Pengobatan kanker serviks bersifat individual, tergantung kondisi setiap pasien.
Pengobatan kanker serviks disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit setiap pasien.

Pada kanker serviks (kanker leher rahim), pengobatan yang dilakukan akan disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit. Sehingga, pengobatan kanker serviks dapat berbeda, antara satu penderita dengan penderita yang lain.

Pada kanker serviks yang masih dalam fase awal perkembangan penyakit, penanganan medis yang dilakukan umumnya berupa operasi, radioterapi, atau kombinasi keduanya. Sementara itu pada kanker serviks fase lanjutan, radioterapi dengan atau prosedur tanpa kemoterapi umum, menjadi pilihan.

Kanker serviks dapat disembuhkan apabila pengobatan dilakukan sejak dini, sebelum penyakit berkembang menjadi lebih parah. Berikut ini jenis-jenis penanganan kanker serviks yang perlu Anda ketahui.

1. Operasi untuk Kanker Serviks

Operasi merupakan jenis perawatan utama untuk kanker serviks. Terkadang, perawatan ini didampingi oleh kemoterapi atau terapi radiasi. Tujuannya untuk membantu menyusutkan tumor sebelum operasi, atau untuk membunuh sel kanker yang masih tersisa setelah operasi.

Terdapat beberapa jenis operasi kanker serviks yang bisa dilakukan, tergantung dari perkembangan dan penyebaran penyakit. Beberapa jenis operasi juga dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk memiliki keturunan.

Berikut ini adalah jenis-jenis operasi kanker serviks.

Konisasi

Konisasi merupakan operasi yang dilakukan untuk menghilangkan kanker serviks yang masih sangat kecil dan belum menyebar. Dokter akan mengangkat sedikit bagian sel abnormal yang terdapat di serviks.

Histerektomi Total

Operasi ini dilakukan untuk mengobati kanker yang kecil, dan belum menyebar keluar serviks. Pada operasi ini, dokter akan mengangkat rahim serta leher rahim pasien sekaligus.

Modifikasi Histerektomi Radikal

Operasi ini dilakukan apabila kanker masih dalam tahap awal, dan belum menyebar ke area lain di luar serviks. Pada operasi ini, dokter akan mengangkat rahim dan leher rahim, bersamaan dengan otot yang menahan rahim untuk dapat tetap di tempatnya.

Selain itu, dokter juga akan mengangkat bagian atas dari vagina yang berada di sebelah leher rahim, dan kemungkinan kelenjar getah bening.

Trakelektomi

Prosedur ini dapat menjadi pilihan perawatan, apabila kanker serviks yang dialami pasien, masih dalam tahap awal dan Anda masih menginginkan untuk memiliki keturunan. Pada prosedur ini, tim medis akan melakukan pengangkatan serviks dan bagian atas dari vagina, dengan mempertahankan sebagian besar rahim.

Pengangkatan Panggul

Operasi ini dilakukan apabila terjadi kanker kembali kambuh dan menyebar hingga ke area luar dari serviks. Operasi ini dilakukan untuk mengangkat leher rahim, rahim, serta kelenjar getah bening di dekat area yang terkena kanker.

Pengangkatan organ tubuh lainnya juga mungkin dilakukan, tergantung dari ke penyebaran kanker.

2. Terapi Radiasi

Terapi radiasi dilakukan dengan menggunakan sinar x-ray berenergi tinggi, atau radiasi jenis lain, untuk membunuh sel-sel kanker atau menghambat pertumbuhannya. Terdapat dua jenis terapi radiasi, yaitu:

  • Terapi radiasi eksternal. Terapi ini menggunakan alat yang memancarkan radiasi di luar tubuh, dan mengirimkan radiasi ke kanker di dalam tubuh.
  • Terapi radiasi internal. Terapi ini memakai alat yang memancarkan radiasi di dalam tubuh secara langsung, dekat dengan lokasi kanker.

3. Kemoterapi

Kemoterapi merupakan perawatan kanker yang menggunakan obat untuk mengehentikan pertumbuhan sel kanker atau membunuhnya, dengan cara mencegah sel membelah diri.

Kemoterapi dapat diberikan melalui mulut, atau disuntikkan ke pembuluh darah maupun otot. Selain itu, prosedur ini juga dapat diberikan melalui cairan serebrospinal, organ tubuh, atau bagian tubuh lain seperti perut.

4. Terapi Tertarget

Terapi ini merupakan jenis perawatan yang menggunakan obat atau substansi lain, untuk mengenali dan menyerang sel kanker yang spesifik, tanpa merusak sel-sel normal disekitarnya.

5. Terapi Imun

Terapi imun atau imunoterapi merupakan perawatan yang menggunakan sistem imun, atau sistem kekebalan tubuh dari pasien itu sendiri, untuk melawan kanker. Suatu bahan yang diproduksi oleh tubuh maupun yang ditambahkan dari luar tubuh, digunakan untuk mendorong, mengarahkan, atau menyimpan pertahanan alami tubuh, untuk melawan kanker.

Untuk menentukan jenis perawatan yang tepat, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Sebab, dokter akan memberikan pertimbangan sesuai kondisi tubuh Anda, sehingga perawatan yang diberikan dapat tepat dan efektif.

National Cancer Institute. https://www.cancer.gov/types/cervical/patient/cervical-treatment-pdq#_180
Diakses pada 5 April 2019

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/cervical-cancer/treatment/
Diakses pada 5 April 2019

WebMD. https://www.webmd.com/cancer/cervical-cancer/treatments-cervical-cancer#1
Diakses pada 5 April 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed