Garam adalah salah satu pantangan makanan untuk penderita hipertensi
Salah satu pantangan makanan hipertensi adalah garam

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi masih menjadi momok menyakitkan bagi sebagian besar masyarakat di seluruh dunia.

Bahkan, hampir sepertiga orang dewasa di Amerika Serikat memiliki tekanan darah tinggi. Hal ini terkait dengan gaya hidup yang kurang sehat serta pola makan atau diet yang tidak terjaga.

Apabila Anda memiliki hipertensi, ada banyak makanan pantangan yang harus Anda hindari. Simak lebih lanjut untuk mempelajari apa saja makanan pantangan darah tinggi yang harus Anda hindari.

5 Pantangan Makanan Hipertensi

1. Garam

Garam adalah penjahat yang bisa merusak diet penderita tekanan darah tinggi. The 2015-2020 Dietary Guidelines for Americans menunjukkan bahwa orang yang memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya membatasi asupan sodium harian menjadi hanya sekitar 1.500 miligram (mg).

Sementara itu, menurut Mayo Clinic, rata-rata orang Amerika mengonsumsi sekitar 3.400 mg garam sehari. Nilai ini sangat besar, bahkan mencapai dua kali lipat batas konsumsi garam setiap harinya.

2. Daging Olahan

Daging olahan biasanya diolah sebagai makan siang yang bisa menjadi "bom" garam dan mengganggu diet Anda. Daging-daging ini sering dibumbui dan diawetkan dengan kadar garam yang tinggi.

Dalam satu porsi daging olahan berukuran 2 ounce, terdapat sekitar 500 mg sodium atau lebih. Meskipun Anda mengonsumsi seukuran telapak tangan daging olahan, tetap saja kadar garamnya sangat tinggi dan tidak sesuai dengan kebutuhan harian.

3. Pizza

Semua jenis pizza seharusnya menjadi makanan pantangan darah tinggi yang dihindari para penderita hipertensi.

Bayangkan, di dalam pizza ada banyak asupan sodium. Mulai dari kombinasi keju, daging yang diawetkan, hingga saus tomat dan lapisan roti yang banyak mengandung natrium.

Sudah jelas, pizza beku sangat berbahaya dan menjadi makanan pantangan darah tinggi yang berbahaya untuk orang dengan penyakit hipertensi.

Garam sering ditambahkan ke dalam pizza untuk menambahkan cita rasa. Satu porsi pizza keju dapat mengandung lebih dari 700 mg sodium, kadang-kadang bisa lebih. Semakin tebal lapisan pizza dan lebih banyak variasi toppingnya, maka kadar natriumnya juga sangat tinggi.

4. Makanan kalengan

Metode pickling atau pengasaman merupakan salah satu cara pengawetan makanan tertua di
dunia. Bahan makanan kaleng yang diawerkan pasti membutuhkan garam.
Garam digunakan sebagai pengawer karena garam menghentikan pembusukan makanan
danmembuatnya bisa bertahan lebih lama. Namun buruknya garam juga bisa membuat bahan
makanan dalam kalengan tersebut menyerap sodium dengan kadar yang tinggi.

Sayuran yang disimpan dalam acar kalengan selama jangka waktu tertentu, akan semakin banyak menyerap natrium. Satu porsi acar bisa mengandung sebanyak 390 mg garam.

5. Soto atau Sup di Warung Makan Pinggiran

Cepat, praktis, dan lezat. Inilah sebabnya soto atau sup warung makanan pinggiran banyak menjadi pilihan makanan orang Indonesia.

Akan tetapi, soto dan sup ini sudah ditambahkan sodium dan MSG. Jika kedua makanan ini dikonsumsi terlalu banyak, maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan, terutama penderita tekanan darah tinggi. Beberapa jenis soto dan sup tersebut dapat mengandung hampir 900 mg sodium dalam setiap porsinya.

Kini Anda patut berhati-hati dalam memilih makanan yang tepat untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Hindari makanan pantangan darah tinggi di atas apabila Anda memiliki penyakit hipertensi.

Healthline. https://www.healthline.com/health/high-blood-pressure-hypertension/foods-to-avoid
Diakses pada Maret 2019

Edison Institute of Nutrition. https://www.edisoninst.com/15-foods-to-avoid-with-high-blood-pressure/
Diakses pada Maret 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed