Memahami 5 bahasa cinta membantu pasangan untuk saling mengerti satu sama lain
Memahami 5 bahasa cinta membantu pasangan untuk saling mengerti satu sama lain

Menjalani pernikahan dan hubungan romantis tentu bukan hal yang gampang dilakukan. Semua pasangan ingin senantiasa memahami pasangannya. Walau begitu, beberapa individu mungkin kesulitan untuk memahami apa yang paling diinginkan pasangan. Jika Anda juga demikian, kenali konsep 5 bahasa cinta yang sudah termasyhur untuk harmonisasi hubungan.

5 bahasa cinta, seperti apa?

Konsep 5 bahasa cinta merupakan 5 poin yang tiap-tiap individu inginkan dari pasangannya. Memahami konsep 5 bahasa cinta ini membantu kita dalam memberikan kasih sayang dan cinta kita terhadap pasangan.

5 bahasa cinta dirancang oleh penulis terkenal bernama Dr. Gary Chapman. Konsep ini ia tulis dalam buku berjudul The 5 Love Languages. Terbit tahun 1992, buku The Love Languages  sudah terjual 12 juta di seluruh dunia.

5 bahasa cinta, kenali lebih dekat

Berikut ini 5 bahasa cinta yang bisa Anda identifikasi untuk memahami orang terkasih:

1. Words of affirmation (kata-kata yang baik)

Word of affirmation merupakan ekspresi kasih sayang yang diberikan lewat kata-kata pujian yang positif. Apabila pasangan memiliki bahasa cinta words of affirmation, ia menikmati kata-kata yang Anda sampaikan memiliki makna yang baik.

2. Physical touch (sentuhan fisik)

Cukup jelas,  individu dengan bahasa cinta ini merasa sangat disayangi lewat pemberian sentuhan-sentuhan fisik. Sentuhan fisik tersebut tentunya tak sekadar saat berhubungan seksual, namun juga dengan menggenggam tangannya, menyentuh lengannya, atau memberikan belaian sebelum tidur.

Apabila pasangan Anda memiliki bahasa cinta ini, ia tentunya sangat menyenangi sesi cuddle ditemani dengan film kesukaan berdua. Pada intinya, ia hanya ingin dekat dengan secara fisik.

2. Quality time (waktu berkualitas bersama)

Cinta dan kasih sayang dapat dicurahkan melalui pemberian perhatian penuh, tanpa terganggu oleh berbagai distraksi lainnya. Misalnya, Anda mematikan dengan segera smartphone kemudian menatap pasangan dengan penuh arti, saat ia mulai bercerita tentang harinya.

5 Bahasa cinta berupa quality time dan berduaan
Tatap mata pasangan jika quality time merupakan bahasa cintanya

Pasangan dengan bahasa cinta ini mencari waktu yang berkualitas, alih-alih kuantitas. Artinya, saat Anda sedang berduaan, ia akan merasa sangat dicintai apabila Anda bisa fokus pada dirinya. Buatlah kontak mata dan responslah hal yang ia tanyakan.

4. Acts of service (bantuan dan pertolongan)

Bantuan-bantuan kecil yang kita berikan akan sangat berarti apabila pasangan memiliki bahasa cinta ini. Bantuan tersebut termasuk hal yang simpel. Misalnya, mencuci piring, membereskan rumah, hingga menyiapkan makanan.  

Orang terkasih Anda akan merasa dicintai apabila Anda 'peka' dalam membantunya, karena ia juga akan memberikan bantuan-bantuan tulus untuk Anda.

5. Receiving gifts (menerima kado)

Apabila pasangan Anda memiliki bahasa cinta ini, ia akan sangat suka apabila Anda rutin memberinya hadiah dan kado. Ia tak hanya melihat apa yang Anda berikan untuknya, namun juga makna di balik kado tersebut.

Pasangan juga akan mengingat setiap hadiah yang Anda berikan. Sebab, apa yang Anda berikan sebagai orang terkasihnya, sangat berharga bagi dirinya.

Mana bahasa cinta yang paling menggambarkan pasangan?

Menentukan bahasa cinta pasangan tentu tak gampang dan menentukan pengamatan yang penuh pertimbangan.
Anda bisa mengamati cara pasangan memperlakukan orang lain dan merespons diri Anda. Jika ia terus memberikan kata-kata yang positif, maka kemungkinan besar bahasa cintanya adalah words of affirmation.

Anda juga bisa memerhatikannya saat pasangan memberikan kritikan. Walau sulit dan mungkin keadaannya membingungkan, kritikan dan komplain dari pasangan memberikan informasi bernilai, termasuk bahasa cintanya.

Misalnya, apabila sang istri mengkritik Anda tak pernah membantu membersihkan rumah, ada kemungkinan bahwa bahasa cintanya adalah act of service atau bantuan-bantuan tulus.

Hal yang penting diingat terkait 5 bahasa cinta

Menurut Dr. Chapman, 5 bahasa cinta di atas tak hanya berlaku untuk hubungan romantis, melainkan juga bisa diterapkan pada hubungan lain, seperti orangtua dan anak, hubungan di kantor, dan pertemanan biasa.

Pasangan hendak berciuman
Bahasa cinta kadang berubah di beberapa waktu

Bahasa cinta juga kadang berubah di beberapa waktu. Sebagai contoh, apabila pasangan menjalani hari yang buruk di kantornya, ia mungkin lebih membutuhkan pelukan dan sentuhan fisik ketimbang kata-kata afirmasi.

Kuncinya, Anda bisa senantiasa rutin berkomunikasi dan menanyakan kepada pasangan hal yang paling ia butuhkan sehingga Anda pun bisa merespons bahasa cintanya.

Catatan dari SehatQ

Konsep 5 bahasa cinta di atas diharapkan dapat membantu Anda memahami apa yang paling diinginkan pasangan. Pada akhirnya, kunci dari mengidentifikasi bahasa Si Dia adalah komunikasi karena dapat berubah di beberapa waktu

5 Love Languages. https://www.5lovelanguages.com/mbm-book-author/dr-gary-chapman
Diakses pada 18 Februari 2020

Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/can-the-five-love-languages-help-your-relationship-4783538
Diakses pada 18 Februari 2020

Web MD. https://www.webmd.com/sex-relationships/features/the-five-love-languages-tested
Diakses pada 18 Februari 2020

Artikel Terkait