4 Cara Menghilangkan Mata Bengkak Setelah Menangis

(15)
26 Dec 2019|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Mengoleskan kantung teh hitam juga bisa menjadi cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis.Salah satu cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis ialah dengan mengompres kain dingin.
Menangis hal yang normal dilakukan manusia. Apalagi, jika ada momen yang membuat Anda sedih, seperti ditinggal anggota keluarga untuk selamanya, atau sehabis putus dengan pacar. Maka dari itu, tidak perlu ada yang ditakuti dari menangis. Namun, kondisi mata bengkak yang muncul setelah menangis, harus diantisipasi. Bagaimana cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis?
Anda tidak perlu mengonsumsi obat-obatan khusus untuk meredakan mata yang bengkak setelah menangis. Ada sejumlah cara sederhana dan alami yang bisa menjadi pilihan.

Mengenal cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis

Mata bengkak setelah menangis, bisa mengurangi rasa percaya diri. Belum lagi, kondisi ini bisa menjadi “beban” tersendiri bagi Anda, ketika harus mennghadapi pertanyaan mengenai hal yang menyebabkan Anda menangis. Untuk mengatasinya, cobalah langkah berikut ini sebagai cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis.

1. Kompres dengan kain dingin

Kompres dingin dapat membantu meredakan pembengkakan mata akibat menangis terlalu lama. Basahi kain bersih dengan air dingin. Kemudian, kompreskan ke bagian mata yang bengkak, selama beberapa menit.

2. Tempelkan irisan mentimun

Menempelkan irisan mentimun, ke mata bengkak, bisa mengurangi pembengkakannya. Pastikan bahwa irisan mentimun dalam keadaan dingin.Sebelum melakukannya, bersihkan mentimun dengan mencucinya. Kemudian, iris mentimun dan letakkan di bagian mata yang bengkak, sampai mentimun tidak dingin lagi.Penting untuk diketahui, mentimun mengandung asam askorbat dan caffeic, yang membantu menurunkan tingkat retensi air dan mengurangi pembengkakan mata. Jadi, jangan ragu untuk menempelkan irisan mentimun sebagai cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis.

3. Kompres dengan kantong teh

Sebagian besar teh hitam mengandung kafein, yang bisa diserap kulit, dan meredakan pembengkakan mata, serta melancarkan sirkulasi darah. Untuk mencoba metode ini, basahi dua kantong teh, dan dinginkan selama 20 menit. Setelah itu, letakkan di atas mata yang bengkak, dan diamkan selama 15-30 menit.

4. Oleskan witch hazel

Witch hazel adalah tanaman yang bisa membantu melawan peradangan dan kemerahan pada kulit. Tidak heran kalau tanaman yang berperan sebagai astringent (bahan kimia yang membuat sel kulit dan jaringan tubuh menyusut/berkontraksi) ini, bisa digunakan untuk meredakan mata bengkak setelah menangis.Oleskan witch hazel pada kapas, dan tempelkan pada mata Anda selama 5-10 menit, untuk menyembuhkan mata bengkak.Mata bengkak setelah menangis diakibatkan oleh pecahnya pembuluh darah kecil di mata dan kelopak mata, terutama jika tangisan berlangsung lama. Selain itu, retensi cairan juga bisa menjadi penyebabnya. Hal ini mengakibatkan adanya peningkatan aliran darah ke daerah di sekitar mata.

Mata merah juga bisa terjadi setelah menangis, atasi dengan cara ini

Jika mata bengkak sudah bisa dihilangkan dengan beberapa cara di atas, kini saatnya Anda mengetahui cara meredakan mata merah sehabis menangis. Sebab, mata merah juga bisa timbul, setelah Anda menangis dalam waktu yang lama. Hal ini disebabkan oleh membesarnya pembuluh darah kecil di permukaan mata.Dengan obat tetes mata yang berperan sebagai vasokonstriktor (menyempitkan pembuluh darah), warna merah pada bagian putih mata, bisa dihilangkan. Cara menghilangkan mata merah setelah menangis ini bisa dilakukan dengan memberikan 1-2 tetes obat mata.Selain mata bengkak dan menjadi merah, mata kering juga bisa timbul akibat menangis. Tidak hanya itu, kulit wajah juga bisa mengalami kekeringan, terutama kulit di sekitar mata. Untuk mengatasinya, Anda bisa memperbanyak asupan air putih, agar tubuh Anda tetap terhidrasi.

Catatan dari SehatQ

Beberapa metode di atas, bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis. Sebelum melakukannya, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter, untuk mengetahui potensi alergi terhadap bahan-bahan yang digunakan di atas, atau tidak.
kesehatan matabayi menangisair matahidup sehat
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318219.php#Crying
Diakses pada 26 Desember 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/swollen-eyes-from-crying#remedies-for-puffy-eyes
Diakses pada 26 Desember 2019
Food NDTV. https://food.ndtv.com/beauty/cucumber-slices-for-the-eyes-5-ways-it-can-help-you-1679006
Diakses pada 26 Desember 2019
Web MD. https://www.webmd.com/eye-health/why-eyes-red#1
Diakses pada 26 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait

Raih Tubuh Sehat dengan Konsumsi Makanan yang Mengandung Magnesium Ini

Magnesium adalah zat mineral penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Salah satu fungsinya adalah menjaga detak jantung yang stabil dan mencegah tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, cari tahu jenis makanan yang mengandung magnesium, untuk penuhi kebutuhan tubuh.
05 Mar 2020|Fadli Adzani
Baca selengkapnya
Raih Tubuh Sehat dengan Konsumsi Makanan yang Mengandung Magnesium Ini

Diet dengan Minum Jus Detox, Benarkah Efektif?

Jus detox adalah diet yang melibatkan konsumsi jus dari sayur dan buah-buahan untuk menghilangkan racun dari tubuh. Metode ini memiliki manfaat maupun risiko potensial yang penting untuk Anda ketahui.
02 Jun 2020|Dina Rahmawati
Baca selengkapnya
Diet dengan Minum Jus Detox, Benarkah Efektif?

Luka Gigitan Hewan Bisa Sebabkan Infeksi, Ketahui Cara Penanganan Daruratnya

Infeksi terjadi ketika bakteri masuk lewat luka terbuka di tubuh manusia. Ketika bakteri berkembang biak, respons sistem imun yang paling umum muncul adalah pembengkakan dan peradangan. Jika dibiarkan, luka gigitan hewan bisa mengancam nyawa. Kenali bahayanya.
29 Jul 2020|Azelia Trifiana
Baca selengkapnya
Luka Gigitan Hewan Bisa Sebabkan Infeksi, Ketahui Cara Penanganan Daruratnya