5 Cara Menghilangkan Dendam untuk Hidup Lebih Bahagia

(0)
07 Oct 2020|Marco Anthony
6 cara menghilangkan dendam pada orang lainMenyimpan dendam dapat mengganggu kesehatan mental Anda
Diselingkuhi oleh pasangan. Dikhianati oleh sahabat.Dihina oleh orang lain.Diperlakukan tidak adil oleh sesama.Empat hal ini merupakan sebagian kecil dari banyaknya penyebab yang menimbulkan rasa dendam terhadap orang lain. Rasa dendam mendorong Anda mengingat kesalahan orang tersebut dan ingin membalasnya. Bahkan rasa dendam mampu membuat Anda menantikan waktu yang tepat untuk balas dendam, tak peduli berapa lama saat yang tiba datang.

Menyimpan dendam berdampak buruk bagi kesehatan

Seorang pria sedang termenung
Menyimpan dendam dapat memicu depresi
Oleh karena itu tak heran balas dendam dapat menjadi motivasi hidup beberapa orang. Mereka dapat bertahan menghadapi berbagai cobaan apa pun asal dendam mereka terlampiaskan.Tetapi di sisi lain, menyimpan dendam dapat berdampak buruk terhadap kesehatan Anda. Menyimpan dendam dapat membuat Anda:
  • Terjebak di masa lalu
  • Mengalami kepahitan
  • Mengalami gangguan kecemasan
  • Depresi
Bahkan para peneliti dari Glasgow Caledonian University and Edinburgh Napier University menemukan bahwa menyimpan dendam dapat meningkatkan sensasi rasa sakit yang Anda rasakan walaupun rasa sakit tersebut tidak ada hubungannya dengan dendam Anda.Artinya, rasa nyeri yang sebenarnya biasa saja bisa terasa lebih menyakitkan ketika Anda menyimpan dendam.

Cara menghilangkan dendam

Menyimpan dendam sama seperti menggenggam besi panas dari perapian. Semakin lama Anda genggam, semakin parah luka bakar yang Anda alami.Anda wajib belajar melepaskannya agar tidak menyakiti diri sendiri. Memang tidak mudah, tetapi tidak mustahil untuk dilakukan. Jika Anda berencana melepaskan dendam dari diri Anda, berikut beberapa langkah ini dapat Anda lakukan.

1. Memaafkan

Langkah pertama agar Anda bisa melepaskan rasa dendam adalah memaafkan pelaku. Memaafkan bukan berarti Anda menoleransi perbuatannya terhadap Anda. Bahkan mungkin Anda tidak bisa melupakan perbuatannya kepada Anda. Tetapi dengan memaafkan kesalahan orang tersebut Anda memutus rantai pengaruh emosional orang tersebut terhadap Anda.

2. Terima apa yang sudah terjadi

Apa yang sudah terlanjur terjadi tentu tidak dapat diulangi kembali. Anda harus menerima kenyataan tersebut. Apa pun efek yang timbul dari kesalahan orang tersebut di hidup Anda, terimalah hal itu sebagai sesuatu yang sudah lewat. Hal ini akan mempermudah Anda memaafkannya, baik dengan atau tanpa permintaan maaf dari orang tersebut.

3. Ambil hikmahnya

Selalu ada hal positif yang dapat Anda ambil dari kejadian buruk. Ambil hikmahnya. Jika Anda pernah diselingkuhi oleh pacar Anda, Anda dapat bersyukur bahwa orang tersebut tidak akan menjadi pasangan hidup Anda. Anda pun jadi lebih berpengalaman dalam menjalin hubungan.

4. Ungkapkan perasaan Anda

Seorang wanita sedang berbicara dengan mantannya
Mengutarakan apa yang Anda rasakan dapat meredakan dendam
Dendam seringkali timbul ketika suatu masalah tidak langsung diselesaikan. Semakin lama dipendam maka akan semakin menguat. Oleh karena itu Anda perlu mengutarakan apa yang Anda rasakan terhadap orang yang bersangkutan. Siapkan diri Anda untuk mengkomunikasikannya dengan baik.

Hal ini dapat menciptakan rasa pengertian di antara Anda berdua dan akan melepaskan beban berat yang selama ini menggantung di hati Anda.

5. Pahami sudut pandang mereka

Cobalah menempatkan diri Anda pada posisi mereka. Seringkali Anda akan bisa memahami mengapa seseorang melakukan sesuatu perbuatan yang menyakiti Anda.Bisa saja mereka melakukan hal tersebut karena mereka sendiri sedang menderita dan akhirnya menyakiti Anda tanpa mereka sadari. Tentunya hal ini bukan menjadi pembenaran untuk perlakuan mereka terhadap Anda.Namun dengan memahami sudut pandang orang lain Anda dapat memahami mengapa seseorang bertindak demikian. Hal ini akan membuat Anda jadi tidak mudah mendendam.

6. Relakan

Menyimpan dendam dalam waktu yang lama akan menguras energi Anda. Belum lagi deretan penyakit dan gangguan mental yang mengikuti. Merelakan dendam Anda akan memberikan Anda kebahagian.Energi yang Anda gunakan untuk menyimpan dendam dapat Anda arahkan kepada sesuatu yang positif untuk kebahagian Anda.

Catatan dari SehatQ

Hampir semua manusia pernah merasakan dendam, baik kecil maupun besar. Beberapa orang dapat melepaskan dendam dengan mudah sementara yang lain sulit untuk melakukannya. Namun cara melepaskan dendam adalah hal yang perlu Anda pelajari. Karena dendam akan menghalangi kebahagiaan Anda.Jika ingin bantuan informasi untuk cara melepaskan dendam Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.  
gangguan mentalkesehatan mentalhidup sehat
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/inviting-monkey-tea/201503/why-we-hold-grudges-and-how-let-them-go
Diakses pada 23 September 2020
Psych Central. https://psychcentral.com/blog/8-tips-to-stop-holding-a-grudge/
Diakses pada 23 September 2020
Web MD. https://www.webmd.com/anxiety-panic/news/20190327/why-holding-a-grudge-is-bad-for-your-health
Diakses pada 23 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait