Manfaat Vitamin E untuk Kulit Sehat dan Cara Mendapatkannya


Vitamin E merupakan jenis vitamin larut dalam lemak yang memiliki berbagai manfaat untuk kulit. Manfaat vitamin E untuk kulit dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan sinar UV, mencegah kulit kering, hingga memperlambat penuaan. Anda bisa memperoleh manfaatnya secara oral dan topikal (oles).

0,0
03 Nov 2021|Giovanni Jessica
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat vitamin E untuk kesehatan kulit antara lain dapat meningkatkan perlindungan kulit dan menyamarkan bekas lukaVitamin E wajib dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kecantikan Anda
Vitamin E merupakan jenis vitamin larut dalam lemak yang memiliki berbagai manfaat untuk kulit. Tak hanya ditemukan dalam sejumlah makanan, vitamin E juga terkandung dalam sejumlah produk perawatan kulit. Sebenarnya, apa manfaat vitamin E untuk kulit?

Fungsi vitamin E untuk kulit

Manfaat vitamin E yang paling dikenal adalah untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Namun lebih dari itu, ada berbagai macam fungsi vitamin E untuk kulit yang menarik disimak.Vitamin E mampu memperkuat fungsi imun pada lapisan kulit, membantu pembelahan sel kulit, dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Berikut adalah manfaat vitamin E untuk kulit lainnya.

1. Melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas

manfaat vitamin e untuk kulit melindungi dari matahari
Paparan sinar matahari berpotensi merusak kulit
Vitamin E merupakan salah satu vitamin untuk kulit yang kaya akan antioksidan sehingga dipercaya efektif melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas sendiri dapat diproduksi dari sisa metabolisme tubuh dan paparan lingkungan yang buruk.Fungsi vitamin E untuk kulit juga mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari berbahaya yang berpotensi merusak kulit. Dengan demikian, bintik-bintik hitam dan keriput di wajah dapat dicegah kemunculannya.Walaupun vitamin E mampu melindungi kulit, tetapi sebaiknya tetap hindari beraktivitas di bawah paparan sinar matahari secara langsung.Jika terpaksa harus beraktivitas di luar ruangan saat pagi atau siang hari, selalu oleskan sunscreen atau tabir surya terlebih dulu.

2. Menyamarkan hiperpigmentasi

Bercak hitam yang muncul di kulit akibat bekas luka atau jerawat, atau yang dikenal dengan kondisi hiperpigmentasi, dapat terjadi akibat banyaknya jumlah pigmen melanin pada kulit. Kondisi ini dapat dipicu oleh hormon atau kondisi lainnya.Nah, penggunaan vitamin E secara topikal atau oles disebut berfungsi untuk menyamarkan hiperpigmentasi.Meski begitu, sebuah studi yang dimuat dalam Indian Dermatology Online Journal mengemukakan, penggunaan minyak vitamin E hanya dapat memudarkan, bukan menghilangkan sepenuhnya.Untuk memperoleh hasil maksimal, cara mengatasi hiperpigmentasi perlu dikombinasikan dengan penggunaan skincare mengandung vitamin E dan C.

3. Memperlambat keriput dan tanda penuaan dini lainnya

manfaat vitamin e untuk kulit bisa memperlambat penuaan
Rutin menggunakan skincare vitamin E bisa membuat kulit kencang
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manfaat vitamin E untuk wajah berasal dari kandungan antioksidannya yang tinggi.Fungsi antioksidan ini yang dapat memengaruhi sirkulasi darah sehingga membuat kulit tampak lebih kencang dan awet muda.Itu sebabnya, orang yang rutin menggunakan produk skincare mengandung vitamin E akan merasa kulitnya lebih membaik dan tampak kencang.Menurut sebuah studi yang dimuat dalam International Scholarly Research Notices menyebutkan, fungsi vitamin E untuk kulit yang dikombinasikan dengan nutrisi lain tinggi antioksidan terbukti dapat memperlambat kemunculan keriput, yang dikenal pula dengan photoaging.

4. Mencegah kulit kering

Umumnya, tubuh memproduksi vitamin E melalui sebum, yakni minyak alami yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Jika jumlahnya seimbang, sebum dapat membantu menjaga kulit dari kondisi kering.Manfaat vitamin kulit kering ini pun bisa diperoleh melalui penggunaan sejumlah produk pelembap untuk mencegah kulit kering dan mengelupas.Vitamin E juga memiliki kandungan antiradang yang penting untuk menenangkan kulit kering mudah memerah, meradang, dan gatal.

5. Mengobati bekas luka

Manfaat vitamin E untuk kulit disebut bisa mengobati luka
Minyak vitamin E disebut dapat mengobati bekas luka
Manfaat vitamin E untuk kulit disebut-sebut mampu mengobati bekas luka. Faktanya sebuah studi menemukan, penggunaan salep vitamin E tidak terlalu memberikan hasil signifikan dalam menyembuhkan luka pada penderita kanker kulit.Bahkan, sepertiga dari penderita kanker kulit tersebut justru mengalami gatal dan kemerahan pada kulit.Namun, hasil yang berbeda justru ditemukan pada anak-anak yang memiliki bekas luka operasi di tubuhnya.Mereka menggunakan vitamin E sebanyak 3 kali sehari. Kemudian, hasilnya menunjukkan tidak ada pertumbuhan keloid atau jaringan parut berlebih di daerah bekas luka operasi.Kesimpulannya, para peneliti belum dapat memastikan fungsi vitamin E untuk kulit dalam mengobati bekas luka. Masih dibutuhkan studi lebih lanjut guna membuktikan efektivitasnya.BACA JUGA: Dampak Kesehatan yang Mungkin Dialami Bila Kekurangan Vitamin E

Cara memperoleh manfaat vitamin E untuk kulit

Ada berbagai cara memperoleh manfaat vitamin E untuk kulit. Mulai dari mengonsumsi makanan mengandung vitamin E, konsumsi suplemen vitamin E, hingga penggunaan produk skincare mengandung vitamin E.

1. Konsumsi makanan mengandung vitamin E

Agar fungsi vitamin E untuk kulit dapat berjalan maksimal, Anda bisa mengonsumsi sejumlah makanan yang mengandung vitamin E untuk kulit wajah. Misalnya, berasal dari:
  • Salmon dan jenis makanan laut lainnya
  • Brokoli, bayam, dan sayuran hijau lainnya
  • Biji-bijian dan kacang-kacangan, seperti biji bunga matahari, almond, dan hazelnut
  • Minyak nabati, seperti minyak zaitun dan minyak kelapa

2. Minum suplemen vitamin E

Menurut Angka Kecukupan Gizi yang direkomendasikan Kementerian Kesehatan, konsumsilah vitamin E sebanyak 15 mikrogram tiap hari (untuk orang dewasa).Jika konsumsi makanan belum cukup membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin E harian, Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin E.Namun, pastikan berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu guna mengetahui dosis dan rekomendasi suplemen vitamin E yang tepat sesuai kondisi Anda.Konsumsi suplemen vitamin E yang bagus untuk kulit juga disebut dapat membuat kulit tampak cerah bercahaya dan awet muda.

3. Penggunaan produk skincare

Vitamin E juga terkandung dalam bentuk topikal dalam sejumlah produk perawatan kulit atau skincare. Sebut saja, krim anti aging, krim mata, sunscreen, serum wajah, hingga make up.Vitamin E mudah menyerap ke dalam kulit. Penggunaan secara topikal atau oles melalui krim atau produk lain dapat meningkatkan kadar vitamin E yang disimpan dalam kelenjar sebasea.Nantinya, tubuh akan memproduksi vitamin E melalui sebum yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Itulah berbagai manfaat vitamin E untuk kulit dan cara mendapatkannya. Di samping vitamin E, Anda juga perlu mencukupi vitamin yang bagus untuk kulit lainnya, seperti vitamin A, C, D, dan K, serta berbagai nutrisi kulit lainnya.Jika tubuh kekurangan vitamin E, kulit bisa kering dan rentan mengalami tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan atau bercak hitam di kulit.Masih punya pertanyaan seputar manfaat vitamin E untuk wajah atau mengalami gejala-gejala yang berkaitan dengan gangguan kulit?Coba konsultasikanlah ke dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Pastikan Anda sudah mengunduhnya di App Store dan Google Play.
vitaminkesehatan kulitvitamin ekulit dan kecantikanantioksidan
Healthline. https://www.healthline.com/health/vitamin-e-for-skin
Diakses pada 2 November 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/vitamin-e-for-face
Diakses pada 2 November 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/4-best-vitamins-for-skin
Diakses pada 2 November 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318168#Ten-potential-benefits
Diakses pada 2 November 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/vitamin-e-oil-scars#supplements
Diakses pada 2 November 2021
Hindawi. https://www.hindawi.com/journals/isrn/2013/930164/
Diakses pada 2 November 2021
Indian Dermatology Online Journal. https://www.idoj.in/article.asp?issn=2229-5178;year=2016;volume=7;issue=4;spage=311;epage=314;aulast=Keen
Diakses pada 2 November 2021
Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan Masyarakat Indonesia. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf
Diakses pada 2 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait