5 Cara Menghilangkan Kista, Tidak Instan tapi Bisa Redakan Gejala

Cara menghilangkan kista atau gejala nyeri akibat kista adalah dengan memberikan kompres hangat pada area sekitar tumbuhnya kista
Rasa nyeri yang ditimbulkan kista bisa menyebabkan otot di sekitarnya menjadi tegang

Tumbuhnya kista terutama di rahim kadang tidak menunjukkan gejala apapun, bahkan bisa hilang dengan sendirinya. Selama kista tidak terlalu besar dan menimbulkan rasa nyeri tak tertahankan, cara menghilangkan kista bisa dilakukan sendiri di rumah. Tak perlu khawatir karena kista pada rahim tidaklah berbahaya.

Dengan penanganan yang tepat, kista tidak akan lebih dari sekadar rasa tidak nyaman sementara. Meski demikian, gejala sekecil apapun sebaiknya tidak diremehkan, terutama yang berkaitan dengan area pinggul.

Tindakan terhadap kista

Berbeda orang, berbeda pula tindakan yang bisa diterapkan terhadap kista yang dimilikinya. Ada beberapa indikator yang perlu diperhitungkan, seperti:

  • Ukuran
  • Bentuk
  • Seberapa parah gejala yang dirasakan
  • Usia atau apakah sudah memasuki fase menopause

Biasanya, orang yang memiliki kista pada rahim akan diminta untuk terus mengobservasi gejala yang dirasakan. Artinya, tidak perlu langsung diambil tindakan operasi sesegera mungkin.

Kista bisa hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu atau beberapa bulan, bergantung pada kondisinya. Itulah mengapa harus dilakukan pemeriksaan ultrasound dan juga tes darah secara berkala untuk mengetahui kondisi kista.

Operasi pengangkatan kista biasanya dilakukan apabila ukurannya sudah cukup besar dan tidak kunjung hilang setelah beberapa periode waktu tertentu. Selain itu, gejala yang membuat sangat tidak nyaman atau berisiko menjadi kanker juga biasanya memicu diambilnya tindakan operasi baik laparoskopi maupun laparotomi.

Selain itu, orang yang memiliki kista juga bisa menerapkan cara menghilangkan kista. Setidaknya membuat gejalanya lebih ringan, meski bukan berarti langsung tuntas menghilangkan kista.

Jenis kista

Kista adalah kantung berisi cairan yang tumbuh di rahim seorang perempuan. Ada yang merasakan gejala tertentu, namun ada juga yang tidak. Beberapa jenis kista pada rahim yang paling umum muncul adalah:

  • Corpus luteum

Merupakan jenis kista yang tumbuh di corpus luteum, jaringan yang mengisi folikel kosong setelah melepaskan sel telur pada masa ovulasi. Jenis kista ini bisa berdarah dan menimbulkan rasa nyeri.

  • Follicular

Selanjutnya adalah kista follicular yang tumbuh di folikel tempat sel telur berkembang selama ovulasi.

  • Tumor jinak

Kista yang tumbuh perlahan dan meskipun langka, bisa menjadi sel kanker.

Tumor corpus luteum dan follicular biasanya hilang dengan sendirinya. Namun perlu diambil tindakan apabila kista menjadi semakin berbahaya bahkan berisiko merusak rahim dan tuba falopi.

Cara menghilangkan kista

Ada beberapa cara menghilangkan kista yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Memang bukan berarti lantas membasmi kista, namun setidaknya membuat gejala akibat kista menjadi lebih ringan.

Beberapa cara menghilangkan kista tersebut adalah:

1. Pijat

Rasa nyeri yang ditimbulkan kista bisa menyebabkan otot di sekitarnya menjadi tegang. Biasanya, hal ini menjadi kian parah saat sedang haid. Memberikan pijatan lembut pada punggung bagian belakang, paha, bokong, dan perut dapat mengurangi rasa nyeri serta membuat otot lebih rileks.

2. Peregangan dan olahraga

Melakukan peregangan atau stretching dan berolahraga juga dapat menjadi cara menghilangkan kista atau gejala yang tidak nyaman. Tentunya jenis olahraganya berbeda, seperti berlari, yoga, atau sekadar peregangan otot.

Sebagai bonus, berolahraga secara berkala juga membuat otot-otot semakin rileks sekaligus kuat. Pada penderita PCOS, hal ini bisa mencegah tumbuhnya lebih banyak kista serta mengatasi resistensi insulin.

3. Kompres hangat

Memberikan kompres hangat juga dapat membuat aliran darah ke area sekitar tumbuhnya kista menjadi lebih lancar. Kompres bisa diberikan ke perut atau punggung selama sekitar 20 menit. Ulangi beberapa kali dalam sehari, namun ingat jangan menempelkan langsung ke kulit karena rentan membuat kulit terbakar.

4. Mengurangi berat badan

Mengurangi kelebihan berat badan juga dapat mengendalikan hormon dan mencegah pertumbuhan kista lebih besar lagi. Meski demikian, tentu mengurangi berat badan bukan pekerjaan instan yang hasilnya bisa dilihat dalam beberapa hari saja. lakukan secara konsisten, lengkap dengan komitmen kuat.

5. Ubah pola makan

Cara menghilangkan kista yang juga tak kalah penting adalah mengubah pola makan. Salah satu yang direkomendasikan adalah mengurangi asupan gula, termasuk dari karbohidrat seperti roti, nasi, dan pasta.

Cara ini juga dapat mencegah risiko mengalami diabetes yang membuat hormon semakin tidak seimbang. Lebih jauh lagi, mengubah pola makan ke arah yang lebih baik juga membuat tubuh semakin sehat.

Apabila masih bingung terhadap kista yang diderita, ada baiknya berkonsultasi kepada dokter. Umumnya, dokter tidak akan terburu-buru mengambil tindakan operasi selama ada cara menghilangkan kista secara alami yang bisa dilakukan.

Meskipun ada cara menghilangkan kista atau meredakan gejala-gejala tidak nyaman akibat kista, namun jangan pernah meremehkan tanda-tanda apapun pada tubuh berkaitan dengan tumbuhnya kista.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321685.php#outlook
Diakses 15 Desember 2019

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/ovarian-cyst/treatment/
Diakses 15 Desember 2019

Women’s Health. https://www.womenshealth.gov/a-z-topics/ovarian-cysts
Diakses 15 Desember 2019

Young Women’s Health. https://youngwomenshealth.org/2011/05/23/ovarian-cysts/
Diakses 15 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed