5 Cara Mudah Menerapkan Clean Eating untuk Pola Makan Sehat

Mengonsumsi beras merah menjadi salah satu cara menerapkan clean eating
Menggunakan produk organik adalah cara terbaik untuk clean eating

Secara harfiah, clean eating adalah memilih makanan yang paling dekat dengan bentuk alaminya. Jadi, alih-alih memilih makanan kemasan atau makanan kalengan, pilih jenis makanan alami yang segar dan utuh. Misalnya, bentuk daging ayam yang utuh dan bukan daging ayam beku atau yang telah diolah menjadi kornet atau sosis.

Bagaimana caranya menerapkan clean eating dalam diet sehat sehari-hari? Simak panduan berikut ini:

1. Makan Lebih Banyak Biji-bijian Utuh

Karbohidrat, seperti roti tawar, pasta, dan nasi, seringkali kehilangan nutrisinya karena proses pengolahan. Oleh karena itu, ganti pilihan Anda dengan roti tawar dari gandum serta nasi dari beras merah.

Atau, Anda dapat memilih jenis biji-bijian lain, seperti havermut, popcorn, barley, atau bulgur. Sedikit perubahan dalam karbohidrat yang dikonsumsi akan berdampak besar bagi kesehatan Anda.

Studi menunjukkan bahwa diet tinggi biji-bijian dapat menurunkan risiko dari berbagai penyakit. Mulai dari penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker usus besar.

2. Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

Dua jenis makanan alami ini merupakan menu wajib dalam clean eating. Inti dari clean eating adalah semua produk yang Anda konsumsi harus segar dan alami. Tetapi, ada juga yang mengatakan bahwa opsi sayuran dan buah beku masih diperbolehkan karena memiliki nutrisi yang terjaga.

Baca label kemasan untuk memastikan tidak terdapat tambahan gula atau garam. Selain itu, pilih buah utuh ketimbang jus.

Usahakan untuk setidaknya mengonsumsi 5-9 jenis buah dan sayuran per hari. Porsi ini tergantung pada apa jenis aktivitas fisik Anda dan jumlah kalori yang Anda butuhkan.

3. Waspadai Gula dan Garam Tambahan

Pada dasarnya, clean eating adalah komitmen untuk mengonsumsi makanan bersih secara alami yang rendah garam dan gula.

Untuk menghindari gula atau garam tambahan, baca label makanan Anda sebelum membeli. Bahkan, dalam makanan yang tampaknya sehat, seperti yogurt atau saus tomat. Jenis makanan ini tetap bisa mengandung gula dan garam tambahan.

Perhatikan juga seberapa banyak garam dan gula yang Anda tambahkan ke dalam makanan atau minuman Anda.

4. Perbanyak Minum

Untuk menerapkan clean eating, Anda harus mengganti minuman ringan yang bersoda atau jus kemasan, dengan minuman yang rendah kalori. Air putih dan teh herbal bisa menjadi contohnya.

Air putih dapat mengendalikan rasa lapar dan membantu Anda merasa kenyang dalam waktu lama. Air putih juga bisa menangkal rasa lelah dan memberi Anda lebih banyak energi. Ingin air mineral Anda jadi lebih nikmat? Coba tambahkan beberapa tetes perasan lemon atau daun mint.

5. Menggunakan Produk Organik

Produk sayuran atau buah-buahan organik umumnya menggunakan pestisida alami dan menghindari produk pertanian kimiawi. Menggunakan produk organik adalah cara terbaik untuk clean eating. Selain buah dan sayur, pertimbangkan juga produk daging dan susu.

Pelaku clean eating memilih produk organik atau pasar pertanian yang berlabel organik. Jika sulit mendapatkan asupan nutrisi protein untuk clean eating, Anda masih bisa mendapatkannya dari kacang-kacangan.

Siap mencoba clean eating untuk menjaga berat badan Anda?

WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-how-to-eat-clean

Diakses pada September 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed