4 Cara Mengatasi Susah Tidur Berikut Sangat Efektif untuk Dicoba

Menghindari tidur di sofa dapat menjadi salah satu cara mengatasi susah tidur
Hindari tidur di sofa sebagai langkah untuk mengatasi susah tidur yang Anda alami.

Tidur merupakan proses penting yang dapat menjaga tubuh agar dapat menjalani fungsinya dengan baik. Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekan manfaat tidur untuk kesehatan. Padahal, dengan tidur yang cukup Anda dapat bangun dalam keadaan yang segar dan menjalani hari secara lebih produktif.

Melihat hal tersebut, jika Anda termasuk orang yang kerap mengalami susah tidur, maka kondisi tersebut sebaiknya segera diatasi. Agar lebih mudah terlelap, berikut cara mengatasi susah tidur yang dapat Anda coba.

Cara Mengatasi Susah Tidur

Bagi Anda yang kerap mengalami kesulitan untuk tidur, beberapa langkah dapat Anda lakukan agar dapat lebih mudah terlelap. Mulai dari latihan pernapasan hingga memerhatikan lokasi tidur, berikut empat cara mengatasi susah tidur yang dapat Anda coba.

1. Bersiap Tidur saat Sudah Benar-benar Mengantuk

Beberapa orang mengatakan bahwa mereka mencoba tidur lebih awal sekitar jam 7-8 malam. Namun sayangnya, mereka hanya berbaring dan tetap sulit memejamkan mata.

Sebagai alternatifnya, Anda hanya perlu mengatur jadwal tidur saat benar-benar mengantuk. Jika Anda sering tidur awal jam 7, tetapi baru bisa terlelap setelah jam 9, cobalah untuk mulai tidur tepat jam 9.

Secara bertahap, tubuh akan mendapatkan sinyal untuk tidur di tempat tidur tepat waktu. Selain itu, batasi tidur siang hanya 30-60 menit agar tidak kesulitan tidur di malam hari.

2. Hindari Tidur di Sofa

Apakah Anda cenderung lebih mudah terlelap saat duduk di sofa? Cobalah untuk menghilangkan kebiasaan ini dengan melatih tubuh agar terbiasa tidur di tempat tidur.

Anda juga bisa berolahraga ringan sebelum tidur. Semakin Anda aktif, maka semakin nyenyak tidur malam Anda. Namun, Anda juga perlu menghindari latihan aerobik atau kardio yang justru membuat Anda sulit tidur.

3. Latihan Pernafasan dengan Teknik 4-7-8

Cara mengatasi susah tidur selanjutnya adalah dengan relaksasi agar tubuh dan pikiran lebih santai. Coba latihan pernapasan di bawah ini sebagai langkah agar Anda tidak lagi susah tidur:

  • Tarik napas melalui hidung dalam hitungan 1-4
  • Tahan napas Anda selama tujuh hitungan
  • Lalu hembuskan melalui mulut pada hitungan kedelapan
  • Ulangi sebanyak tiga kali

Selain itu, catat di kertas apa saja yang Anda pikirkan. Misalnya, agenda kegiatan yang harus dilakukan besok atau tugas-tugas yang belum terselesaikan.

4. Tinggalkan Kamar Tidur Anda

Sering terbangun di malam hari dan tidak dapat tidur lagi? Tidak perlu memaksakan diri. Bangunlah dan pindah ke ruangan lain. Anda bisa melakukan sesuatu yang menyenangkan sampai Anda merasa sudah siap untuk kembali tidur. Sebagai contoh, Anda bisa menikmati sepotong biskuit atau buah. Tapi, jangan makan terlalu kenyang.

Cara mengatasi susah tidur lainnya adalah jangan melakukan apa pun yang akan membuat Anda semakin terjaga. Seperti membuka layar handphone, menonton TV, atau bermain game di tablet. Ingat, blue light yang dipancarkan oleh layar gadget akan semakin membuat Anda terjaga dan sulit tidur.

Akibat Kurang Tidur untuk Tubuh Anda

Jika dibiarkan terus menerus, kondisi susah tidur dapat memengaruhi kualitas hidup Anda. Anda akan merasakan akibat kurang tidur untuk kesehatan seperti menurunnya daya tahan tubuh sehingga Anda lebih rentan untuk terkena penyakit. Selain itu, kurang tidur juga menyebabkan reaksi reflek saat mengemudi juga menurun sehingga meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

Beberapa akibat kurang tidur lainnya yang dapat Anda rasakan adalah:

  • Munculnya pikiran-pikiran negatif, merasa depresi atau mengalami gangguan kecemasan. Kurang tidur dapat menyebabkan kemampuan Anda untuk berpikir secara rasional menjadi menurun.
  • Merasa kesepian atau terisolasi. Saat kelelahan muncul sebagai akibat kurang tidur, Anda mungkin akan menghindari bertemu dengan teman-teman atau bersosialisai dengan yang lain.
  • Memicu episode psikotis. Apabila Anda memiliki kelainan psikotik atau gangguan bipolar, kurang tidur dapat memicu mania, psikosis, paranoia, atau memperparah gejala yang ada. 

Melihat berbagai akibat kurang tidur di atas, tentu Anda dapat melihat betapa pentingnya kondisi susah tidur untuk segera diatasi. Lakukan dengan rutin cara mengatasi susah tidur di atas dan rasakan perubahannya untuk kesehatan yang lebih baik. 

WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/discomfort-15/better-sleep/sleeplessness-treatment
Diakses pada Oktober 2018

Mind. https://www.mind.org.uk/information-support/types-of-mental-health-problems/sleep-problems/#.XH3vI4gzbIU
Diakses pada 5 Maret 2019

Healthline. https://www.healthline.com/symptom/difficulty-sleeping
Diakses pada 5 Maret 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed