5 Ide Masakan untuk Anak yang Seru Dibuat Bersama Si Kecil

(0)
04 Jun 2020|Azelia Trifiana
Masakan untuk anak akan lebih istimewa jika dimasak bersama Si KecilMemasak bersama anak adalah kegiatan yang menyenangkan
mereka adalah dengan mengajak mereka terlibat langsung. Bisa mulai dari saat menentukan menu, berbelanja bahan makanan, dan tentu saja saat berada di dapur. Dengan cara ini, masakan untuk anak bisa jadi lebih berkesan dan siapa tahu bisa menaklukkan si picky eater.Wajar jika orangtua terkadang merasa lelah karena menu yang sudah dimasak susah payah ternyata berujung pada penolakan. Mungkin, bukan salah menunya hanya perlakuan kepada anak yang perlu lebih partisipatif. Jangan kalah kreatif, ada banyak ide membuat masakan untuk anak yang mudah dan antigagal!

Ide masakan untuk anak

Masakan untuk anak yang dibuat bersama-sama juga bisa menjadi cara memperkenalkan sayur untuk anak. Namun sebelum menentukan apa menu harian untuk mereka, keputusan harus ada di tangan si kecil. Biarkan mereka memilih menu yang diinginkan.Tentu untuk membuat anak bisa memilih, orangtua perlu kreatif menawarkan beberapa opsi sekaligus. Beberapa ide masakan untuk anak yang mudah dan bisa dibuat bersama si kecil adalah:

1. Pizza

Tak perlu pesan pizza dari restoran langganan, kini saatnya membuat sendiri pizza bersama si kecil. Tak harus punya oven sendiri untuk membuat pizza, ada banyak resep membuat pizza dengan salad.Resep sederhana membuat pizza bersama anak bisa dengan:
  • Beri lapisan saus tomat di adonan tortilla
  • Tambahkan keju parut
  • Tambahkan topping favorit anak seperti sosis atau daging
  • Biarkan anak memilih sayuran dan tambah irisannya sebagai topping
Kemudian, olah pizza di teflon hingga matang. Mungkin hasilnya tak akan semulus pizza karya chef di restoran, tapi bisa jadi ini yang lebih berkesan bagi anak!

2. Smoothies

Jika bosan mengonsumsi buah dengan cara itu-itu saja, ajak anak membuat smoothies sendiri. Bonusnya, isian smoothies bisa tak hanya buah-buahan tapi juga sayuran. Jangan lupa batasi penggunaan pemanis tambahan seperti gula cair karena tidak baik untuk kesehatan.Resep sederhananya adalah:
  • Masukkan yogurt ke blender
  • Tambahkan buah segar dan flaxseed/chiaseed
  • Tambahkan sayuran sesuai pilihan si kecil
  • Blender hingga rata
Simpan smoothies di kulkas dan sajikan dingin agar terasa lebih segar. Tak kalah menarik, cetak smoothies di popsicle dan bisa dikonsumsi seperti es krim.

3. Omelet

Menu olahan telur yang satu ini sangat populer tak hanya di kalangan orang dewasa, tapi juga anak-anak. Tak perlu resep khusus, cukup olah telur dengan topping atau isian sesuai permintaan si kecil. Contohnya dengan menambahkan keju parut, sosis, daging, kornet, dan banyak lagi.Ajak anak terlibat sejak awal proses pembuatan omelet, mulai dari memecahkan telur, mengocoknya, memasukkan topping, dan juga menggorengnya di atas kompor. Selama diawasi dengan baik, membekali anak cara membuat omelet sejak kecil tidak berbahaya.

4. Pancake

Berikan snack yang menarik dan bernutrisi seperti pancake, tapi kali ini ajak mereka terlibat dalam proses pembuatan masakan untuk anak. Ada banyak adonan premix pancake di pasaran atau bisa dibuat sendiri dari campuran susu, tepung, telur, dan bahan lainnya.Menariknya, pancake bisa dihias sesuka hati. Berikan wewenang pada si kecil untuk memilih topping apa yang mereka inginkan. Polos dengan maple syrup, madu, atau menambahkan irisan pisang hingga es krim juga bisa membuat pengalaman masak bersama jadi berkesan.

5. Sandwich

Pernah berpikir mengapa sandwich yang dibuatkan orangtua terkadang tidak laku dan hanya dicicipi sedikit oleh si kecil? Bisa jadi mereka bosan atau saatnya mengajak anak membuat makanan mereka sendiri. Resep yang satu ini pun mudah, bisa disajikan manis ataupun gurih.Buat sandwich dengan memilih topping apa yang akan dimasukkan. Bisa gurih dengan isian seperti selada, telur, dan keju. Atau manis dengan isian selai kacang dan irisan buah-buahan. Pilihan lagi-lagi ada pada si kecil. Siapa tahu dengan pengalaman membuat sendiri menu untuk mereka, antusiasme untuk menghabiskannya juga bertambah.Ketika anak cenderung menolak apa saja yang disajikan, orangtua jangan keburu stres. Siapa tahu itu hanya fase dan suatu saat akan berlalu. Melibatkan partisipasi
makanan sehattips parentinggaya parenting
Taste of Home. https://www.tasteofhome.com/collection/easy-recipes-for-kids-to-make-by-themselves/
diakses 21 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-lunch-ideas-for-kids
diakses 21 Mei 2020
BBC Good Food. https://www.bbcgoodfood.com/recipes/collection/kids-cooking
diakses 21 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait