Mengenal Cara Diet Keto dan Manfaatnya untuk Menurunkan Berat Badan


Diet keto atau adalah istilah lain dari diet rendah karbohidrat. Diet ketogenik ini dapat memecah protein dan lemak sehingga dapat menurunkan berat badan. Diet jenis ini memiliki banyak manfaat, seperti menurunkan berat badan dan mencegah penyakit jantung.

0,0
13 Jun 2019|Aby Rachman
Cara kerja diet keto adalah mengurangi karbohidratDiet keto efektif dan aman untuk menurunkan berat badan.
Diet ketogenik atau diet keto adalah istilah untuk menyebut diet rendah karbohidrat. Para pelaku diet keto diharuskan mendapat lebih banyak kalori dari protein dan lemak. Karbohidrat tetap boleh dikonsumsi, namun porsinya sedikit.

Bagaimana cara kerja diet keto?

Dikutip dari WebMD, jika tubuh mengonsumsi kurang dari 50 gram karbohidrat setiap hari, lama kelamaan tubuh akan kekurangan gula darah yang menjadi bahan bakarnya. Proses ini membutuhkan waktu selama 3-4 hari.Proses selanjutnya, tubuh Anda akan mulai memecah protein dan lemak untuk energi beraktivitas, sehingga akan membuat Anda cepat menurunkan berat badan. Proses ini disebut dengan ketosis.Baca juga: Jenis Diet yang Efektif untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Manfaat diet ketogenik

Sebagai diet yang banyak dibicarakan oleh pelaku diet sehat, sebenarnya apa manfaat diet keto? Berikut adalah sejumlah manfaat diet keto yang bisa Anda dapatkan:

1. Menurunkan Berat Badan

Sejak 3-6 bulan pertama penerapannya, diet keto dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan ketimbang diet lainnya. Secara teori, hal ini diakibatkan karena tubuh membutuhkan banyak kalori untuk mengubah lemak menjadi energi.Diet tinggi protein atau lemak, umumnya juga dapat membuat Anda merasa kenyang dan jadi lebih sedikit makan.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Mengonsumsi lemak atau protein dari daging seringkali dikaitkan dengan masalah kolesterol dan penyakit jantung. Akan tetapi, diet ketogenik justru sebaliknya. Diet ini dapat menghentikan tubuh menghasilkan lebih banyak kolesterol.Alasannya sederhana, dengan kadar gula darah (insulin) yang rendah, maka kolesterol juga berkurang dan tekanan darah Anda turut menurun.

3. Mencegah Jerawat

Wanita umumnya sangat perhatian dengan penampilannya. Masalah kecantikan kulit seperti jerawat benar-benar bisa mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri. Seringkali, jerawat muncul terkait dengan perubahan hormon di dalam tubuh.Dengan diet keto yang rendah karbohidrat, Anda bisa menurunkan kadar insulin dan membantu menghentikan jerawat yang disebabkan perubahan hormon tertentu.

4. Menangkal Penyakit Diabetes

Penderita diabetes tipe 2 akan sangat terbantu dengan manfaat diet keto yang menjaga kadar gula darah. Seperti diketahui, kadar gula darah yang melonjak drastis akan menyebabkan munculnya berbagai penyakit dan kerusakan saraf.Diet keto yang rendah karbohidrat dapat menjaga keseimbangan gula darah tetap stabil. Tubuh Anda akan membakar lemak untuk energi, kemudian menghasilkan zat keton.Bagi penderita diabetes tipe 1, terlalu banyak keton dalam darah bisa membuat Anda jatuh sakit. Jadi, berkonsultasilah dengan dokter untuk memastikan diet yang tepat untuk Anda.

5. Melawan Gangguan Sistem Saraf

Manfaat diet keto lainnya berhubungan dengan fungsi otak dan tulang belakang. Pada bagian vital tubuh manusia tersebut ada banyak sel dan saraf yang saling terintegrasi. Diet keto akan membuat tubuh memecah lemak sebagai cadangan energi baru.Selama proses ini, zat keton yang berfungsi membantu melindungi sel-sel otak Anda dari kerusakan akan dihasilkan. Alhasil, Anda dapat terhindar dari risiko penyakit pikun, Alzheimer, penyakit Parkinson, peningkatan konsentrasi dan menurunkan risiko gangguan tidur (insomnia).

Bahaya diet ketogenik

Meski aman, ada sejumlah bahaya diet keto yang perlu diwaspadai. Dalam jangka pendek atau di awal diet, Anda berpotensi mengalami gangguan kesehatan, seperti gangguan pencernaan, sakit kepala, rasa lemas, kehilangan energi, sembelit, serta gangguan tidur.Sementara itu, bahaya diet ketogenik dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan ginjal, gangguan organ hati, kekurangan vitamin dan mineral, hingga berpengaruh negatif terhadap metabolisme tulang.Program diet jenis ini sangat ketat, sehingga sulit untuk dilakukan dalam jangka panjang. Agar kesehatan tubuh tidak terganggu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan yang Cepat dan Efektif

Cara menjalankan diet ketogenik

Diet ketogenik adalah jenis diet yang merekomendasikan lebih banyak asupan kalori yang berasal dari protein dan lemak, serta membatasi karbohidrat.Cara diet keto adalah dengan mengonsumsi asupan lemak mencapai 60-70 % kebutuhan harian. Sementara asupan karbohidrat dikurangi hanya 5% dari kebutuhan harian pada umumnya.Saat menjalani diet, sejumlah makanan untuk diet keto yang baik dikonsumsi adalah:
  • Seafood
  • Sayuran rendah karbohidrat seperti bayam dan kubis
  • Keju
  • Alpukat
  • Stroberi
  • Dark chocolate
  • Daging merah dan unggas
  • Telur
  • Minyak kelapa
  • Greek Yogurt
  • Minyak zaitun
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
Sementara makanan yang perlu dihindari adalah konsumsi roti-rotian, makanan dan minuman manis, pasta, sayuran tinggi karbohidrat, serta buah-buahan tertentu (pisang, nanas, anggur). Bahan makanan dengan lemak tak sehat seperti margarin, minyak jagung, maupun minyak canola, harus Anda hindari.Begitu pula dengan makanan cepat saji serta daging olahan seperti sosis. Selain itu, Anda pun harus menjauhi makanan dengan pewarna, pengawet, dan pemanis buatan.

Tanda diet keto berhasil

Saat berhasil melakukan diet keto, tubuh akan mengeluarkan ciri-ciri atau tanda tertentu. Efek samping diet keto ini menunjukkan perubahan pada sistem metabolisme tubuh akibat memangkas kebutuhan karbohidrat.Ciri-ciri diet keto berhasil adalah:

1. Timbul bau mulut

Tanda diet keto berhasil yang pertama adalah muncul bau tidak sedap pada mulut. Pasalnya, kadar keton yang naik dan dikeluarkan lewat urine dan napas.Bau mulut sering dikaitkan dengan penampilan, tapi ini merupakan salah satu dampak positif dari diet keto yang Anda jalani. Untuk menyiasatinya, gosok gigi beberapa kali sehari dan makan permen karet bebas gula sesekali.

2. Kadar keton dalam darah meningkat

Ciri khas diet keto yang berhasil selanjutnya adalah berkurangnya kadar gula dalam darah dan meningkatnya keton. Dalam perkembangannya, tubuh akan membakar lemak dan kadar keton inilah yang menjadi bahan bakarnya.

3. Kadar keton dalam napas dan urin meningkat

Tanda-tanda ketosis yang satu ini memang tidak dapat diukur akurasinya, kecuali dengan alat. Namun, ketika Anda mengalami bau mulut dan urine selama diet, kedua hal itu sudah merupakan indikasi yang menandakan keberhasilan program diet Anda.

4. Cepat merasa lelah

Salah satu tanda-tanda kandungan keton meningkat yang perlu diperhatikan adalah rasa lemas dan lelah karena perubahan metabolisme tubuh. Pada tahap ini, banyak pasien diet ketogenik yang mundur karena merasa tidak kuat. Namun, efek samping ini sangat alamiah. Pasalnya, selama masa penyesuaian, tubuh mendapatkan sistem yang berbeda dari kebiasaan kita. Apalagi setelah sekian lama mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Pesan dari SehatQ

Setelah mengetahui cara diet keto dan manfaatnya bagi kesehatan, tertarikkah Anda untuk mencobanya? Jika Anda ingin berkonsultasi langsung pada dokter seputar diet, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
5 manfaat diet keto
diet ketomakanan sehatdiet sehatinfografis
WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-ketogenic-diet
Diakses pada September 2018
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/ketogenic-diet-101#side-effects
Diakses pada September 2018
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319196.php
Diakses pada September 2018
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait