Cara kerja diet keto adalah mengurangi karbohidrat
Diet keto efektif dan aman untuk menurunkan berat badan.

Diet keto atau diet ketogenik adalah istilah untuk menyebut diet rendah karbohidrat. Para pelaku diet keto diharuskan mendapat lebih banyak kalori dari protein dan lemak. Karbohidrat tetap boleh dikonsumsi, namun porsinya sedikit.

Bagaimana Cara Kerja Diet Keto?

Jika tubuh mengonsumsi kurang dari 50 gram karbohidrat setiap hari, lama kelamaan tubuh akan kekurangan gula darah yang menjadi bahan bakarnya. Proses ini membutuhkan waktu selama 3-4 hari.

Proses selanjutnya, tubuh Anda akan mulai memecah protein dan lemak untuk energi beraktivitas, sehingga akan membuat Anda cepat menurunkan berat badan. Proses ini disebut dengan ketosis.

Manfaat Diet Keto

Sebagai diet yang banyak dibicarakan oleh pelaku diet sehat, sebenarnya apa manfaat diet keto? Berikut adalah sejumlah manfaat diet keto yang bisa Anda dapatkan:

1. Menurunkan Berat Badan

Sejak 3-6 bulan pertama penerapannya, diet keto dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan ketimbang diet lainnya. Secara teori, hal ini diakibatkan karena tubuh membutuhkan banyak kalori untuk mengubah lemak menjadi energi.

Diet tinggi protein atau lemak, umumnya juga dapat membuat Anda merasa kenyang dan jadi lebih sedikit makan.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Mengonsumsi lemak atau protein dari daging seringkali dikaitkan dengan masalah kolesterol dan penyakit jantung. Akan tetapi, diet ketogenik justru sebaliknya. Diet ini dapat menghentikan tubuh menghasilkan lebih banyak kolesterol.

Alasannya sederhana, dengan kadar gula darah (insulin) yang rendah, maka kolesterol juga berkurang dan tekanan darah Anda turut menurun.

3. Mencegah Jerawat

Wanita umumnya sangat perhatian dengan penampilannya. Masalah kecantikan kulit seperti jerawat benar-benar bisa mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri. Seringkali, jerawat muncul terkait dengan perubahan hormon di dalam tubuh.

Dengan diet keto yang rendah karbohidrat, Anda bisa menurunkan kadar insulin dan membantu menghentikan jerawat yang disebabkan perubahan hormon tertentu.

4. Menangkal Penyakit Diabetes

Penderita diabetes tipe 2 akan sangat terbantu dengan manfaat diet keto yang menjaga kadar gula darah. Seperti diketahui, kadar gula darah yang melonjak drastis akan menyebabkan munculnya berbagai penyakit dan kerusakan saraf.

Diet keto yang rendah karbohidrat dapat menjaga keseimbangan gula darah tetap stabil. Tubuh Anda akan membakar lemak untuk energi, kemudian menghasilkan zat keton.

Bagi penderita diabetes tipe 1, terlalu banyak keton dalam darah bisa membuat Anda jatuh sakit. Jadi, berkonsultasilah dengan dokter untuk memastikan diet yang tepat untuk Anda.

5. Melawan Gangguan Sistem Saraf

Manfaat diet keto lainnya berhubungan dengan fungsi otak dan tulang belakang. Pada bagian vital tubuh manusia tersebut ada banyak sel dan saraf yang saling terintegrasi. Diet keto akan membuat tubuh memecah lemak sebagai cadangan energi baru.

Selama proses ini, zat keton yang berfungsi membantu melindungi sel-sel otak Anda dari kerusakan akan dihasilkan. Alhasil, Anda dapat terhindar dari risiko penyakit pikun, Alzheimer, penyakit Parkinson, dan gangguan tidur (insomnia).

Setelah mengetahui manfaat diet keto bagi kesehatan, tertarikkah Anda untuk mencobanya?

5 manfaat diet keto

WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-ketogenic-diet
Diakses pada September 2018

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/ketogenic-diet-101#side-effects
Diakses pada September 2018

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319196.php
Diakses pada September 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed