Kesalahan diet yang mungkin tidak Anda sadari adalah tidak memperhitungkan kalori yang berasal dari minuman.
Kesalahan diet yang mungkin tidak Anda sadari adalah tidak memperhitungkan kalori yang berasal dari minuman.

Apakah Anda sedang diet namun berat badan tidak kunjung turun? Tentunya, hal ini membuat Anda berpikir apakah Anda melakukan kesalahan diet?

Jika Anda telah makan dengan benar dan rutin berolahraga tetapi masih belum melihat perubahan apapun, mungkin saja Anda melakukan kesalahan yang tidak disadari.

Beberapa peneliti mengatakan bahwa tanpa sadar ketika seseorang sedang melakukan diet, justru ia malah mengonsumsi kalori lebih banyak.

Sebagai permulaan, jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka berhenti berpikir bahwa Anda sedang melakukan diet. Anggaplah apa yang Anda kerjakan sekarang merupakan rutinitas atau kebiasaan yang berpengaruh terhadap berat badan Anda.

Berpikir bahwa Anda sedang diet adalah awal dari sugesti bahwa Anda terobsesi dengan makanan, mudah merasa lapar, dan hal-hal negatif lainnya.

Anda tidak akan pernah sadar seberapa cepat kalori bertambah di dalam tubuh. Satu sendok salad saja dapat menambah sekitar 75-100 kalori, sementara satu sendok mentega menambah 102 kalori.

Mencicipi makanan, minum kopi di pagi hari, menghabiskan sisa makanan anak dapat menyebabkan penambahan kalori yang menyebabkan diet gagal.

Selain faktor yang disebutkan di atas, ada sejumlah faktor lain yang menjadi kesalahan diet. Berikut penjelasannya.

Kesalahan Diet #1: Terburu-buru Menghabiskan Makanan

Jangan membiasakan diri untuk buru-buru menyelesaikan makan Anda. Jadwal kerja yang padat biasanya memaksa Anda untuk segera menuntaskan makan Anda dengan terburu-buru, padahal kebiasaan inilah yang membuat Anda sulit menurunkan berat badan.

Kesalahan Diet #2: Melewatkan Sarapan

Sarapan sehat akan membantu Anda mempertahankan diet dan komitmen dalam menurunkan berat badan. Melewatkan sarapan (maupun waktu makan lainnya) tidak akan benar-benar mengurangi kalori.

Anda justru akan sangat lapar dan cenderung makan berlebihan ketika jam makan berikutnya. Beberapa peneliti bahkan menyarankan Anda untuk makan lebih banyak kalori ketika sarapan (ketimbang nanti di saat makan malam) karena justru akan membuat diet berhasil.

Untuk memastikan Anda cukup kenyang saat sarapan, pastikan untuk memasukkan banyak serat dan protein dalam menu Anda.

Kesalahan Diet #3: Terlalu Banyak Kalori Cair

Anda mungkin lupa mempertimbangkan kalori yang berasal dari minuman. Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengemukakan bahwa sekitar 21% kalori justru berasal dari minuman.

Kalori cair biasanya mengendap pada minuman beralkohol, kopi dengan krim dan gula, jus yang manis, dan soda. Minuman seperti itu biasanya malah akan meningkatkan berat badan Anda.

Kesalahan Diet #4: Porsi yang Berlebihan

Ketika Anda membeli makanan di restoran dan membawanya pulang ke rumah, biasanya porsi yang dihidangkan lebih banyak. Hal ini juga memengaruhi kalori yang Anda konsumsi.

Saat membawa pulang makanan dari restoran usahakan Anda menuangkannya dalam wadah yang lebih kecil sesuai dengan porsi Anda sendiri.

Kesalahan Diet #5: Makan Tanpa Sadar

Ketika Anda tengah menonton TV atau membaca buku, biasanya tanpa sadar Anda akan merasa ingin menyantap camilan dan mulai memasukkan makanan ringan ke dalam mulut.

Walaupun kalori yang dimiliki sebuah camilan tergolong rendah, namun camilan justru dapat dengan cepat menambahkan kalori dalam tubuh yang menyebabkan diet gagal.

Dari uraian di atas, kita dapat melihat bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan kesalahan diet. Untuk itulah, saat sedang diet ada baiknya Anda juga menyadari kebiasaan-kebiasaan makan dan minum yang mengundang banyak kalori.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih berhati-hati lagi saat melakukan diet.

WebMD. https://www.webmd.com/diet/obesity/features/diet-mistakes-6-reasons-youre-not-losing-weight#1
Diakses pada Maret 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/weight-pictures/ways-youre-sabotaging-your-diet.aspx
Diakses pada Maret 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed