4 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Kulit

02 Mei 2019
Manfaat vitamin e untuk kesehatan kulit antara lain dapat meningkatkan perlindungan kulit dan menyamarkan bekas luka
Vitamin E wajib dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kecantikan Anda

Bagi wanita yang selalu menjaga kecantikan, mungkin sudah familiar dengan manfaat vitamin E untuk kulit. Selain menjaga keindahan dan meremajakan sel kulit, vitamin E dibutuhkan oleh tubuh Anda dalam mempertahankan sistem kekebalan tubuh karena berperan sebagai antioksidan

Paparan sinar UV A dan UV B dari matahari dapat merusak kesehatan kulit dan menjadikannya keriput. Oleh karena itu, untuk mencegah kerusakan pada kulit, sangat penting memenuhi kebutuhan vitamin E harian Anda.

Makanan yang Mengandung Vitamin E

Sayangnya, tubuh kita tidak bisa menghasilkan vitamin E dan harus mendapatkan dari asupan makanan sehari-hari.

Sumber terbaik vitamin E berasal dari minyak gandum. Tak hanya itu, minyak biji matahari, minyak kacang almond, minyak safflower, dan minyak kacang hazelnut dipercaya kaya kandungan vitamin E.

Dengan mengonsumsi sumber-sumber vitamin E tersebut, dapat memberikan manfaat bagi tubuh Anda, terutama untuk kulit.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat vitamin E untuk kesehatan kulit dan kecantikan tubuh, berikut beberapa manfaat yang umumnya didapat dari mengonsumsi asupan vitamin E secara rutin.

1. Meningkatkan Perlindungan Kulit

Vitamin E yang dikemas dalam minyak atau lotion bisa membantu mengurangi peradangan kulit (bersifat anti-inflamasi) akibat tersengat sinar matahari.

Meskipun vitamin E bersifat melindungi kulit, namun sebaiknya tetap hindari paparan sinar matahari secara langsung. Anda juga bisa mengonsumsi vitamin C dan vitamin E untuk meningkatkan perlindungan kulit yang terawat dan cantik.

2. Menyamarkan Bekas Luka

Vitamin E sangat baik untuk kulit, rambut, dan kuku. Termasuk untuk menyamarkan noda bekas luka yang biasanya mengganggu penampilan.

Terutama jika bekas luka terdapat di area-area yang mudah terlihat seperti wajah atau tangan. Untuk menyamarkan atau memudarkan bekas luka, produk krim yang diperkaya vitamin E sudah bisa dibeli dengan bebas di apotek atau toko obat.

3. Memperpanjang Usia Sel

Sama seperti mesin kendaraan yang bisa berkarat dan korosi, tubuh kita juga bisa mengalami penuaan dini karena kerusakan sel-sel akibat radikal bebas.

Radikal bebas dapat menghancurkan sel-sel tubuh yang sehat dan memicu munculnya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, ginjal, diabetes, hingga kanker.

Radikal bebas terbentuk sebagai hasil dari proses alamiah dan normal yang ada di dalam tubuh. Ketika radikal bebas merusak sel-sel sehat, maka usia "kehidupan" sel-sel juga semakin singkat.

Vitamin E yang bersifat antioksidan kuat mampu membantu menjaga dan melindungi kerusakan sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin E akan menghambat proses penuaan sel-sel tubuh, sehingga Anda bisa terlihat awet muda dan fit meski bertambah usia.

4. Perlindungan Ekstra

Di zaman modern ini, radikal bebas menjadi momok yang menghantui kehidupan masyarakat urban. Gaya hidup tidak sehat ditambah dengan faktor risiko lingkungan yang terdapat banyak polusi semakin memprihatinkan.

Radikal bebas akan semakin meningkat seiring dengan kondisi lingkungan buruk, seperti banyak orang merokok, polusi asap kendaraan dan limbah pabrik, serta paparan sinar UV yang tinggi dari matahari.

Untuk itu, dapatkan perlindungan ekstra dari makanan yang mengandung vitamin E secara teratur. Vitamin E akan membantu memperbaiki sel yang rusak dan melindungi kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Referensi

WebMD. https://www.webmd.com/vitamins-and-supplements/ss/slideshow-vitamin-e-benefits

Healthline. https://www.healthline.com/health/vitamin-e-for-skin

Diakses pada Oktober 2018

Yang juga penting untuk Anda
Baca Juga
Diskusi Terkait:
Lihat pertanyaan lainnya
Back to Top