5 Dampak Buruk Makan Siang di Meja Kantor, Hilangkan Kebiasaan Ini Sekarang

Kurangi makan siang di meja kantor agar bisa bersosialisasi dengan kolega.
Dampak buruk makan siang di meja kantor beragam, salah satunya jadi anti sosial.

Menyantap makan siang di meja kerja sudah menjadi kebiasaan banyak karyawan perkantoran. Mungkin, Anda atau kolega di tempat kerja menjadi salah satu yang melakukan kebiasaan ini.

Dengan makan siang di meja kantor, Anda “berharap” bisa menyelesaikan pekerjaan sambil menghilangkan rasa lapar. Selain itu, tidak jarang juga karyawan yang makan siang di meja kantor, sambil menjelajah Internet.

Ternyata, makan siang di meja kantor bisa memberikan dampak buruk untuk Anda. Apa saja dampak buruknya?

Berbagai dampak buruk makan siang di meja kantor

Diperkirakan, sekitar 40% karyawan menyantap makan siang di meja kantor. Perlu diketahui, mengerjakan banyak hal dalam satu waktu, seperti makan dan bekerja sekaligus, bisa berdampak buruk pada kesehatan dan tingkat produktivitas Anda.

Berbagai dampak buruk makan siang ini bisa Anda hindari, jika mau menghilangkan kebiasaan mengunyah makan siang di meja kantor.

  • Cenderung makan berlebihan

Makan siang sambil bekerja di meja kantor, bisa jadi bencana. Sebab, Anda bisa “lupa diri”, sehingga makan berlebihan pun bisa terjadi.

Penelitian telah membuktikan, makan sambil terdistraksi dengan banyak hal, bisa menyebabkan makan berlebihan. Contohnya, satu studi menemukan, orang-orang yang makan sambil nonton televisi, menyantap pizza 36% lebih banyak, dibandingkan dengan mereka yang tidak menyaksikan televisi.

Di meja kantor, bisa saja Anda makan sambil menatap layar laptop atau komputer. Hal ini dianggap sama buruknya, seperti makan sambil nonton televisi. Selain merugikan kesehatan Anda, diet pun cuma jadi wacana.

Tips: Untuk mengatasi hal ini, menjauhlah dari layar monitor, masukkan smartphone Anda ke dalam tas, dan fokus terhadap makanan yang sedang disantap, agar makan siang terasa lebih nikmat. Dengan menjalani makan siang yang lebih tenang, program diet jadi lebih lancar.

  • Otak sulit “bernapas"

Jika Anda makan siang di meja kantor, kemungkinan melihat layar monitor atau main smartphone jadi lebih besar. Berikanlah otak waktu untuk “bernapas”, dengan cara tidak bekerja sambil makan di meja kantor.

Jika otak terus bekerja, di saat seharusnya ia beristirahat sejenak, hal ini bisa menyebabkan stres dan kewalahan.

Tips: Gunakan waktu jam makan siang untuk keluar dari kantor dan mencari menu baru makan siang yang bervariasi.

  • Melewatkan kesempatan untuk jalan-jalan

Jam istirahat menjadi kesempatan emas bagi Anda untuk berjalan kaki, sambil mencari makan siang untuk dikonsumsi. Sebab, secara genetik, manusia didesain untuk bergerak. Jika Anda tidak banyak bergerak, ketika bekerja seharian penuh, bisa saja kesehatan akan memburuk.

Tips: Tidak hanya saat makan siang, ketika Anda parkir kendaraan, usahakan cari tempat yang agak jauh dari lobby kantor, agar bisa berolahraga dengan jalan kaki.

  • Duduk terlalu lama

Karyawan kantoran menghabiskan waktu berjam-jam duduk di depan layar monitor di meja kantornya. Penelitian membuktikan, duduk terlalu lama bisa berdampak buruk terhadap kesehatan, seperti meningkatkan risiko obesitas, tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, dan kadar kolesterol yang abnormal.

Tips: Buat Anda yang sedang menjalani diet, tentu saja duduk terlalu lama tidak bagus. Sebab, kalori yang dibakar saat duduk hanyalah sedikit. Lebih baik, Anda jalan kaki ke luar kantor dan mencari tempat makan baru untuk makan siang. Selain kalori berkurang, Anda bisa mencari makanan sehat baru untuk dibeli.

  • Dianggap antisosial

Bagaimana Anda bisa bersosialisasi dengan orang-orang di kantor, kalau Anda hanya makan di depan layar monitor?

Dengan berjalan keluar kantor, Anda bisa bertemu kolega dan bersosialisasi, entah tentang pekerjaan atau kehidupan.

Di pertengahan hari, Anda pasti ingin mencari inspirasi untuk melanjutkan pekerjaan sampai jam pulang kantor. Bertemu dengan kolega pada jam makan siang, merupakan salah satu hal yang bisa mengembalikan mood agar kembali semangat bekerja sampai sore hari tiba.

Tips: Buatlah janji dengan teman-teman, baik dari dalam maupun luar kantor, untuk makan siang bersama. Dengan begini, Anda tidak akan terdistraksi dengan pekerjaan, dan bisa fokus melepas penat.

Bagaimana jika terpaksa makan siang di meja kantor?

Suatu waktu, atasan meminta Anda mengerjakan tugas yang harus selesai dalam waktu singkat. Hal ini mengharuskan Anda makan di meja kantor, sambil bekerja. Jika hal ini terjadi, beberapa tips ini bisa diikuti.

  • Makan siang di meja kantor, membuat Anda cenderung makan berlebih. Maka dari itu, ganti menu makan siang Anda dengan yang sehat, seperti buah atau sayuran.
  • Karena Anda terpaksa makan di meja kantor, kegiatan jalan kaki untuk membakar kalori pun tertunda. Cari cara lain, seperti parkir kendaraan di tempat yang agak jauh.
  • Membersihkan meja makan adalah cara yang baik untuk menghindari bakteri bersarang di tempat-tempat kecil seperti keyboard komputer. Jika meja kantor sudah bersih, maka makan siang yang ada di sana juga terhindar dari kotoran.
  • Jangan jadikan kebiasaan. Jika sudah nyaman makan di meja kantor, hal itu bisa membuat Anda terus-terusan melakukannya. Jika sudah terbiasa, akan berbahaya bagi kesehatan.

Jika deadline sedang menghantui, keempat tips di atas bisa digunakan, untuk membuat makan siang di meja kantor jadi lebih menyehatkan.

Catatan dari SehatQ

Makan siang di meja kantor memang terdengar seperti kebiasaan sepele. Namun jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, dampak buruknya bisa Anda rasakan. Maka dari itu, selagi bisa, berjalan kaki lah untuk mencari makan siang di luar kantor, agar tubuh tetap aktif bergerak.

Net Doctor. https://www.netdoctor.co.uk/healthy-eating/a28892/why-you-shouldnt-eat-lunch-at-your-desk/

Diakses pada 17 Oktober 2019

 

Web MD. https://www.webmd.com/food-recipes/features/7-tips-eating-while-you-work#3

Diakses pada 17 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed