5 Cara Mengatasi Monday Blues untuk Anda yang Benci Hari Senin

(0)
16 Dec 2019|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Gunakan waktu weekend sebaik-baiknya, agar Anda tidak terkena Monday blues.Salah satu cara menyisati Monday blues ialah dengan curhat dengan teman Anda.
Apakah Anda suka merasa sedih dan malas, saat harus bersua dengan hari Senin lagi? Bisa jadi, Anda sedang dilanda Monday blues. Monday blues muncul ketika Anda takut untuk menghadapi hari Senin yang "mengerikan”, setelah merasakan dua hari di akhir pekan yang menyenangkan. Bagi Anda yang mengalaminya, mari kenali 5 cara mengatasi Monday blues, agar tidak membenci hari Senin lagi.

Beragam cara mengatasi Monday blues

Terkadang, Monday blues sudah “menghantui” Anda, bahkan sebelum hari Senin datang. Bisa jadi, ketika sedang bersantai ria bersama keluarga di hari Minggu, Monday blues sudah merasuki pikiran Anda. Hal ini bisa menyebabkan rusaknya hari libur yang harusnya digunakan untuk membuat badan dan pikiran rileks.Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, untuk mengatasi Monday blues, agar perasaan semangat dan senang bisa menemani Anda, saat hari Senin datang. Apa saja tipsnya?

1. Tinggalkan pekerjaan saat weekend tiba

Monday blues bisa menyerang, jika Anda masih berkutat dengan pekerjaan, walau akhir pekan sudah tiba. Kebiasaan masih sering membuka kotak surat elektronik (surel) alias email pada akhir pekan, juga memicu kedatangan Monday blues di Senin pagi.Seharusnya, Anda memanfaatkan akhir pekan untuk menenangkan badan dan pikiran. Sebab, jika akhir pekan digunakan untuk bekerja, maka hal itu bisa memicu datangnya Monday blues. Untuk menghilangkan kebiasaan ini, Anda bisa coba mematikan notifikasi surel, saat akhir pekan tiba. Selain itu, hindari aktivitas yang mengingatkan Anda tentang masalah pekerjaan.

2. Dapatkan kualitas dan jam tidur yang baik

Biasanya, saat akhir pekan tiba, banyak aktivitas yang dilakukan bersama teman maupun keluarga, sehingga pola tidur Anda jadi runyam. Setidaknya, Anda harus tetap tidur sekitar 7-9 jam sehari, walau di akhir pekan sekalipun.Anda disarankan tetap mendapatkan jam tidur yang sama seperti hari biasa. Kalau tidak, Anda bisa merasa gelisah dan bahkan depresi, di Senin pagi, yang akhirnya menyebabkan Monday blues.Akan tetapi, tetap lakukan hal-hal yang menyenangkan di akhir pekan. Jangan karena harus medapatkan tidur yang berkualitas, Anda malah jadi lupa untuk bersenang-senang bersama keluarga, kerabat, atau kekasih.

3. Rencanakan sesuatu yang menyenangkan

Jangan terlalu fokus pada pekerjaan yang akan memberatkan Anda di hari Senin. Sebab, hal itu hanya akan memperparah gejala Monday blues yang menjengkelkan. Lebih baik, rencanakan sesuatu yang menyenangkan, untuk melepaskan belenggu Monday blues yang membuat Anda membenci Senin.Misalnya, membuat janji untuk makan siang bersama sahabat, yang sudah lama tidak bertemu, atau mengajak teman-teman kantor untuk berolahraga sepulang kerja. Hal-hal ini bisa membuat hari Senin Anda jadi lebih ceria. Hasilnya, Monday blues bisa dikalahkan.

4. Sisakan waktu untuk bermeditasi, walau hanya beberapa menit

Sisakan waktu 5 menit saja, di Sabtu atau Minggu pagi, untuk bermeditasi. Penelitian membuktikan, walau hanya bermeditasi 2 menit per hari, otak Anda sudah mendapatkan efek positifnya, jika dilakukan secara rutin. Selain itu, melatih pernapasan Anda saat bermeditasi, juga bisa membantu Anda untuk lebih tenang dan fokus. Sehingga, Monday blues dapat disiasati.Beberapa hal di bawah ini menjadi manfaat emosional dari meditasi:
  • Memperoleh perspektif baru untuk menghadapi situasi yang membuat stres
  • Membangun keterampilan untuk mengelola stres
  • Meningkatkan kesadaran diri
  • Mengurangi emosi negatif
  • Meningkatkan imajinasi dan kreativitas
  • Meningkatkan kesabaran dan toleransi
Dengan manfaat meditasi di atas, Monday blues dapat dikalahkan, terutama jika Anda sudah memperoleh kekuatan untuk mengelola stres yang timbul di hari Senin pagi.

5. Curhat dengan teman

Jika memang Anda sedang mengalami Monday blues, jangan simpan perasaan itu sendirian. Curahkanlah perasaan yang menggelisahkan itu, kepada teman. Mintalah dukungan dan semangat, agar Anda menjadi lebih ceria dalam menghadapi segala tantangan yang ada di hari Senin.Hanya dengan mendapatkan teman curhat yang baik saja, rasa percaya diri untuk menjalani segala rintangan pekerjaan, bisa Anda dapatkan.

Catatan dari SehatQ

Jika perasaan yang Anda dapatkan saat Monday blues, ternyata berlanjut ke hari Selasa, Rabu, Kamis, hingga Jumat atau akhir pekan, bisa jadi, itu bukan Monday blues, melainkan depresi.Sebab, Monday blues sebenarnya akan mereda seiring berjalannya waktu ke akhir pekan. Jika merasakan Monday blues berkepanjangan, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan psikolog dan dokter, untuk memastikan gangguan mental yang sedang dialami.Jangan pernah meremehkan Monday blues. Sebab, belenggu di Senin pagi ini bisa merusak suasana hati dan bahkan membuat pekerjaan atau aktivitas lainnya jadi runyam.
mengatasi depresikesehatan mentalstres
Healthline. https://www.healthline.com/health/monday-blues#stick-to-routines
Diakses pada 16 Desember 2019
Psych Central. https://psychcentral.com/blog/8-ways-to-avoid-the-monday-morning-blues/
Diakses pada 16 Desember 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/meditation/in-depth/meditation/art-20045858
Diakses pada 16 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait