7 Cara Mengatasi Jerawat Meradang yang Ampuh

(0)
02 May 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ada banyak cara mengatasi jerawat meradang di kulit, salah satunya adalah dengan antibiotikJerawat meradang bisa diatasi dengan berbagai cara, mulai dengan obat yang bisa dibeli bebas hingga resep
Jerawat adalah permasalahan kulit yang sering dialami setiap orang. Tidak jarang, jerawat yang muncul juga mengalami peradangan sehingga tak hanya masalah penampilan, kondisi ini juga menyebabkan nyeri dan kemerahan di kulit. Beruntung, ada banyak cara mengatasi jerawat meradang yang bisa Anda coba seperti di bawah ini.

Pilihan cara mengatasi jerawat meradang

Untuk mengatasi jerawat yang meradang, ada beberapa obat yang bisa Anda gunakan, mulai dari yang bisa dibeli sendiri hingga yang perlu resep dokter. Berikut adalah beberapa bahan yang bebas dibeli dan dinilai efektif untuk atasi jerawat meradang.

1. Benzoil peroksida

Benzoil peroksida dengan konsenterasi 2,5% - 10% seringkali digunakan sebagai bahan aktif pada produk-produk penghilang jerawat yang bebas dibeli di pasaran.  Bahan ini bekerja dengan memaksimalkan penyerapan oksigen oleh pori-pori sehingga bakteri yang ada di bawahnya bisa mati.Bahan ini juga akan bantu mengangkat sel kulit mati dan sekaligus mencegah terjadinya breakout lanjutan.

2. Asam salisilat

Asam salisilat adalah bahan yang bersifat eksfolian. Artinya, ia akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati secara lebih efektif. Bahan ini juga akan membantu memecah jerawat yang sedang meradang dari dalam sekaligus mencegahnya untuk kembali muncul.

3. Sulfur

Sulfur akan membantu mengurangi minyak di kulit, bantu mencegah pori-pori tersumbat, dan juga memiliki sifat antibakteri. Bahan ini biasanya efektif digunakan untuk jerawat meradang yang tidak terlalu parah.Apabila bahan-bahan di atas tidak bisa memberikan hasil yang diinginkan, berarti sudah saatnya Anda mendapatkan pengobatan untuk jerawat meradang dari dokter. Biasanya, dokter akan meresepkan obat-obatan seperti di bawah ini.

1. Retinoid topical

Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang efektif untuk menyingkirkan sel kulit mati. Saat penggunaan, bahan ini  akan menyebabkan kulit Anda menjadi kemerahan dan mengelupas, serta lebih sensitif terhadap matahari. Sehingga, pastikan Anda menggunakan tabir surya selama perawatan dengan bahan ini.

2. Isotetrionin

Isotetrionin sangat efektif untuk bantu mengatasi jerawat meradang. Namun, penggunaan obat ini bisa menyebabkan banyak efek samping, sehingga biasanya hanya diresepkan untuk kondisi jerawat yang benar-benar parah.Obat ini juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu menyusui, dan wanita yang sedang merencanakan akan punya anak.

3. Antibiotik

Jika dokter menganggap jerawat meradang yang Anda alami adalah akibat infeksi bakteri P. Acne yang berlebihan, maka untuk mengatasinya, pemberian obat antibiotik minum akan dilakukan.Pemberian obat ini biasanya dilakukan jika jerawat muncul secara merata di beberapa bagian tubuh. Obat antibiotik bisa diberikan dalam bentuk obat minum maupun obat oles.

4. Perawatan hormon

Pada beberapa kasus jerawat yang meradang, ketidakseimbangan hormon bisa jadi penyebabnya. Sehingga, untuk mengatasinya dokter akan meresepkan obat untuk menekan produksi hormon di tubuh.

Tips menjaga kesehatan kulit selama perawatan jerawat meradang

Perawatan dengan obat-obatan apapun hasilnya tidak akan sempurna apabila Anda tidak menjaga kesehatan dan kebersihan kulit dengan baik. Berikut beberapa tips yang perlu Anda lakukan, agar kesehatan kulit tetap terjaga selama menjalani perawatan untuk jerawat meradang.
  • Cuci muka minimal dua kali sehati dan setelah berkeringat
  • Gunakan pembersih muka yang berbahan lembut
  • Jangan gunakan produk yang mengiritasi kulit
  • Jangan sering-sering menyentuh wajah, apalagi memecah jerawat menggunakan tangan
  • Bersihkan wajah dengan air hangat
  • Jika rambut Anda berminyak, sering-seringlah keramas agar minyak di rambut tidak menumpuk di kulit sekitarnya dan menyebabkan jerawat
  • Selalu gunakan tabir surya
  • Jika menggunakan make up, pilih yang tidak mengandung minyak dan bersifat non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori

Hal yang perlu diperhatikan dalam menghilangkan jerawat meradang

Terlalu banyak mengganti produk-produk perawatan jerawat malah akan memperparah kondisi jerawat Anda. Perawatan jerawat membutuhkan waktu agar dapat membuahkan hasil. Menggunakan produk yang berbeda setiap harinya  bisa mengiritasi kulit sehingga menyebabkan jerawat-jerawat baru bermunculan.Untuk mengukur kesuksesan perawatan, Anda dapat melihat ada atau tidaknya peningkatan pada kondisi wajah dalam 4-6 minggu. Untuk sembuh sepenuhnya, diperlukan waktu lebih lama sampai sekitar 2-3 bulan.Jika benar ada peningkatan, tetap gunakan perawatan tersebut. Setelah jerawat sudah mulai hilang, pertahankan perawatan jerawat Anda untuk menghindari munculnya jerawat-jerawat baru.
jerawatpengobatan jerawatmakanan penyebab jerawat
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/features/acne-right-treatment#1
Diakses pada Oktober 2018
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/acne-and-rosacea/10-things-to-try-when-acne-wont-clear
Diakses pada Oktober 2018
Healthline. https://www.healthline.com/health/inflamed-acne#types
Diakses pada 10 Maret 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/acne-treatment-4014193
Diakses pada 10 Maret 2020
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/acne/skin-care/tips
Diakses pada 10 Maret 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait