4 Perlengkapan Olahraga untuk Resolusi Tahun Baru yang Lebih Sehat

Tali skipping bisa menjadi perlengkapan olahraga yang kamu beli untuk resolusi tahun baru lebih sehat.
Salah satu perlengkapan olahraga untuk resolusi tahun baru adalah sepatu lari.

Tahun dan dekade akan segera berganti. Namun, hidup sehat harus tetap menjadi salah satu resolusi yang Anda capai di tahun baru ini.

Bagi Anda yang masih jarang berolahraga, ini adalah saat yang tepat untuk mulai menjadikannya sebagai rutinitas. Mari kenali perlengkapan olahraga yang tepat sebagai "teman setia" untuk mencapai resolusi tahun baru Anda.

Perlengkapan olahraga untuk tahun baru yang lebih sehat

Selain bisa membuat tubuh Anda sehat dan tetap aktif, berolahraga juga bisa membuka “gerbang” untuk pertemanan baru. Saat ini mudah untuk menemukan berbagai komunitas olahraga.

Sebelum memulai tahun baru dengan beragam jenis olahraga yang bisa Anda coba, kenali dulu perlengkapan dan alat olahraga untuk tahun baru yang lebih sehat ini.

1. Sepatu lari

Berlari menjadi salah satu olahraga yang sangat digemari oleh banyak orang. Modalnya juga tidak terlalu besar. Anda hanya harus punya sepatu lari yang berkualitas, agar kegiatan lari tidak mencederai Anda. Ada baiknya, kenali dulu jenis kaki Anda, sebelum membeli sepatu lari:

  • Kaki dengan kelengkungan yang rendah: untuk Anda yang memiliki kelengkungan kaki yang rendah, belilah sepatu lari yang menawarkan kontrol gerak fleksibel. Dengan begitu, berlari jadi nyaman dan risiko cedera pun berkurang.
  • Kaki dengan kelengkungan normal: jika Anda memiliki lengkung kaki yang umum, belilah sepatu lari dengan bantalan dan penyangga seimbang. Hal ini akan membuat pengalaman berlari Anda lebih nyaman, karena sepatu lari ini siap untuk menerima tekanan saat berlari.
  • Kaki dengan kelengkungan yang tinggi: sepatu dengan midsole yang lembut dan memiliki fleksibilitas tinggi menjadi pilihan yang tepat.

Jangan disepelekan, berlari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda, seperti membentuk tulang yang kuat, memperkuat otot, meningkatkan kesehatan serta kebugaran kardiovaskular, hingga menjaga kestabilan berat badan.

2. Raket bulu tangkis

Selain berlari, bermain bulu tangkis alias badminton juga sangat seru, apalagi jika dilakukan bersama teman-teman. Selain itu, sudah banyak gelanggang olahraga yang bisa digunakan, untuk bermain bulu tangkis, dan membakar kalori.

Jangan main-main, memilih raket untuk main bulu tangkis bukan perkara sepele. Mulai dari berat raket hingga ukuran pegangannya. Semua akan berpengaruh dengan kekuatan pukulan tangan Anda.

Misalnya, raket yang lebih berat, akan memberikan kekuatan yang lebih juga, saat digunakan untuk memukul shuttlecock. Namun, Anda akan merasa lebih cepat lelah saat menggunakannya.

Yang juga harus dipertimbangkan adalah besar dan kecilnya grip atau pegangan raket. Grip yang besar, membutuhkan kekuatan lengan Anda. Sementara itu, grip kecil membutuhkan kekuatan jari saja.

Badminton juga tidak memerlukan kontak fisik saat dimainkan, karena jarak antara Anda dan pemain lawan cukup jauh. Maka dari itu, badminton dianggap sebagai olahraga yang aman. Walau begitu, Anda juga harus tetap berhati-hati saat memainkannya, terutama terhadap pijakan kaki, yang tetap berpotensi keseleo.

3. Treadmill

Berolahraga dengan treadmill memberi manfaat serupa berlari. Hanya saja, Anda bisa melakukan olahraga menggunakan alat ini di rumah. Treadmill bisa menjadi salah satu perlengkapan olahraga untuk resolusi tahun baru yang lebih sehat.

Jika ngin membeli perlengkapan olahraga treadmill, ada baiknya ketahui dulu tujuan Anda; berlari atau jogging. Jika Anda ingin menggunakan treadmill untuk berlari, carilah treadmill dengan kecepatan lebih dari 16 kilometer per jam.

Selain itu, cari treadmill dengan fitur incline. Fitur ini bisa membuat permukaan treadmill meninggi, sehingga Anda bisa melakukan simulasi seperti berlari seperti menanjak.

Kestabilan treadmill juga sangat penting. Sebab, ketika menggunakan treadmill yang tidak stabil untuk berlari, maka permukaannya akan bergoyang. Jika hal ini terjadi, bisa saja Anda terjatuh dan cedera. Jangan lupa untuk mencoba, sebelum membelinya.

4. Tali skipping

Melakukan skipping memang tidak mudah. Namun, ketika Anda sudah menguasainya, berolahraga menggunakan tali ini, sangatlah menyenangkan, dan dapat dilakukan di mana saja.

Ada banyak tipe tali skipping yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum Anda membelinya, ada baiknya mengetahui beberapa jenis tali skipping di bawah ini:

  • Tali lompat berbahan nilon

Ini merupakan jenis tali skipping paling umum dan sangat mudah dicari. Namun, tali skipping yang satu ini terkenal berat, sehingga Anda tidak bisa melakukan lompatan dengan cepat.

  • Tali lompat dengan manik plastik

Warnanya yang “ramai”, membuat tali lompat dengan manik plastik ini sering digunakan dalam kompetisi. Jika bosan dengan tali skipping pada umumnya, Anda bisa coba membeli tali skipping dengan manik plastik berwarna-warni.

Selain enak dilihat saat digunakan, tali lompat jenis ini ringan, dan cocok untuk pemula.

  • Tali lompat kulit

Tali lompat berbahan kulit ini sudah sangat terkenal di dunia olahraga. Petinju legendaris seperti Mike Tyson hingga Pacquiao pun sering menggunakannya untuk berlatih.

Dari segi kecepatan, tali lompat berbahan kulit ini juaranya. Para petinju menggunakan tali lompat berbahan kulit, untuk melatih kecepatan kakinya.

Banyak sekali manfaat skipping untuk orang yang sedang ingin menurunkan berat badan. Bayangkan saja, dalam waktu satu jam, Anda bisa membakar ratusan kalori, hanya dengan lompat tali. Kebugaran kardiovaskular atau jantung Anda juga akan meningkat. Selain itu, kekuatan otot juga akan menambah.

Catatan dari SehatQ

Sebelum tahun berganti, mari tumbuhkan niat untuk meningkatkan pola hidup sehat, dengan berolahraga, di tahun baru 2020. Akan tetapi, sebelum berolahraga, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter, mengenai kondisi kesehatan tubuh Anda. Dokter akan memberikan rekomendasi olah raga yang paling cocok untuk tubuh dan gaya hidup Anda.

Medicine Net. https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=163900
Diakses pada 13 Desember 2019

Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/running-and-jogging-health-benefits
Diakses pada 13 Desember 2019

Yumo. https://yumo.ca/blogs/badminton-information/25920196-how-to-choose-a-badminton-racket
Diakses pada 13 Desember 2019

Medical Research. https://medicalresearch.com/author-interviews/shuttlecock-injuries-from-badminton-can-cause-permanent-eye-damage/48836/#more-48836
Diakses pada 13 Desember 2019

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/buying-a-treadmill-1229609
Diakses pada 13 Desember 2019

Velites Sport. http://en.velitessport.com/know-jump-rope-need-ultimate-guide/
Diakses pada 13 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed