6 Cara Memilih Foundation yang Bagus Sesuai Warna Kulit Wajah Anda


Cara memilih foundation yang bagus untuk wajah memang tidak bisa sembarangan. Salah dalam penggunaan foundation dapat berisiko menyebabkan tampilan wajah yang tidak prima dan tidak menawan.

(0)
Salah memilih foundation yang bagus berisiko menyebabkan tampilan wajah yang tidak prima hingga timbulnya jerawatMemilih foundation yang bagus untuk wajah memang tidak bisa sembarangan
Cara memilih foundation yang bagus memang tidak bisa sembarangan. Sebab, salah dalam memilih dan menggunakan foundation dapat berisiko menyebabkan tampilan wajah jadi tidak prima. Nah, agar tidak salah, sebaiknya ketahui cara memilih foundation make up yang bagus dan aman melalui artikel berikut ini.

Cara memilih foundation yang bagus untuk wajah

Cara memilih foundation make up yang bagus kerap menghabiskan banyak waktu. Bagaimana tidak, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan selama cara memilih foundation make up yang bagus agar sesuai dengan jenis kulit wajahMaka dari itu, setiap orang membutuhkan jenis dan warna foundation yang berbeda-beda. Yuk, ketahui cara memilih foundation yang bagus sesuai jenis kulit wajah Anda di bawah ini. 

1. Ketahui jenis kulit wajah

cara memilih foundation yang bagus adalah menentukan jenis kulit wajah
Pastikan untuk memilih foundation yang tepat sesuai jenis kulit wajah
Salah satu cara memilih foundation adalah mengetahui jenis kulit wajah. Dengan ini, maka dapat sangat membantu Anda dalam pemilihan warna foundation yang tepat. Misalnya, foundation yang bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat sebaiknya memberikan tampilan akhir matte dan halus di wajah. Kandungan foundation yang bagus untuk kulit berjerawat tersebut juga cenderung dapat menyerap kelembapan dan mencegah kulit wajah semakin bersinar. Jika Anda memiliki kulit kering, pilihlah foundation yang bagus untuk kulit kering yang diformulasikan agar dapat melembapkan. Foundation yang bagus untuk kulit kering sebaiknya berbentuk liquid atau stickSementara, bagi Anda pemilik kulit sensitif, gunakan foundation yang berlabel noncomedogenic atau tidak rentan menyumbat pori-pori, serta tidak mengandung wewangian yang berisiko mengiritasi kulit wajah. Pemilik kulit kombinasi, sebaiknya menghindari penggunaan foundation yang menyebabkan kulit wajah tampak berminyak. Anda bisa pula mencoba beberapa formula yang berbeda guna melihat mana foundation make up yang bagus untuk kulit. 

2. Kenali warna dasar kulit

menentukan warna dasar kulit juga menjadi mengenali warna dasar kulit
Warna dasar kulit dapat memengaruhi warna foundation
Cara memilih foundation berikutnya adalah dengan mengenali warna dasar kulit. Pasalnya, warna dasar kulit dapat memengaruhi warna foundation yang Anda gunakan akan terlihat bagus atau tidak di wajah. Pada dasarnya, warna dasar kulit dapat dikelompokkan menjadi tiga warna, yaitu cool (dingin), warm (hangat), dan natural (netral). Cara memilih warna foundation melalui warna dasar kulit bisa melalui pembuluh darah di pergelangan tangan. Orang yang memiliki pembuluh darah berwarna biru maka cocok menggunakan warna foundation bernuansa dingin. Nuansa warm pada produk foundation umumnya cocok bagi pemilik pembuluh darah berwarna hijau. Kemudian, orang-orang yang memiliki pembuluh darah berwarna keunguan bisa memilih foundation dengan warna netral. Misalnya, apakah warna dasar kulit Anda cocok dengan pilihan warna foundation, seperti ivory, beige, tan, dark brown, bronze brown, dan lainnya. Cara memilih warna foundation akan semakin mudah karena sejumlah produsen kecantikan ada yang memberi label sesuai dengan warna dasar kulit.

3. Tentukan coverage foundation

Coverage foundation yang bagus sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda
Anda bisa memilih tingkat coverage foundation penuh, sedang, atau tipis
Cara memilih foundation yang bagus selanjutnya adalah menentukan coverage foundationMisalnya, apakah Anda menginginkan tingkat coverage yang penuh, sedang, atau tipis. Anda bisa menentukan jenis coverage tergantung dari tampilan yang dihasilkan lewat penggunaan foundation. Kemudian, sesuaikan dengan tingkat coverage yang disediakan oleh foundationBagi Anda yang memiliki masalah bruntusan di wajah, bekas jerawat, jerawat meradang, lingkaran hitam di area mata, hingga pigmentasi (warna kulit tidak merata) biasanya membutuhkan foundation dengan tingkat coverage sedang hingga penuh.

4. Pilih tekstur foundation

Menentukan tekstur foundation yang bagus adalah hal yang penting
Foundation hadir dalam bentuk cair, krim, hingga bubuk
Pemilihan tekstur juga menjadi cara memilih foundation yang tepat. Untuk mendapatkan foundation make up yang bagus, pilih juga tekstur alas make up yang akan Anda gunakan.Pasalnya, setiap tekstur foundation memiliki fungsi yang berbeda-beda, seperti:
  • Foundation cair. Jenis foundation yang paling ringan dan mudah untuk dioleskan pada wajah. Meski berbahan dasar air, bukan berarti foundation ini bebas dari kandungan minyak. Umumnya, foundation cair berbasis air bisa digunakan oleh pemilik kulit normal, berminyak, hingga kering. 
  • Foundation krim. Foundation krim bisa digunakan untuk kulit normal hingga sangat kering. Foundation krim mengandung minyak dan bertekstur tebal. Biasanya jenis foundation ini memiliki tingkat coverage yang sangat baik sehingga cocok untuk menyamarkan noda bekas jerawat hingga masalah mata panda. 
  • Foundation bubuk atau tabur. Sesuai teksturnya, tipe foundation ini cenderung sangat kering dan tanpa air sama sekali. Foundation yang bagus untuk kulit berminyak ini cocok digunakan agar mencegah tampilan kulit yang semakin bersinar. 

5. Coba foundation di area leher

Setelah mengetahui warna dan tekstur foundation yang digunakan, Anda bisa mencobanya pada area leher atau rahang. Beberapa orang ada yang mencoba foundation pada punggung tangan. Padahal, warna kulit punggung tangan dan wajah tentu berbeda. 

6. Coba foundation di pencahayaan yang berbeda

Cara memakai foundation yang paling baik adalah di bawah pencahayaan yang beragam, seperti di dalam dan luar ruangan. Hasil warna foundation make up yang bagus akan menyatu alami dengan warna dasar kulit. Jika warna foundation dan dasar kulit menghasilkan warna abu-abu, tidak nyata, terlalu gelap, terlalu terang, atau hasilnya tampak berminyak, ini berarti foundation tersebut tidak bagus dan tidak tepat untuk Anda.

Cara pakai foundation yang benar

Setelah mengetahui cara memilih foundation make up yang bagus di atas, kini saatnya Anda mengetahui cara memakai foundation yang benar. Jangan sampai foundation make up yang bagus sudah ada di tangan, tetapi cara pakainya tidak tepat atau sembarangan. Akibatnya, penampilan Anda akan jadi terlihat kurang prima. Lantas, bagaimana cara memakai foundation yang tepat? Simak langkah-langkah memakai foundation berikut ini. 

1. Siapkan wajah

Salah satu cara memakai foundation yang benar adalah dengan mempersiapkan wajah terlebih dahulu. Pastikan Anda sudah cuci muka menggunakan sabun pembersih wajah yang kandungannya ringan. Kemudian, keringkan wajah menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepuknya perlahan. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan toner wajah yang berfungsi untuk mengangkat minyak atau kotoran yang tidak ikut terangkat saat tahapan mencuci muka. Setelah toner wajah, oleskan pelembap. Pilihlah pelembap yang mengandung SPF sekaligus. 

2. Pilih foundation

Cara memakai foundation yang benar adalah dengan memilih sesuai tingkat coverage yang dibutuhkan. Anda bisa menentukan jenis coverage tergantung dari seberapa alami atau natural tampilan yang ingin dihasilkan dari pemakaian foundationBegitu pula dengan teksturnya. Anda bisa memilih tekstur yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit yang dialami. 

3. Gunakan foundation

Cara memaki foundation cair bisa menggunakan spons atau beauty blenderFungsi beauty blender dapat membuat hasil make up tampak natural dan terhindar dari riasan yang cakeyCara memakai foundation dengan beauty blender adalah dengan membasahi spons make up terlebih dulu dengan air atau setting spray agar terasa lembap. Lalu, oleskan tipis-tipis pada area tengah wajah terlebih dahulu. Kemudian, baurkan secara merata menggunakan beauty blenderSementara, penggunaan foundation dengan kuas bisa memberikan hasil yang maksimal untuk jenis powder atau tabur dengan tingkat coverage ringan hingga sedang. Caranya, gunakan kuas untuk mengambil foundation tabur dengan cara memutarnya. Lalu, ketuk kuas pada untuk menghilangkan kelebihan foundation dan aplikasikan pada area wajah yang lebih besar dengan gerakan memutar. 

4. Ratakan foundation

Ulangi pemakaian foundation ketika masih ada area wajah yang kurang tersamarkan dengan baik. Cara memakai foundation secara tipis-tipis sebenarnya dapat membantu mencegah kemungkinan foundation jadi retak atau pecah, serta memastikan foundation menyatu dengan warna kulit. 

5. Gunakan produk make up lainnya

Jika cara memakai foundation yang benar sudah selesai, Anda bisa melanjutkan dengan penggunaan produk make up lainnya seperti biasa. Misalnya, menggunakan concealer, translucent powder, bedak, maskara, eyeliner, blush on, highlighter, dan lipstik untuk melengkapi penampilan. Baca Juga: Cara Menggunakan Make Up Natural, Simak TutorialnyaSetelah mengetahui cara memilih foundation yang tepat di atas, tentu Anda tidak akan salah lagi dalam merias wajah. Jangan lupa untuk menemukan ragam produk foundation make up yang bagus di Toko Online SehatQ.
makeupproduk kecantikan
Health. https://www.health.com/beauty/how-to-pick-the-perfect-foundation-for-you?slide=811940e8-cd09-4427-9f56-632e3b3e105e#811940e8-cd09-4427-9f56-632e3b3e105e
Diakses pada 17 April 2020
Prevention. https://www.prevention.com/beauty/makeup/a20429293/how-to-choose-and-apply-foundation/
Diakses pada 17 April 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/choose-a-perfect-foundation-for-your-skin-tone/
Diakses pada 17 April 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-apply-foundation-on-face/
Diakses pada 4 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait