh jika dikonsumsi secara rutin?

Manfaat sup miso untuk kesehatan

Sup miso adalah salah satu makanan yang sudah menjadi menu makanan harian orang Jepang. Sup ini dibuat menggunakan miso sebagai bahan dasarnya dan memiliki rasa yang gurih dan asin. Miso sendiri adalah semacam pasta yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasi serta ditambahkan garam dan juga bakteri yang sering disebut orang Jepang sebagai koji.

Mengonsumsi sup miso setiap hari dapat memberikan manfaat seperti:

  • Meningkatkan imunitas tubuh

Miso mengandung probiotik yang membantu mikroba dalam usus untuk menangkal berkembangnya bakteri-bakteri jahat di usus. Selain itu probiotik pada miso melindung Anda dari risiko terkena penyakit dan membantu Anda pulih lebih cepat ketika mengalami demam.

  • Melindungi pencernaan

Dalam tubuh kita terdapat triliunan bakteri yang baik dan juga yang jahat. Bakteri yang baik berfungsi menjaga sistem pencernaan Anda dari racun yang bisa menyebabkan penyakit. Bakteri baik tersebut juga mengurangi risiko Anda terkena diare dan kembung.

Miso mengandung bakteri baik A. oryzae yang terbukti dapat membantu mengatasi berbagai penyakit yang berkaitan dengan peradangan di organ pencernaan.

  • Kaya akan nutrisi

Miso mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin B, fosfor, vitamin K, dan juga kaya akan protein berbasis tumbuhan. Mengonsumsi miso secara rutin akan memberikan Anda berbagai nutrisi yang dibutuhkan ini.

  • Mengurangi kadar kolesterol

Kolesterol yang tinggi sering menjadi pemicu penyumbatan darah dan juga stroke. Oleh karena itu menjaga kadar kolesterol jahat tetap rendah adalah salah satu cara untuk menghindari penyakit tersebut. Untungnya, hal ini bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi miso. Sebuah studi di Jepang menunjukkan bahwa, miso dapat mengurangi kadar kolesterol. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa mengonsumsi miso secara rutin selama 3 bulan dapat mengurangi kadar kolestrol jahat (LDL) dalam tubuh hingga 7.6 persen.

  • Memiliki potensi mencegah kanker payudara

Kacang kedelai memiliki tingkat isoflavon yang cukup tinggi. Hal ini diduga dapat mengurangi tingkat pertumbuhan sel kanker payudara. Beberapa peneliti di Jepang mengadakan penelitian mengenai manfaat isoflavon terhadap kanker payudara. Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa dari 21,852 wanita usia 40 hingga 59, hanya 179 orang yang mengalami kanker payudara setelah 10 tahun dari waktu penelitian dimulai.

Selain itu penelitian yang dilakukan oleh Seiichiro Yamamoto, PhD ini menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan dari kacang kedelai dan makanan lain yang mengandung isoflavon tinggi setiap harinya, memiliki risiko lebih rendah untuk terkena kanker payudara. Terlebih pada wanita yang sudah mengalami menopause.

 

Catatan dari SehatQ

Miso, makanan yang sering kali ditemui dalam bentuk sup miso, adalah bumbu khas Jepang yang terbuat dari kacang kedelai. Sup miso juga mudah dikombinasikan dengan tahu, daging, dan juga sayur. Miso cukup aman dikonsumsi setiap hari karena rendah kalori dan juga mengandung berbagai nutrisi yang menyehatkan seperti vitamin K, mangan, dan serat. Jika Anda berencan mengonsumsinya setiap hari, hindari makan dengan porsi yang berlebihan.

Namun hindari makanan yang mengandung miso jika Anda memiliki alergi terhadap kacang kedelai.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/why-miso-is-healthy#section8
Diakses pada 2 Maret 2020

WebMD. https://www.webmd.com/breast-cancer/news/20030617/miso-soup-may-fight-breast-cancer#1
Diakses pada 2 Maret 2020

DrAxe. https://draxe.com/nutrition/what-is-miso/
Diakses pada 2 Maret 2020

Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/289887634_The_effects_of_the_miso_soup_containing_soy_protein_hydrolyzate_with_bound_phospholipids_on_serum_cholesterol_levels

Diakses pada 2 Maret 2020

Artikel Terkait