Konsumsi Makanan Mengandung Vitamin D yang Berasal dari Laut

Memenuhi asupan dengan makanan mengandung vitamin D yang berasal dari laut
Daging ikan salmon liar memiliki kandungan vitamin D lebih tinggi daripada daging salmon budidaya

Ketika terpapar sinar matahari, tubuh manusia akan menghasilkan vitamin D. Sayangnya, sekitar 50% populasi manusia di bumi tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup. Bahkan, 40% penduduk Amerika Serikat masih kekurangan vitamin D.

Hal ini disebabkan karena sebagian orang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan, menggunakan tabir surya, serta mengonsumsi asupan makanan yang masih rendah vitamin D.

Sementara itu, asupan harian vitamin D yang dianjurkan adalah 600 IU. Anda tak perlu khawatir, karena pemenuhan asupan vitamin D bisa diperoleh dari makanan, terutama dari ikan laut. Berikut adalah beberapa ikan laut yang mengandung Vitamin D:

1. Ikan Salmon

Berbicara tentang makanan mengandung vitamin D, ikan salmon adalah juaranya. Menjadi salah satu sumber vitamin D yang sangat baik karena mengandung sekitar 361-685 IU vitamin D per 100 gramnya.

Rata-rata, salmon liar mengandung 988 IU vitamin D per 100 gram. Sedangkan, salmon yang dibudidayakan hanya mengandung 250 IU vitamin D.

2. Ikan Sarden

Ikan sarden mudah dijumpai di berbagai negara seluruh dunia. Kedua ikan ini sering disajikan dalam bentuk kemasan kalengan, diasapi, diasamkan (pickled), atau disajikan mentah. Tahukah Anda bahwa ikan ini juga termasuk makanan mengandung vitamin D terbaik? Anda bisa mendapat sumber vitamin D dari ikan sarden kalengan. Setiap 100 gram ikan sarden, mengandung 272 IU atau sekitar 45% kebutuhan harian. Selain sarden, ikan makarel menyediakan 360 IU per 100 gram penyajiannya.

3. Ikan Tuna

Ikan tuna mengandung DHA dan bermanfaat untuk meningkatkan vitamin D dalam tubuh. Tahukah Anda, pada setiap 100 gram tuna kalengan, terdapat 154 IU yang mampu memenuhi lebih dari 50 persen kebutuhan harian tubuh atas vitamin. Anda saat ini bisa mendapatkan ikan tuna dengan mudah.

4. Udang

Udang menjadi salah satu makanan mengandung vitamin D yang lezat dan bernutrisi. Tidak seperti kebanyakan makanan laut lainnya, udang memiliki lemak yang rendah.

Setiap 100 gram terdapat sekitar 152 IU vitamin D. Udang juga dilengkapi dengan asam lemak omega 3, serta 152 mg kolesterol per 100 gram.

Kendati tidak ada bukti kuat yang mendukung stigma mengonsumsi udang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, sebaiknya tetap berhati-hati dan tidak berlebihan saat mengonsumsi makanan laut ini.

Lautan memberikan kekayaan alam berupa makanan menyehatkan dan lezat. Jagalah asupan vitamin D Anda dengan mengonsumsi ikan atau makanan laut lainnya secara rutin.

Healthline
Nutritionix
Detik.com

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed