Makanan yang mengandung karbohidrat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menambah energi
Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi akan menambah banyak tenaga

Untuk terus aktif beraktivitas, tubuh membutuhkan energi dari makanan yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat menyediakan bahan bakar bagi tubuh dan sifatnya tidak dapat tergantikan. Lalu, apa saja makanan yang mengandung karbohidrat? 

Jenis-jenis karbohidrat

Karbohidrat dapat dibagi menjadi tiga jenis, antara lain:

  • Gula
  • Pati
  • Serat makanan

Semua makanan yang disebut orang-orang sebagai 'karbohidrat' ternyata mengandung kombinasi dari ketiga jenis di atas, bersamaan dengan protein dan lemak.

Karbohidrat dapat ditemukan pada buah-buahan. Dalam buah beri, sayuran, dan biji-bijian, karbohidrat dikemas dengan vitamin, serat, dan antioksidan. Bahkan, di dalam biji-bijian utuh, kandungan karbohidrat masih dilengkapi asam lemak, magnesium, vitamin B, folat, dan zinc.

Sementara dalam buah dan sayur berkarbohidrat, ada tambahan fitonutrien dalam kandungan karbohidrat, seperti flavonoid dan karotenoid, yang mampu menangkal radikal bebas.

Kebutuhan karbohidrat yang disarankan adalah jumlahnya seimbang. Tidak terlalu berlebihan dan juga tidak terlalu sedikit.

Bila berlebihan, kadar gula darah Anda akan meningkat sehingga dapat menyebabkan penyakit diabetes maupun obesitas. Sedangkan, bila kekurangan karbohidrat, Anda bisa mengalami sembelit karena kekurangan serat dan nutrisi.

Jenis karbohidrat yang direkomendasikan adalah gandum utuh, seperti gandum hitam, biji gandung, dan jelai (barley). Tidak termasuk roti tawar dan kue kering yang sudah diproses.

Buah dan sayuran segar yang tidak diolah masih lebih baik ketimbang jus. Selain itu, konsumsi juga kentang, kacang, buncis, dan sebagainya.

Karbohidrat juga memiliki dua golongan, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Memahami bagaimana membedakan kedua jenis karbohidrat ini dan bagaimana zat tersebut bekerja dalam tubuh, akan membantu Anda memilih karbohidrat yang tepat.

1. Karbohidrat sederhana

Sebagai karbohidrat sederhana, gula pasir atau gula meja patut dibatasi porsinya. Dalam satu hari, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat ini sebanyak dua sendok makan gula.

Gula adalah molekul yang sangat kecil, sehingga mudah larut di dalam tubuh dan meningkatkan kadar gula darah secara drastis. Bentuk lain karbohidrat sederhana, yaitu permen, kue kering, dan lain-lain.

2. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks mengandung lebih banyak nutrisi ketimbang karbohidrat sederhana. Jenis makanan ini mengandung lebih tinggi serat dan dicerna dengan lebih lambat. Kandungan karbohidrat ini juga lebih cepat membuat kenyang sehingga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengontrol berat badan.

Karbohidrat kompleks juga ideal untuk penderita diabetes tipe 2 karena jenis makanan ini membantu menjaga kenaikan gula darah setelah makan.

Fiber dan pati adalah dua tipe dari karbohidrat kompleks. Fiber terutama penting karena membantu melancarkan buang air besar dan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Jenis karbohidrat ini bisa diperoleh pada roti multigrain, pasta, kacang, kentang, dan sayuran lainnya.

Jumlah karbohidrat yang tepat dan diet rendah karbohidrat

Kebutuhan karbohidrat setiap orang berbeda. Tergantung pada jenis kelamin, berat badan, usia dan seberapa aktif Anda.

Namun, sebagai aturan umum, sekitar setengah kalori harian Anda sebaiknya berasal dari karbohidrat dalam buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan produk susu.

Diet rendah karbohidrat, atau yang dikenal dengan diet ketogenik, kini semakin populer. Lebih sedikit asupan karbohidrat, berarti lebih sedikit gula yang masuk dalam tubuh.

Diet ini mengandung banyak protein dan terbukti bisa menurunkan berat badan serta mengontrol kadar gula darah dalam jangka panjang.

Sebelum melakukan diet ini, sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter untuk memastikan cocok atau tidaknya diet tersebut bagi Anda.

WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-carbohydrates-overview
Diakses pada September 2018

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-
depth/carbohydrates/art-20045705?p=1
Diakses pada September 2018

Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/carbohydrates-2242004
Diakses pada September 2018

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed