9 Cara Menghilangkan Jerawat Meradang yang Ampuh dan Efektif


Jerawat meradang terasa lebih mengganggu daripada jerawat biasa. Cara menghilangkan jerawat meradang bisa dilakukan dengan segera agar tidak timbul bekas jerawat. Sebab, selain rasanya lebih nyeri, jerawat yang meradang ukurannya besar dan berwarna kemerahan.

(0)
Ada banyak cara mengatasi jerawat meradang di kulit salah satunya adalah dengan antibiotikAnda disarankan untuk tidak menyentuh atau memecahkan jerawat meradang
Jerawat meradang tidak hanya menjadi masalah penampilan. Kondisi ini juga dapat menimbulkan rasa nyeri dan kemerahan pada kulit. Beruntung, ada berbagai cara untuk menghilangkan jerawat meradang yang bisa Anda coba.Jerawat meradang adalah jenis jerawat yang ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, dan tanda peradangan lainnya. Jerawat papula, jerawat pustula, dan jerawat batu atau jerawat kistik merupakan beberapa jenis jerawat meradang.Jerawat meradang disebabkan oleh penyumbatan pori-pori kulit disertai penumpukan sel kulit mati, minyak, dan bakteri.Umumnya, jenis bakteri penyebab jerawat meradang adalah Propionibacterium acnes (P.acnes).Jerawat meradang bisa muncul pada kulit yang mempunyai banyak kelenjar minyak, seperti wajah, leher, dada, dan punggung.Selain pada usia remaja, jerawat meradang juga mungkin muncul pada anak-anak dan dewasa.

Cara menghilangkan jerawat meradang dengan produk perawatan kulit berjerawat

Jerawat meradang dapat menyebar ke area kulit lain, bahkan menimbulkan bekas jerawat di kemudian hari.Maka dari itu, cara mengobati jerawat meradang merupakan hal yang penting dilakukan untuk mengurangi munculnya jaringan parut.Tergantung pada jenis jerawat yang Anda alami, ada beberapa jenis obat untuk jerawat meradang yang bisa digunakan.Mulai dari obat untuk jerawat yang bisa dibeli secara bebas di apotek hingga obat jerawat resep dokter.Berikut adalah pilihan cara menghilangkan jerawat meradang baik dengan kandungan produk perawatan kulit berjerawat  berikut ini.

1. Benzoil peroksida

Salah satu cara menghilangkan jerawat meradang yang bisa diperoleh melalui salep jerawat hingga produk perawatan kulit berjerawat adalah dengan benzoil peroksida.Benzoil peroksida dengan konsentrasi 2,5% - 10% sering kali digunakan sebagai bahan aktif pada produk-produk penghilang jerawat yang bebas dibeli di pasaran.Bahan aktif ini bekerja dengan memaksimalkan penyerapan oksigen oleh pori-pori sehingga bakteri penyebab jerawat yang ada di bawah kulit mati.Benzoil peroksida untuk jerawat juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus mencegah kemunculan jerawat baru di kemudian hari.Perlu diketahui bahwa penggunaan benzoil peroksida bisa menimbulkan efek samping kulit kering, memerah, terasa perih, hingga mengelupas.Oleh karena itu, penting untuk menggunakan salep jerawat benzoil peroksida hanya pada area kulit yang terdapat jerawat.

2. Asam salisilat

Cara menghilangkan jerawat meradang berikutnya adalah dengan asam salisilat.Asam salisilat adalah kandungan bahan aktif yang umum ditemui pada obat jerawat dan produk perawatan kulit.Asam salisilat untuk jerawat bekerja dengan meluruhkan dan mengangkat sel kulit mati dari dalam pori-pori.Kandungan bahan aktif ini dapat mengurangi peradangan sekaligus mencegah kemunculannya kembali di kemudian hari.Anda bisa menggunakan obat jerawat atau produk skincare mengandung asam salisilat pada seluruh permukaan kulit.Namun, pastikan langkah tersebut diikuti dengan penggunaan pelembap. Sebab, asam salisilat dapat membuat kulit kering bila digunakan terus-menerus.

3. Sulfur

Kandungan sulfur juga bisa menjadi cara menghilangkan jerawat meradang.Anda bisa menemukannya dalam berbagai produk perawatan kulit berjerawat.Sulfur memiliki sifat antibakteri yang bisa untuk mengurangi minyak di kulit, membantu mencegah pori-pori tersumbat, serta memiliki sifat antibakteri.Akan tetapi, penggunaan sulfur cenderung ampuh untuk mengobati jerawat ringan yang tidak meradang.Jika Anda menggunakan sulfur untuk jerawat meradang, mungkin hasilnya akan kurang efektif.Anda dapat mulai menerapkan cara untuk menghilangkan jerawat meradang dengan cara menggunakan sabun cuci muka mengandung asam salisilat dan obat jerawat mengandung benzoil peroksida secara teratur.Langkah ini mungkin membutuhkan waktu beberapa bulan sampai hasilnya dapat terlihat secara maksimal.Perlu diketahui bahwa penggunaan produk perawatan kulit atau obat jerawat di apotek tidak selalu dapat mengobati jerawat sepenuhnya.Terutama bila jerawat meradang sudah menyebar ke area kulit lain dan kembali muncul terus menerus.

Cara menghilangkan jerawat yang meradang dengan obat resep dokter

Jika selama tiga bulan pemakaian, cara mengobati jerawat meradang dengan produk perawatan kulit berjerawat di atas tak kunjung menyembuhkannya, segera konsultasikan dengan dokter kulit.Tergantung pada jerawat yang dialami, dokter mungkin akan meresepkan berbagai obat-obatan di bawah ini.

1. Retinoid topikal

Salah satu cara menghilangkan jerawat yang meradang dengan obat resep dokter adalah dengan penggunaan retinoid topikal.Retinoid adalah senyawa kimia turunan vitamin A yang mampu menyingkirkan sel kulit mati.Retinoid juga bisa mengobati jerawat meradang dengan tingkat keparahan sedang hingga parah sekaligus mempercepat penyembuhan jerawat.Selain kulit kemerahan dan mengelupas, penggunaan retinoid topikal juga dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.Jadi, pastikan Anda rutin menggunakan sunscreen sebagai rutinitas perawatan sehari-hari.

2. Isotretinoin

Isotretinoin merupakan obat minum resep dokter yang digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat yang meradang berikutnya.Penggunaan isotretinoin mungkin diresepkan oleh dokter apabila retinoid topikal tidak dapat mengatasi jerawat meradang.Meski efektif untuk mengatasi jerawat meradang yang parah atau jerawat kistik, penggunaan isotretinoin dapat menimbulkan efek samping.Penggunaan isotretinoin tidak disarankan bagi ibu hamil, ibu menyusui, atau perempuan yang berencana untuk hamil.Maka dari itu, penting untuk memberi tahu dokter mengenai kondisi Anda saat melakukan konsultasi.

3. Antibiotik

Antibiotik untuk jerawat meradang mungkin diresepkan oleh dokter bila penyebab jerawat meradang yang dialami akibat infeksi bakteri P. acnes yang berlebihan.Umumnya, pemberian antibiotik untuk jerawat meradang dilakukan bila jerawat batu muncul secara merata di beberapa bagian tubuh.Obat antibiotik untuk jerawat meradang biasanya diberikan untuk menyingkirkan bakteri penyebab jerawat meradang.Antibiotik untuk jerawat meradang bisa diberikan dokter dalam bentuk obat minum maupun obat oles.Tidak seperti antibiotik oral, antibiotik untuk jerawat meradang berbentuk topikal dapat digunakan 2 kali sehari selama 2 bulan.Kendati demikian, antibiotik oles tidak sekuat obat antibiotik oral sehingga hanya dapat digunakan untuk jerawat meradang yang parah, termasuk jerawat nodul, jerawat pustula, dan jerawat papula.

4. Perawatan hormon

Pada beberapa kasus, ketidakseimbangan hormon bisa jadi penyebab jerawat meradang terjadi.Jika kondisi ini yang Anda alami, dokter kulit mungkin akan meresepkan obat-obatan untuk menekan produksi hormon. Misalnya, spironolactone, obat antiandrogen, yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat meradang jenis kistik dan nodul akibat tingginya kadar hormon androgen dalam tubuh.Selain itu, pil KB juga dapat digunakan oleh perempuan yang mengalami jerawat meradang sebelum dan selama siklus menstruasi.

Cara mengobati jerawat meradang dengan bahan alami

Selain menggunakan berbagai obat untuk jerawat meradang di atas, ada beberapa cara mengobati jerawat meradang yang bisa Anda lakukan di rumahNamun, alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menerapkan cara mengobati jerawat meradang dengan bahan alami guna meminimalisir efek samping yang terjadi.Berikut adalah cara mengobati jerawat meradang dengan bahan alami yang bisa dilakukan.

1. Tea tree oil

Cara mengobati jerawat meradang bisa menggunakan bahan alami.Salah satunya adalah menggunakan tea tree oil atau minyak pohon teh.Beberapa hasil studi yang dimuat dalam Australasian Journal of Dermatology melaporkan bahwa manfaat tea tree oil dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat meradang.Sebelum mengoleskannya pada area kulit yang berjerawat, Anda bisa melarutkan minyak pohon teh dengan beberapa tetes air terlebih dahulu.Hentikan penggunaan tea tree oil untuk jerawat meradang bila Anda mengalami tanda-tanda iritasi, seperti kulit kemerahan, pembengkakan, atau muncul rasa gatal.

2. Es batu

Es batu juga bisa menjadi pilihan cara mengobati jerawat meradang.Es batu dapat mengurangi peradangan dengan meredakan rasa nyeri, pembengkakan, dan kemerahan yang ditimbulkan.Cobalah untuk membungkus beberapa buah es batu dengan handuk atau kain bersih.Lalu, tempelkan pada area kulit yang berjerawat selama beberapa menit.Hentikan cara mengobati jerawat meradang dengan es batu bila kulit merasa terlalu dingin atau tidak nyaman.

Cara menjaga kesehatan kulit selama perawatan jerawat meradang

Cara mengobati jerawat meradang dengan obat-obatan apa pun tidak akan memberikan hasil yang maksimal apabila Anda tidak menjaga kesehatan kulit.Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan wajah yang berjerawat selama menjalani perawatan untuk jerawat meradang.

1. Membersihkan wajah

Salah satu cara merawat wajah yang berjerawat adalah dengan rutin cuci bersih wajah.Anda disarankan untuk cuci muka minimal 2 kali sehari, termasuk setelah berkeringat.Pilihlah sabun pembersih wajah yang kandungannya ringan dan bertekstur gel agar tidak rentan menyumbat pori-pori.Caranya, mulailah cuci bersih wajah dengan air hangat.Lalu, gunakan sabun cuci muka seraya memijat muka perlahan. Selanjutnya, bilas wajah kembali dengan air hangat.

2. Oleskan pelembap

Oleskan pelembap bebas minyak setelah tahapan mencuci muka.Melewati langkah satu ini dapat membuat kelenjar sebaceous menghasilkan lebih banyak sebum.Akibatnya, kemunculan jerawat bisa jadi tak terhindarkan.Pilihlah pelembap berlabel bebas minyak (oil free), berbahan dasar air, dan tidak rentan menyumbat pori-pori (noncomedogenic).

3. Gunakan sunscreen atau tabir surya

Rangkaian perawatan wajah yang berjerawat juga perlu menggunakan sunscreen atau tabir surya.Penggunaan sunscreen bertujuan untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari.Selain itu, penggunaan obat untuk jerawat, terutama retinoid, dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari sehingga penting menggunakan sunscreen.Pilihlah sunscreen berbahan dasar air dan berlabel noncomedogenic.

4. Pilih produk perawatan kulit dan kosmetik yang tepat

Pastikan Anda menggunakan produk perawatan kulit dan kosmetik yang tepat.Ini artinya, produk skincare dan kosmetik tidak mengandung minyak dan bersifat noncomedogenic atau tidak rentan menyumbat pori-pori.Hindari penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung wewangian, alkohol, atau bahan kimia keras lainnya.Pasalnya, kandungan ini dapat mengiritasi kulit dan memperburuk kondisi jerawat meradang.

5. Jangan menyentuh atau memencet jerawat

Cara merawat kulit berjerawat lainnya adalah dengan tidak menyentuh atau memencet jerawat.Memencet jerawat yang meradang dapat meningkatkan peradangan sehingga infeksi bisa menyebar ke area kulit lainnya.

6. Konsisten menggunakan obat jerawat

Perawatan kulit berjerawat juga harus konsisten menggunakan obat jerawat.Terlalu banyak mengganti produk perawatan jerawat justru dapat memperparah kondisi jerawat Anda.Pengobatan jerawat membutuhkan waktu agar dapat membuahkan hasil.Penggunaan produk yang berbeda setiap harinya bisa mengiritasi kulit sehingga menyebabkan jerawat-jerawat baru kian bermunculan.Guna mengukur kesuksesan pengobatan, Anda bisa melihat ada atau tidaknya peningkatan pada kondisi wajah dalam kurun waktu 4-6 minggu.Untuk sembuh sepenuhnya, diperlukan waktu lebih lama sampai sekitar 2-3 bulan.Jika benar ada peningkatan, tetap gunakan perawatan tersebut.Setelah jerawat sudah mulai hilang, pertahankan perawatan kulit berjerawat Anda untuk menghindari munculnya jerawat-jerawat baru.Jika kondisi jerawat masih sulit ditangani walaupun sudah melakukan berbagai cara untuk menghilangkan jerawat meradang di atas, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit guna mendapatkan rekomendasi perawatan lebih lanjut.Anda pun dapat berkonsultasi langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk bertanya seputar cara mengobati jerawat meradang lebih lanjut.Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
jerawatpengobatan jerawatmakanan penyebab jerawat
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/features/acne-right-treatment#1
Diakses pada Oktober 2018
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/acne-and-rosacea/10-things-to-try-when-acne-wont-clear
Diakses pada Oktober 2018
Healthline. https://www.healthline.com/health/inflamed-acne#types
Diakses pada 10 Maret 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/acne-treatment-4014193
Diakses pada 10 Maret 2020
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/acne/skin-care/tips
Diakses pada 10 Maret 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/inflamed-acne#prevention
Diakses pada 16 Desember 2020
Australasian Journal of Dermatology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/ajd.12465
Diakses pada 16 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait