5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet yang Menyiksa

Diet untuk menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan cara yang sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi sayur-sayuran
Mengonsumsi sayuran adalah kunci dalam menurunkan berat badan

Wanita umumnya paling memperhatikan penampilan tubuhnya. Tidak jarang, kebanyakan wanita melakukan berbagai jenis diet untuk mempertahankan berat badan yang ideal dan ramping.

Namun, tahukah Anda bahwa tanpa diet pun, Anda bisa menurunkan berat badan secara alami. Bagaimana caranya? 

Cara menurunkan berat badan tanpa diet

Cara-cara berikut ini dapat membantu menurunkan berat badan. Anda dapat mengombinasikannya dengan olahraga untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

1. Makan perlahan-lahan

Makan perlahan-lahan adalah salah satu kunci menurunkan berat badan tanpa perlu repot menjalani diet. Nikmati setiap gigitan makanan Anda dan atur waktu jeda selama 20 menit sebelum menambah porsi makanan.

Pasalnya, otak membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memberikan sinyal bahwa tubuh merasa kenyang.

Jika Anda melahap makanan dengan terburu-buru, perut tidak memiliki waktu untuk mengatakan ke otak atau memberikan sinyal ke otak bahwa tubuh sudah kenyang. Inilah yang menyebabkan makan berlebihan.

2. Cukup tidur

Tahukah Anda tidur selama 7-8 jam sepanjang malam juga termasuk cara menurunkan berat badan tanpa diet yang praktis?

Menurut para peneliti di Universitas Michigan, dalam setahun, tubuh bisa berkurang berat badan sebanyak 6-7 kg apabila Anda tetap menjaga asupan 2.500 kalori tiap hari dan tidur cukup.

Cara kerjanya sederhana. Ketika seseorang tidur, ia sebenarnya sedang berpuasa. Tidur yang cukup akan menggantikan aktivitas, seperti mengemil atau makan berlebihan. Hal ini mampu memotong kalori sebanyak 6%.

Hasilnya memang bervariasi untuk setiap orang, tetapi dengan tidur yang cukup sistem metabolisme tubuh akan bekerja lebih baik dan memudahkan Anda untuk mempertahankan berat badan seimbang.

3. Perbanyak sayuran

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menjaga berat badan selain memperbanyak makan sayuran. Sajikan tiga sayuran dalam menu makanan Anda. Anda akan makan lebih banyak porsi sayuran tanpa disadari.

Kandungan serat dan air yang tinggi dalam sayuran akan membuat Anda merasa kenyang meski hanya mengonsumsi sedikit kalori. Tambahkan air perasan jeruk lemon atau bumbu rempah-rempah ke dalam saus maupun sambal untuk menambah cita rasa menu sayuran kukus Anda.

[[artikel-terkait]]

4. Sup untuk menu pembuka

Banyak pelaku diet yang menghidangkan sup sebagai menu pembuka. Sup mengandung banyak kuah dengan sayur-mayur sebagai isinya. Sup berkuah segar ini bermanfaat di awal hidangan karena bisa membatasi nafsu makan Anda atau mengurangi keinginan makan berlebihan.

Selain sup sayur biasa, Anda bisa membuat sayur bayam, sayur katuk, sup soto bening, dan sebagainya. Tambahkan juga sayuran atau kaldu rendah garam.

5. Nikmati biji-bijian utuh

Yang dimaksud biji-bijian utuh di sini, yaitu beras merah, oat, atau gandum utuh. Jenis biji-bijian ini dapat membantu menurunkan berat badan secara bertahap dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Ketimbang mengonsumsi camilan berupa gorengan atau kue-kue dengan kalori tinggi, biji-bijian seperti almond, biji bunga matahari, atau walnut dapat menjadi alternatif. Biji-bijian utuh kini sudah tersedia di pusat perbelanjaan dalam berbagai bentuk. Namun jangan lupa untuk memperhatikan kandungan garam atau kalorinya. 

Jaga kesehatan Anda dengan menerapkan cara menurunkan berat badan yang sehat dan sederhana di atas. Selain itu, padukan dengan berolahraga secara rutin agar Anda mampu menurunkan berat badan dengan lebih efektif.

WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-no-diet-weight-loss
Diakses pada September 2018

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-ways-to-lose-weight-without-diet-or-exercise#section2
Diakses pada September 2018

Mindbodygreen. https://www.mindbodygreen.com/0-12098/the-7-things-i-did-to-lose-220-pounds-without-dieting.html
Diakses pada September 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed